[FIKSI] Persahabatan

in #fiction5 years ago (edited)

image


Source

Ada ungkapan "persahabatan bagai kepompong, merubah ulat menjadi kupu-kupu". Tau kah kita apa arti dari ungkapan tersebut ? Sahabat adalah dia yang ada di kala kita susah, dia yang tidak meninggalkan kita saat kita terpuruk. Dia yang menasehati kita saat kita salah, dia yang bahagia saat kita sukses.

Jika ada sahabat seperti, ini maka genggam erat tangannya jangan kau lepas lagi, karena mencari sahabat yang baik itu susah, tapi melepasnya mudah. Saat menulis ini aku teringat sahabatku "Akmal", dia selalu ada saat aku susah, tapi dia tidak pernah minta bantuanku, aku hanya menjadi pendengar budiman saja, saat dia cerita tentang dirinya. Ntah seperti apa aku di matanya, yang jelas dia mampu membuat aku rindu. Pertemanan kami terjadi begitu saja tanpa memiliki syarat apapun.

Di saat teman-teman sekolahku menjauhi Akmal yang pendiam, dan cuek terhadap perempuan, justru aku mampu melunakkan hatinya. Suatu hari aku dan wali kelasku bu Suwaibah, kami membicarakan tentang ujian akhir sekolah dimana siswa kelas tiga di wajibkan mengikuti les di sore hari, tapi Akmal satu-satunya siswa yang tidak mengikuti les. Nah, bu Suwaibah memintaku membujuknya, ntah bagaimana caranya akhirnya dengan sekali ajakan saja Akmal mau mengikuti ajakanku untuk les di sore hari.

Sejak hari itu kami akrab sekali.
Akmal dengan postur tubuh kurus, putih tinggi, memang pendiam, dan tidak suka basa-basi, tapi dia tidak pernah menyakiti perasaanku.
Ternyata dia juga anak yang pintar hanya saja dia terlalu cuek dalam pelajaran. Akhirnya hari yang di tunggu-tunggu telah tiba, pengumuman kelulusan telah di tempel di papan pengumuman. Akmal tampak sangat bahagia karena ia juga lulus.

Ku lihat ia yang tersenyum ke arahku, "Aisyah, terima kasih, kamu tidak pernah bosan mengajakku belajar" dia mengulur tangan kepadaku seakan mengucap selamat.
"Kamu lulus karena kamu mau belajar, bukan karena aku" jawabku singkat yang pasti aku juga sangat senang melihat sahabatku yang terkenal tidak banyak bicara, serta cuek, ternyata lulus juga.

"Aku senang jika ada temanku merasa beruntung berteman denganku, karena teman itu saling merangkul bukan saling menjatuhkan" aku katakan itu pada Akmal tempo hari saat dia mengatakan, "apa peduliku terhadapnya" karena kami hanya teman sekelas siapapun yang mendekatinya pasti ada maunya di balik kedekatan mereka. Berbagai nasehat dengan kata-kata yang telah aku pilih untuk menasehati sahabatku itu. Akhirnya kedekatan kami menjadi buah bibir di sekolah, bahkan ada yang berfikir kami berpacaran. Aku tertawa sendiri mendengar hal itu, jujur aku sayang sama Akmal, tapi bukan cinta. Dia memang nakal tapi itu cuma luarnya saja, hatinya sangat lembut.

Saat hari perpisahan di sekolah dia memberiku sebuah kado, sedangkan aku tidak pernah terfikir soal hadiah apapun, ini memang kejutan yang membuat aku sangat senang menerimanya. "Aisyah ! Ini untukmu". Dia menyerahkan sebuah bungkusan, hanya ada kami berdua di kelas, aku menganggap itu sebagai keikhlasan darinya tanpa harus ada yang tau. Aku mengambil bungkusan itu dengan senyum kebahagiaan di wajahku.

"Bukalah"
ucapnya lagi.

Tidak perlu waktu lama, aku segera membukanya ternyata isinya sepatu, aku menyukai hadiah darinya karena sepatu yang dia berikan sudah aku incar sejak lama. "Ayo tebak ! Kenapa aku memberikan kamu sepatu ? "Tanyanya padaku dengan penuh teka-teki, aku hanya menggeleng pertanda tidak tau.
"Aku memberikan kamu sepatu sebagai lambang persahabatan kita"
"Kenapa" tanyaku yang tidak mengerti maksudnya.
"Sepasang sepatu kan selalu bersama, tapi mereka tidak akan pernah bersatu". Aku tersenyum mendengar jawabannya.

Betul juga yang dia katakan sahabat itu selalu bersama dan selalu ada, tapi tidak bisa bersatu layaknya sepasang suami istri. Kini aku mengerti maksud hadiah yang dia berikan.

Semoga setiap persahabatan yang terjalin di dunia ini, terjalin dengan tulus.

Semoga menginspirasi, Salam Steemian Indonesia

Tamat

~Keep writing~

image

Salam Sahabat Inspiratif

Sort:  

Thanks for using eSteem!
Your post has been voted as a part of eSteem encouragement program. Keep up the good work! Install Android, iOS Mobile app or Windows, Mac, Linux Surfer app, if you haven't already!
Learn more: https://esteem.app
Join our discord: https://discord.gg/8eHupPq

Coin Marketplace

STEEM 0.36
TRX 0.12
JST 0.040
BTC 70839.13
ETH 3563.41
USDT 1.00
SBD 4.77