Film Pendek SIswa SMA Unggul Sigli Menang Lagi

in #film6 years ago (edited)

asyik.jpg

Setiap tahun, saya selalu dipanggil untuk membimbing siswa SMA Unggul membuat film pendek. Rata-rata siswa tersebut belum pernah membuat film sebelumnya. Namun, mereka mampu untuk membuat video. Sebulan yang lalu, pihak sekolah SMA Unggul menghubungi @shofie untuk membicarakan hal ini. Karena @shofie sekarang sudah terikat dengan pekerjaan, maka saya harus melaksanakan sendiri bimbingan ini.

Pertama, saya mengajak 3 siswa yang ingin mengikuti lomba FSL2N ini berdiskusi. Kami memutuskan untuk berjumpa di warung kopi agar suasananya lebih cair. Saya mengajak mereka untuk bisa berfikir kritis dan terlepas dari kasta-kasta antara pembimbing dan murid. Jadi, mereka lebih leluasa untuk menghadirkan ide-ide yang akan mereka jadikan sebagai acuan pembuatan film.

sma.jpg

Sayangnya, saya tidak bisa menemani mereka hingga selesai proses produksi karena harus berangkat ke Brunei Darussalam. Saya hanya membimbing mereka hingga tahap penulisan script. Mereka akan melakukan sendiri pengambilan gambar dan editing. Pada saat itu, saya memancing mereka untuk mengambil ide film pada hal yang terdekat dengan mereka, terutama kejadian sehari-hari di sekolah. FSL2N kali ini mengambil tema Perubahan.

sma1.jpg

Saya kemudian menawarkan sebuah ide tentang seorang siswa kali-laki yang bandel berubah hanya karena dia jatuh cinta kepada seorang siswi. Selesai memberi contoh-contoh scene yang mungkin mereka ambil, kami pun tidak berjumpa selama sebulan. Kemarin anak-anak ini mengirim sebuah pesan lewat whatsapp. Film yang mereka buat dengan ide film yang kami sepakati memenangkan FSL2N tingkat kabupaten.


Film "Dia Disiplin Itu Asyik"

Saya sangat terkejut dan mengapresiasi kerja mereka. Walaupun terdapat kekurangan dimana-mana, tapi ada beberapa shoot yang membuat saya takjub dengan pencapaian mereka. Salah satunya dengan shoot over shoulder saat terjadi percakapan antara dua orang dan group shoot saat terjadi percakapan lebih dari dua orang. Ini merupakan sebuah pencapaian mereka dalam ilmu sinematografi. Semoga film kedua mereka nantinya bisa lebih bagus.


ProfilPictakbarraf-01.png

Sort:  

Sangat menginspirasi. @akbarrafs
Sukses terus bg.

Kalau masih siswa sudah sekreatif ini, mudah2han ketika mereka menjadi mahasiswa akan lebih kreatif lagi...

Mantap bang lanjutkan, sebagai bukti bahwa kita pernah ada

Terima kasih atas dukungannya @bangrully

Kerennn Pake banget Bang!
movie Maker👍

Wah..lebih keren kakak lagi

Hebat anak-anak didikan bapak, saya saja belum bisa apalagi mengajar😅

Ini hoax hahaha

Waaah...
Keren bg @akbarrafs, saya jg pgn x bljr bwt short film gini, bnyk pon fasilitator, tp syg blm pande ngatur waktu...
Salut!

Ayo kita buat bersama ;)

Coin Marketplace

STEEM 0.35
TRX 0.12
JST 0.040
BTC 70601.40
ETH 3576.96
USDT 1.00
SBD 4.75