Literasi Dalam Lingkup Keluarga

in #esteem5 years ago

nzvmj6x2kg.jpg
source

Selamat siang semua nya ..

Hari ini saya kembali dalam tema Literasi , kelanjutan dari postingan saya yang kemarin.

Bagi anda-anda yang sudah menjadi seorang ibu atau bapak bagi anak-anak anda, semoga tulisan saya yang ini bisa bermanfaat secara teori dan juga pratikum untuk melengkapi tugas harian anda dalam lingkup keluarga.

Seperti yang saya jelaskan kemarin bahwa Literasi mempunyai makna yang luas.

Maka dari itu Literasi ini bisa kita mulai dari Lingkup keluarga sebelum anak-anak anda mengenyam pendidikan di sekolah.

Bagi ibu-ibu mulailah memperkenalkan Literasi pada anak usia dini agar mereka mudah dalam memahami hal-hal yang baru dan berilah wawasan tentang tehnologi dalam perkembangan sekarang akan tetapi harus sesuai dengan porsi terhadap anak, artinya setiap anda memperkenalkan hal yang baru maka anda senantiasa mendapingi dan mengawasi anak anda.

Dalam maksut pembahasa saya kemarin bahwa anak-anak Indonesia menghabiskan waktu dengan bermain hp sedangkan di jepang menghabiskan waktu dengan membaca ,
Nah perlu juga di ketahui bahwa di dalam pembahasa Literasi ini bukan berarti kita melarang anak-anak menggunakan hp.

oi8opnajkw.jpg
source

Namun kita hanya mengubah pola dalam menggunakan dan memanfaatkan hp saja. Tehnik nya bisa berbagai cara tergantung bagi anda-anda semua.

Saya akan memberikan sebuah contoh yang sederhana.

Berilah pemahaman bagi anak-anak anda bahwa gunakanlah hp tersebut sebagai BUKU DIGITAL. Dan ajarkan anak-anak anda untuk menggunakan broser google sebagai pencarian dalam mencari kajian apa yang ingin di pelajari dan sesuaikan dengan tingkat umur anak anda.

q2ws5uw60r.jpg
source

Bila ada diantara anda yang sudah melakukan hal tersebut berarti anda sudah menjalankan dan menerapkan Literasi dalam keluarga anda.

Sebenarnya sangat gampang sekali bila kita memahami tentang Literasi dan percaya tidaknya bahwa hasil riset membuktikan dalam pembelajaran di sekolah dengan membudayakan Literasi dalam materi ajar sangat mudah sekali bagi siswa memahami nya dari pada metode ceramah yang dan lain sebagainya.

Maka dari itu apa salah nya jika bagi anda-anda yang sudah mempunyai anak dengan segera memprakteknya dan lihat untuk tahap awal selama 3 bulan kedepan bagaimana perkembangan nya .

Pada edisi yang kedua saya ini saya belum membahas metode literasi pada tingkat siswa di sekolah dan perlahan-lahan saya akan meneruskan sampai ke materi ajar yang saya tekuni. Ini juga sebagai catatan harian saya .

Terimakasi buat sahabat esteem dan steemian semoga bermanfaat dan jangan lupa tulis kan komentar anda di bawah bila ada pertanyaan yang ingin anda tanyakan serta mungkin ada rangkaian kata yang tidak cocok pada pembahasan saya di atas silahkan di komplin .

karena saya tidak luput dari kekurangan sebagai manusia biasa, dan saya sangat menghargainya.

Bersambung pada postingan selanjutnya

@barzah

Sort:  

Budaya literasi memang harus dimulai dari keluarga @barzah. Banyak tokoh dunia yang memiliki karakteristik literasi yang kuat berawal dari keluarganya.

Benar bg ayi.. ini lah yang harus di kuatkan kembali. Adakala mungkin keluarga baru yang belum mengerti tentang hal literasi dan ini saat nya untuk gagasan masa depan yang cemerlang..

Thanks for using eSteem!
Your post has been voted as a part of eSteem encouragement program. Keep up the good work! Install Android, iOS Mobile app or Windows, Mac, Linux Surfer app, if you haven't already!
Learn more: https://esteem.app
Join our discord: https://discord.gg/8eHupPq

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.11
JST 0.033
BTC 64104.40
ETH 3148.52
USDT 1.00
SBD 4.25