PENGARUH KALON FAI

in #culture6 years ago (edited)

PENGARUH KALON FAI

image
image

Untuk mengetahui pengaruh kalon fai terhadap pelakunya dalam menjalani kehidupan rumah tangga, penulis juga mewawancarai keluarga yang sebelum menikah dulunya melihat fai calon suami atau calon isterinya.

Seperti penuturan Ibu Syarifah seorang ibu rumah tangga mengatakan bahwa tradisi kalon fai itu hanya untuk menghormati orang tua saja, tapi secara pribadi saya tidak percaya sama sekali karena segala sesuatunya sudah ditakdirkan oleh Allah. Kalau ingin rumah tangganya bahagia dan sejahtera, ya harus banyak ibadah, rajin sedekah, sering mendengarkan pengajian dan kalau mau menikah sebaiknya shalat sunnah istikharah.
Walaupun saya akui terkadang hasil kalon fai saya dan suami banyak benarnya, tapi menurut saya itu sudah takdir dan kebetulan saja benar.

Sedangkan Bapak M. Taib menuturkan bahwa tradisi kalon fai itu mubah-mubah saja demi menghormati orang tua, soal kebenarannya itu relatif. Saya secara pribadi memakai hitungan kalon fai tetapi tidak sepenuhnya mempercayainya. Apabila saya akan menikahkan anak saya yang terpenting saling mencintai dan mempunyai landasan agama yang kuat. Hitungan kalon fai saya dan istri saya menurut orang tua saya tidak cocok, katanya setelah menikah mendapatkan kecelakaan, ternyata sampai 25 tahun saya menikah tidak pernah mengalami kecelakaan dan sehat-sehat saja.

Lain halnya dengan Bapak Usman seorang petani yang hanya tamat Sekolah Dasar, mengatakan menurut orang tua saya hasil kalon fai saya sangat baik, tapi kenyataannya hidup saya banyak sekali cobaannya, baik rezeki maupun soal lainya sangat jauh dari ramalan kalon fai. Hampir setiap hari saya bertengkar dengan istri saya, bahkan hal-hal yang sepele saja dapat mengakibatkan pertengkaran dan bahkan pernah istri saya minta diceraikan.

Dari hasil wawancara penulis dengan informan penelitian, dapat diketahui bahwa tidak ada pengaruh besar praktik kalon fai terhadap kehidupan rumah tangga. Secara umum hasil hitungan kalon fai yang dilakukan sebelum menikah tidak sesuai dengan yang terjadi setelah menikah, walaupun ada yang sesuai tetapi jumlahnya relatif kecil dan tidak memberi pengaruh dalam kehidupan rumah tangga.
Lebih banyak informan dalam penelitian ini yang mengatakan ramalan dari hasil kalon fai yang dilakukan sebelum menikah tidak menjadi kenyataan dalam kehidupan rumah tangga mereka hari ini, kalaupun ada yang sesuai dengan hasil kalon fai hanya beberapa hal saja dan itupun menurut mereka adalah kebetulan semata bukan pengaruh kalon fai.

Bersambung

Coin Marketplace

STEEM 0.25
TRX 0.11
JST 0.032
BTC 63576.35
ETH 3066.39
USDT 1.00
SBD 3.80