Akhirnya Bisa Bayar Pajak Motor Tanpa Biaya Pengesahan STNK

in #aceh6 years ago (edited)


beberapa hari yang lalu, postinganku tentang Pelayanan Samsat, bisa steemians baca kembali disini
Ya karena Aku Datang jam 14.00 WIB LEBIH Sedikit dan dipaksakan balik Kanan KARENA Sudah TIDAK ADA Lagi Yang melayaninya alias aktifitas Tutup total.

Nah, hari ini aku datang lebih cepat dari kemarin, karena mengantispasi pelayanan akan tertunda lagi. Aku datang sebelum jam 11.20 WIB. Dan Alhamdulillah Kantor Pelayanan Samsat Pidie masih beraktivitas seperti biasanya.

Uang Jasa Layanan.

PERNAH beberapa kali dari Pembayaran Pribadi, seperti halnya dengan tagihan rawat inap di Rumah Sakit Umum tertera Uang Jasa kunjungan Dokter Dan Uang Jasa Perawat . Membayar tanggung jawab ini karena Sal Perawatan menetapkan tingkat lebih tinggi dari Tingkatan ketentuan BPJS.

> Tapi bukan masalah rumah sakit pembahasan aku sekarang. Akan tetapi tentang Uang Jasa di Kantor Pelayanan Samsat Pidie.

Uang Jasa yang saya maksudkan adalah biasa pengesahan STNK yang kadarnya saya juga tidak pasti berapa. Oleh karena itu aku mencoba meminta pejelasan dari para petugas di Kantor Pelayanan Samsat Pidie tetapi tidak ada yang mau memberikan informasi ini.

Persoalan pertamaku muncul ketika aku melihat angka di STNK. Karen beberapa hari yang Lalu aku sudah membayar pajak melalui Bank Aceh.

Slip Bayar BANK ACEH

Nah, aku aku menyerahkan fotocopy STNK dan fotocopy KTP ke loket 1 yang berarti Loket Pendaftaran dan penetapan.

Loket 1 Samsat

Bagi yang mengerti ini bisa diperjelas dikolom komentar yang tersedia.

Aku akan mencoba mendeskripsikan Sendiri Makna Dari loket 1 , KARENA Sesudah Dari loket 1 Wajib Pajak Harus Ke loket 2.

Loket 1, tertera Pendaftaran dan Penetapan. Dan diloket 1 ini yang melayani adalah dari Pihak KEPOLISAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA.

Bagi yang masih belum paham atau orang awam, wajib pajak menyetorkan uang diloket 1 ini, dan biasanya setelah diberitahu diloket 1 jumlah yang harus disetor oleh tugas pajak. Tapi anehnya karena wajib pajak menyetorkan uang yang rangkap kepada petugas, sang petugas langsung mengambil uang tersebut tanpa memberitaukan kemana kesalahan penyetoran tersebut dilakukan oleh wajib pajak.

Seharusnya penyetoran biaya Wajib pajak adalah ke loket 2, dan ini adalah aturan yang harus diikuti oleh kewajiban pajak.

Loket 2, tertera Pembayaran, Pengesahan dan Penyerahan.

Loket 2 samsat

 

Jika wajib pajak yang menyetorkan uang di loket 1, maka untuk harga tetap diloket 2 ini. Begitu juga yang menyetorkan uang diloket ini. Akan tetapi proses seharusnya adalah wajib pajak menyetorkan uang tetap diloket 2 tidak diloket satu.

Catatan:


Sedikit imbauan bagi wajib pajak, Jika pencinta steemian ingin membayar pajak, mereka dapat langsung mendatangi Bank Daerah masing-masing yang bekerjasama dengan kantor pajak. Karena kewajiban pajak hanya perlu biaya admin bank saja. Tapi dengan ketentuan steemian lover yang ingin membayar pajak belum habis, artinya tidak melewati tanggal kadaluarsa pajak tersebut atau belum terkena denda. Karena pihak Bank tidak dapat memproses pembayaran yang sudah melewati tanggal yang tertera di STNK.

Dan ini adalah pengalaman aku pribadi. Aku membayar pajak di BANK ACEH seharga Rp. 205.000 setelah admin BANK Rp. 3.000, jadi total yang aku bayarkan adalah Rp. 205.000.

ATAU ADA Cara lain JIKA Ingin mengetahui berapa sebenarnya Pajak Kendaraan Yang Harus dibayarkan bisa Melalui internet Online dengan Membuka Situs Samsat online dapat juga mengunduh aplikasinya di PlayStore.

Tapi aku tidak bisa menggunakan aplikasi, karena hp murahku tidak cukup lagi memorynya dan tidak bisa memasang aplikasi tersebut. hehe

Nah, Bagi steemians Yang Sudah mendekati Jatuh tempo Pajak kenderaan Bermotor, alangkah baiknya membayar langsung ke Bank daerah yang terhubung dengan Kantor Pelayanan Samsat. Dan tidak menggunakan jasa para agen atau kurir, karena akan menambah biaya yang harus dikeluarkan.

Terima Kasih telah mengunjungi blog saya, jika ada yang ingin ditanyakan atau berbagi pengalaman tinggalkan komentar.

@ojaatjeh

 


Posted from my blog with SteemPress : https://meu-eu2temprehcit.000webhostapp.com/akhirnya-bisa-bayar-pajak-motor-tanpa-biaya-pengesahan-stnk/

Coin Marketplace

STEEM 0.26
TRX 0.11
JST 0.033
BTC 63869.25
ETH 3055.04
USDT 1.00
SBD 3.88