CATATAN SEORANG PENULIS #3|| TIGA FASE PENULIS DAN SENI MEMBAHAGIAKAN KELUARGA

Bersyukurlah kau menjadi istri seorang penulis. Namamu akan menjadi degup karyanya dan kau akan dikenalkan lintas negara maupun lintas benua lewat karya-karyanya. Moh. Ghufron Cholid

Kerap kita dengar hidup seorang penulis tak jelas hasil uang yang diperolehnya. Selalu identik dengan hal yang dipersepsikan tak mengasyikkan secara ekonomi bahkan kesejahteraannyapun akan mudah dilupakan utamanyacketika tak menulis lagi.

Barangkali amatan semacam itu benar di satu sisi namun di sisi yang lain kurang pas, menurut hemat saya sebagai seorang yang menyukai dunia tulis menulis.

Jika yang dibahas honor yang didapat tidak jelas memang ada benarnya. Jika menulis hanya dipandang dari sisi ekonomi, tentu menjadi seorang penulis lambat laun akan ditanggalkan.

Berbicara penulis rasanya terlalu dini jika dikaitkan dengan hasil ekonomi saja sebab sejatinya tiap profesi memiliki resiko masing-masing yang mesti dihadapi.

Menulis bagi saya bikin awet muda. Barangkali ini tampak berlebihan dan terkesan sangat lebay. Namun ini kenyataan yang mesti diungkap. Ketika menulis sudah menjadi degup maka ingatan akan semakin kuat dan inspirasi serupa dedaun di pohon.

Jika seorang penulis tak bisa membahagiakan istrinya secara materi maka ia akan menjadikan nama dan kisah cintanya abadi. Bisa dibaca dari generasi ke generasi.

Dunia teknologi menjadikan segala semakin mudah untuk dilacak jejaknya sehingga jika ada yang menulis untuk seseorang maka dengan cepat orang tersebut bisa melacaknya.

Sebagai penulis laki-laki yang mengalami tiga fase yakni fase jomblo, fase menjadi suami dan fase menjadi ayah tentu kecendrungan tema yang diangkat akan berbeda begitupun gaya ungkapnya.

Ketika jomblo petualangan adalah hal yang saya gemari. Menuliskan puisi pada ayah, ibu, teman dan guru adalah hal yang biasa. Membahas pernikahan dalam puisi juga biasa.

Namun ketika mengalami pernikahan sendiri, tentu tiap penulis akan mengalami perubahan, yang demikian itu sangat saya rasakan.

Selepas menikah, puisi saya kerap saya hadiahkan buat istri. Saya tak pernah ragu mengumumkan status saya lewat puisi. Bahkan ketika istri hamil muda, saya bawa memasuki dunia saya dan saya perkenalkan lewat puisi.

image
(Foto ini ketika saya membacakan puisi khusus untuk istri saya di STKIP Kotem Sampang, saat itu istri masih hamil muda).

saya sangat senang mengenalkan istri saya sebagai orang istimewa dalam hidup saya, kepada segenap jiwa yang datang menghadiri bedah buku Mira kala itu.

Tak jarang tepukan tangan bergema sedang istri saya sembunyi agar tak kelihatan segenap mata yang diarahkan padanya.

image

Saya juga memperkenalkan istri saya kepada teman-teman seangkatan. Fase setelah menikah aktivitas saya lebih banyak bersama istri dan mengenalkan istri dalam tulisan-tulisan saya.

Fase ketiga ketiga saya telah menjadi ayah maka waktu saya lebih banyak bersama istri dan anak saya. Saya pun kerap menuliskan puisi baik untuk istri maupun untuk putri saya.

Ketika saya belum bisa maksimal membahagiakan istri maupun putri saya dari bidang materi lewat profesi atau aktivitas menulis saya maka yang saya lakukan adalah membuat puisi untuk istri dan putri saya baik di facebook, steemit maupun media koran sesekali media online.

Sebab membahagiakan istri dan putri bagi seorang penulis adalah dengan mengenalkan mereka pada khalayak sebagai karunia Ilahi yang sangat istimewa.

Nyatanya kebahagiaan tak melulu berkaitan dengan uang atau materi, dengan memberikan bentuk perhatian yang diabadikan dalam tulisan, disadari ataupun tidak adalah kebahagiaan yang tak bisa dilukiskan.

Madura, 13 Juli 2018

Moh. Ghufron Cholid||@mghufroncholid31

Baca juga Catata Seorang Penulis Lainnya:

CATATAN SEORANG PENULIS #1|| SISI LAIN PENULIS YANG MENAKJUBKAN
https://steemit.com/catatanseorangpenulis/@mghufroncholid31/catatan-seorang-penulis-1-or-or-sisi-lain-penulis-yang-menakjubkan

CATATAN SEORANG PENULIS #2|| HAKIKAT MIMPI DAN SURGA TERINDAH SEORANG AYAH https://steemit.com/catatanseorangpenulis/@mghufroncholid31/catatan-seorang-penulis-2-or-or-hakikat-mimpi-dan-surga-terindah-seorang-ayah

Sort:  

Thank you about your reading and your apretoation i hope this post give you some inspiration

Apa yang kau catat memang benar adanya. Sebagai istrimu saya merasakannya secara langsung. Apa yang kau tulis ini tak hanya sekedar tulisan namun sudah meadi laku.

Saya sangat bersyukur kepada Allah dipilih Allah menjadi istrimu dan semoga cinta kita selalu dipenuhi berkah dan restu serta jadi abadi dunia dan akhirat.

Syukurlah itu semata karunia Allah sebab nyatanya saya tak tahu apa-apa dan bukan siapa-siapa. Saya hanya suamimu dan ayah dari bayi kita

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 64029.44
ETH 3157.04
USDT 1.00
SBD 4.02