"Meugang" Day, Another View From Me

in #aceh6 years ago (edited)

Saya amat sangat yakin sudah banyak yang membahas tradisi Aceh yang satu ini, "Meugang". Namun tak ada salahnya jika saya akan menambahkan sepatah dua patah kata tentang tradisi Aceh ini menurut pandangan saya pribadi yang saya dengar dari para generasi pendahulu kita.

Satu kata yang bisa menggambarkan tentang tradisi meugang ini, "Daging"

Yaa, anda sedang tidak salah membacanya, daging adalah kata yang tepat untuk mendeskripsikan sebagian besar makna meugang menurut saya. Mengapa tidak, hampir seluruh rakyat aceh pada hari tersebut berbondong-bondong keluar dari rumah untuk menuju ke pasar tradisional dalam rangka berbelanja yang incaran utamanya adalah penjual daging sapi.

antarafoto-tradisi-meugang-aceh-160715-rmd-1.jpg
Source: http://beritadaerah.co.id

Hal ini sudah menjadi darah daging masyarakat aceh untuk bisa memenuhi tradisi tersebut, mereka menganggap hal demikian bukan lagi sunnah, melainkan "kewajiban". tidak lengkap rasanya memulai puasa ramadhan tanpa harus didahului hari meugang. Bahkan ketika saya menanyakannya kepada generasi pendahulu kita, mereka bahkan ada yang berhutang demi melaksanakan tradisi tersebut. Itu dulu, dan saya rasa sekarang sudah tidak begitu kental lagi tradisi ini terlebih daerah kota dan para orang yang diberikan harta lebih oleh sang Khalik untuk bisa menikmati daging setiap harinya, maka tradisi ini tidak begitu berarti lagi buat mereka.

Hari meugang tidak hanya berlaku sebelum ramadhan, namun juga pra Idul Fitri dan Idul Adha. Tapi keistimewaan hari meugang menurut saya ada pada sebelum puasa.

Jika kalian ingin membuktikan bahwa ini adalah hari meugang, cobalah untuk berkeliling ke daerah perkampungan dengan berjalan kaki tentunya. Buka hidung kalian lebar-lebar, hiruplah baunya dari setiap rumah yang kalian lewati. Saya sangat yakin sedap harum dari rempah-rempah dalam setiap masakakan berbahan baku daging khas aceh akan kalian nikmati (dan saya yakin liur akan merembes). Ini adalah salah satu bukti jika kalian tidak mempercayainya.

IMG-20180516-WA0000[1].jpg

Masak Asam Keueng

Saya tidak ingin membicarakan sejarah meugang di aceh, karena menurut saya ada yang telah membahasnya secara detail dan pandangan saya pribadi itu terlalu membosankan. Jangan tiru saya ini karena sejarah adalah warisan yang tak tergantikan! Bacalah selalu sejarah Aceh jika kalian memang anak berdarah Aceh asli.

Kembali lagi kepada meugang...

Dahulu diceritakan, setiap anak-anak dilarang keluar dari rumah mereka ketika hari meugang, hal ini dikarenakan para orang tua tidak ingin anak-anaknya mencium bau harum dari masakan tetangga sebelah dan menyuruh mereka berdiam diri dirumah masing-masing untuk menunggu matang masakan rumah sendiri. Saya tidak tahu pasti mengapa demikian, yaa mungkin ditakutkan rumput tetangga lebih hijau daripada rumput sendiri (just kidding).

Tapi itulah yang saya dengar dari para pendahulu kita, yang jelas disetiap larangan orang aceh pasti ada alasan tersendiri.

Kini meugang sudah tidak sama seperti dulu yang selalu all out dalam menjalankannya, zaman terus berganti sehingga perlahan-lahan tradisipun ikut kurang diminati. Sungguh disayangkan.

Saya juga kepikiran kemungkinan tentang sebuah keluarga yang mereka sangat ingin menikmati hari meugang namun ketidakmampuan materi yang membuatnya telan air ludah ketika melihat orang lain memarakkannya.

Oleh karena itu saya sangat berharap meugang juga bisa menjadi bagian dari tali silaturahmi antar sesama tetangga untuk bisa menikmati hari meugang tanpa ada orang yang berlinang air mata, bingung menjawab apa kepada anaknya ketika ditanyai mengapa kita tidak memasak daging, karena tidak bisa merasakan hari meugang dan sepotong daging. Tidak ada salahnya memberikan setidaknya "saboh awek engkot sie" (secentong daging) untuk mereka yang tidak mampu merasakan begitu indah dan nikmatanya dari tradisi meugang di Aceh.

Artikel ini jauh dari kata sempurna dalam menilik tentang hari meugang, oleh karena itu mari sama-sama meninggalkan komentar berupa pendapat para steemian disini tentang hari meugang agar tradisi ini bisa dipahami secara sempurna bagi masyarakat luar Aceh

Keep Spirit dan Mari Berbagi...

Sort:  

Tulisan anda bagus. Enjoy reading it. Tag-nya diedit menjadi tradition, bukan tradicion.

Siap pak, saya kurang teliti tadi

@therealwolf 's created platform smartsteem scammed my post this morning (mothersday) that was supposed to be for an Abused Childrens Charity. Dude literally stole from abused children that don't have mothers ... on mothersday.

https://steemit.com/steemit/@prometheusrisen/beware-of-smartsteem-scam

Coin Marketplace

STEEM 0.35
TRX 0.12
JST 0.039
BTC 69796.92
ETH 3521.66
USDT 1.00
SBD 4.70