KAMI PARA PLANKTON ADALAH WHALE YANG SEDANG DALAM PROSES. JADI WHALENYA KAPAN???? YA KAPAN-KAPAN.

in #esteem6 years ago (edited)

image
sumber

Genap 58 hari aku bersama steemit, minggu pertama begitu bersemangat, setelahnya sempat aku abaikan selama tiga pekan dan itu sangat aku sesalkan. Saat itu aku masih tidak tau apa-apa, tetapi aku selalu dapat bimbingan dan arahan gratis dari orang yang mengajakku kemari.

Tentang cara, banyak jalan menuju Roma, jika tidak tau Roma dan tidak pernah kesana berarti kita sama, intinya setiab orang punya strategi tersendiri untuk menaklukkan steemit, maksud ku senior-senior yang ada disana.
image
sumber

Jangan mimpi, reputasi segini siapa yang mau peduli, tidak ada komunitas yang mau terima karena belum bisa memberikan kontribusi. Itu kesimpulan yang aku buat sendiri ketika keinginan untuk punya teman yang lebih banyak dalam sebuah wadah yang berjudul terbesit dalam hati.

Hari pertama di steemit aku langsung loncat peringkat di angka 29, sehari setelahnya lompat lagi ke angka 36. Aku merasakan kemudahan yang luar biasa, tentu saja ulah temanku yang menyertakan kata sahabat dimana akunnya serta karena para senior yang bermurah hati memberikan upvote secara cuma-cuma. Aku mengingat baik semua nama-nama mereka, jejak mereka tertinggal rapi di kolom "comment dan replay" serta dihati. Terimakasih untuk kalian, yang suatu saat nanti namanya akan aku sebutkan.

Semakin hari semakin banyak yang mengajariku disini, meskipun tidak saling kenal tapi mereka mau berbaik hati. Dari sekian banyak opsi, aku memilih untuk mencari perhatian dengan cara mengomentari postingan dan memberikan upvote padahal aku tau, upvote ku tidak berguna, sama halnya dengan "menyumbangkan secubit garam pada laut". (Thayep:2009). tepatnya lagi "air tuba dibalas air susu".

Susah-susah gampang. Kadang aku harus membaca postingan demi postingan hingga berkali-kali, aku takut jika komentarku tidak nyambung, atau malah salah alamat. Contohnya postingan mengulas masalah SP (Steem Power).
image
sumber

Di dunia kami perempuan juga ada istilah SP (Sponge), yaitu bahan tambahan membuat kue.
image
sumber
Jika salah memberikan komentar, dalih-dalih dapat simpati malah dapat unlike, disteemit disebut flag. Untuk menghindari hal demikian, aku tidak malu dan tidak sungkan buka google, agar komentar yang aku berikan meaningful, valuable dan singkron. Hasilnya aku mengetahui hal-hal baru, selain dapat upvote aku juga dapat ilmu.

Oleh temanku, aku sangat dilarang memberi komentar singkat contohnya "nice" "good" "thanks for sharing", dan aku juga tidak dibolehkan minta divote atau di follback. Terhadap postingan orang, suka atau tidak suka aku harus mengurai alasan. Nah, disini kadang aku menyesuaikan saja, hanya selama di steemit ini warna favoritku jadi berubah-ubah, hampir semua makanan aku sukai, dan segala macam hewan peliharaan aku cintai (Jangan ditiru).

Aku tidak menghadapi masalah dalam memahami bahasa Inggris, dengan bangga aku berani bilang bahwa aku unggul berbahasa Inggris jika perbandingannya adalah lulusan matematika. Aku kira tidak terlalu buruk selama aku masih bisa memahami kata-kata "yes" "no" dan "I love you".

Pernah di abaikan? Sering.
"Menye kajet ke Gubernur, Han ek le gejaweb salem rata simpang" (Kalau sudah jadi Gubernur, mana sanggup lagi menjawab semua salam). Bukan karena mereka sombong jawab kawanku ketika aku mengadu dan aku menjadi sangat paham. Sering juga balasan komentarku menghilang, padahal aku sudah melihat pemberitahuan bahwa ada yang membalas atau memberikan komentar, tapi tiba-tiba raib begitu saja, salah ku dimana?

Nyatanya, untuk tetap disini, dibutuhkan kesabaran, kerja keras dan fokus. Kadang kala aku sampai lupa waktu, tanpa sadar hingga jam tiga pagi aku masih baca sana-sini untuk mencari belas kasihan dengan meninggalkan upvote kecil-kecilan serta komentar yang pas-pasan.
image
sumber

Soal menulis, aku memang suka walau jauh dari kata bagus tetapi aku tidak berhenti berusaha. Aku sendiri sadar, sudah selama ini di steemit tapi aku belum menghasilkan tulisan yang bagus, maka jika value yang kuterima masih sangat kecil itu cukup sepadan dengan kerja keras yang sama sekali belum aku lakukan.

Untuk kedepannya tentu tidak boleh lagi begini, tidak mungkin aku mendapatkan hasil yang berbeda jika masih melakukan usaha dengan cara yang sama (Proverb)

Upvote dan reputasi saling berhubungan, perantaranya adalah postingan. Aku sendiri membuat postingan sehari sekali, jika "Mangat Temon Bu" (bahasa Aceh, istilah jika mood lagi bagus) maka aku tambah satu postingan lagi. Logikanya begini, bagaimana para senior memberikan apresiasi jika membuat postingan sebulan atau seminggu sekali.

Tentang kesalahan, aku banyak sekali melakukan hal itu, terutama pembubuhan tag. Aku kira seperti di sosmed lain yang kita tag adalah nama orang, padahal tag disini berarti kategori yang terdiri dari lima kolom. Tapi belakangan aku melihat ada stemian senior punya colom lebih banyak, ah diakan senior tapi pasti akan segera kau cari tau mengapa ia bisa demikian.

Sampai saat ini aku masing linglung, yang aku paling kuasai hanya upvote dan comment saja. Soal resteem, aku sudah pelajari manfaatnya, tetapi belum aku coba, resteem bahasa sederhananya adalah share.

Ternyata proses itu tidak berat, untuk para yang lebih newbie dari aku, jangan patah semangat apalagi menyerah, jika saat ini upvote kalian masih sedikit, reput masih rendah maka gantilah strategi. Pada dasarnya, baik itu strategi, cara, metode dan lain-lainnya bersifat subjektive, berhasil bagiku bisa jadi tidak sesuai untuk mu.

Tentang postingan, semua akan baik pada waktunya, yang penting terus berusaha, jangan lupa jadi stalker (penguntit) setia untuk senior-senior (WHALE) sudah sukses. Itu juga salah satu caraku.
image
sumber

Utuk para plankton sepertiku, mari kita percaya diri tetapi dalam context yang tau diri. Harus optimistis, karena kita adalah Whale yang masih dalam proses....
image
sumber

Sort:  

postingan yang sangat menarik @ayijons, tetap dalam koridor optimis dan berusaha serta sabar dalam mewujudkan cita-cita yang tertunda, adapun hal yang harus kita ketahui bahwa steemit juga bagian dari pendidikan non-formal yang memiliki ujian-ujian yang harus siap kita lewati,,
Naah....ketika ujian mampu kamu lewati @ayijons maka kamu akan naik kelas, yakinlah bahwa kamu bisa,

Keep the spirit in reaching @ayijons dream

Terimakasih banyak semangat'a. :).

Menjaga konsistensi memang sulit, tapi hanya dengan konsistensi maka ikan kecil akan jadi besar. Apalagi sekarang sudah banyak pengguna baru, jadi semakin selektif dalam mendapatkan upvotes, hanya mereka yang mampu bertahan yang akan menjadi bla..blaa, @ayijons

Mudah-mudahan saya menjadi salah satu yang mampu bertahan dan yang akan menjadi (bla..blaa) boleh saya tau apa? :D

That panyang neuteumuleh mumang ngen saket prut bak tabaca.. Tapi saya menyukai setiap postingan @ayijons terlepas dari saya laki-laki dan dia perempuan yang cantik dan pintar, namun setiap postingan jelas arah nya dan humoris namun sarat akan makna atau memiliki makna mendalam sehingga kadang-kadang saya susah untuk menyelami nya.. Sukses selalu untuk mu @ayijons

hahaa semangat kak lon, suatu saat kita akan jadi minnow minimal hehhee

semoga steemian lulusan matematika tetap semangat di lautan steemit

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.11
JST 0.033
BTC 63900.26
ETH 3063.07
USDT 1.00
SBD 4.21