Epilepsi dan Cara Penanganan yang Tepat

in #health6 years ago

image

Hari ini bertempat di PLN Area Langsa, saya beserta seluruh Supervisor Teknik dan Supervisor Transaksi Energi yang ada di wilayah kerja Area Lhokseumawe, Sigli dan Langsa berkumpul untuk mengikuti workshop tentang kwh meter prabayar. Pemateri yang memberi workshop berasal dari Manajer Bidang Niaga Pak Rasyid Naja dan beberapa Deputi Manajer PLN Wilayah Aceh.

Awal nya kegiatan tersebut berlangsung dengan serius tanpa ada kendala, semua peserta yang hadir sangat antusias mendapatkan materi yang diberikan, dan sangat terkesan dengan beberapa hal temuan baru dari kwh meter prabayar tersebut.

image

image

Sampai kemudian ketika jam menunjukan jam 12:20 WIB tepatnya azan shalat Zuhur berkumandang dimana acara mau ditutup untuk shalat, tiba - tiba salah seorang rekan saya merasakan kejang - kejang, dimana badannya keras tidak bisa digerakkan, lalu dirinya yang dari tadi duduk langsung terjatuh ke lantai. Saya berada persis di depan nya melihat sangat jelas ekpresi wajah yang diperlihatkan oleh rekan saya tersebut, seolah dia ingin berkata sesuatu tapi mulutnya tidak bisa digerakkan sama sekali.

Begitu dirinya jatuh ke lantai, sempat dipegang oleh Pak Nazar yang kebetulan sedang berdiri di samping rekan kerja saya tersebut yangvdaritadi memberikan materi. Awalnya kami berpikir bahwa rekan saya tersebut tersengat arus listrik, karena dibawah tempat duduknya terdapat stop kontak. Rupanya tidak ada sentuhan dengan stop kontak tersebut, san murni rekan kerja saya tersebut jatuh tiba - tiba dengan tubuh nya tidak bisa digerakkan.

Kami pun sama - sama membantu mengangkatnya segera untuk membawa ke rumah sakit, sebelum sampai ke rumah sakit, kami masih bertanya - tanya penyebab terjadi hal kejang - kejang secara tiba - tiba, apalagi selama ini belum pernah mendengar ada riwayat penyakit yang dideritanya. Begitu sampai di rumah sakit, dokter kebetulan berada di lokasi, langsung melakukan pemeriksaan dan tidak sampai 10 menit rekan kerja saya tersebut sudah bisa berbicara dan siuman kembali.

image

Dari keterangan dokter menyebutkan bahwa rekan saya tersebut mengidap penyakit epilepsi atau dalam bahasa kita sering diistilahkan "ayan". Penyakit tersebut sudah lama diderita nya dan selama ini langsung ditangani oleh dokter yang berada di Banda Aceh. Untuk menghindari terjadi serangan susulan, maka diambil pilihan rekan saya tersebut dibawa pulang ke Banda Aceh hari ini juga untuk menjalani pemeriksaan lanjutan.

Dari pengalaman tersebut, Saya mencoba mencari tahu dari berbagai sumber penyakit epilepsi yang diderita oleh rekan Saya tersebut. Beberapa sumber menyebutkan bahwa penyakit epilepsi merupakan suatu kondisi dimana terjadi kejang berulang, biasanya hal tersebut terjadi karena ada kerusakan atau perubahan di dalam otak. Dalam dunia medis menyebutkan bahwa, pasien bisa dikatakan mengalami epilepsi jika sudah mengalami kejang lebih dari 1 kali. Tingkat keparahan pun tergantung, ada yang mengalami kejang beberapa detik, atau ada yang berlangsung beberapa menit. Ada yang mengalami kejang pada sebagian tubuhnya, dan ada juga pada seluruh tubuhnya hingga tidak sadarkan diri.

Penyebab terjadi nya epilepsi pun paramedis menyimpulkan bahwa bisa diakibatkan karena faktor keturunan tapi bisa juga akibat adanya pendarahan atau tumor di otak. Sampai saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan penyakit tersebut, yang ada hanya obat antiepilepsi yang berguna untuk menghindari penderita dari kejang sehingga dapat melakukan aktivitas seperti biasa.

Bagi yang menderita epilepsi sangat dianjurkan untuk tidak ditinggalkan sendirian dalam jangka waktu yang lama atau dibiarkan sendiri melakukan aktivitas, karena hal tersebut sangat berbahaya. Jika tiba - tiba terjadi kejang saat melalukan aktivitas menyetir atau sedang di kamar mandi dan tempat lainnya, jika tidak ditangani maka akibat mengakibatkan kecelakaan fatal dan bisa menyebabkan kematian.

image

Semoga kita semua dijauhkan dari segala macam penyakit dengan terus memanjatkan dia kepada Allah SWT untuk diberikan kesehatan, serta terus melakukan pola hidup sehat sejak dini, karena bagaimanapun juga mencegah lebih baik daripada mengobati.

Berikut foto yang saya abadikan sesaat sebelum rekan kerja saya terkena kejang sampai tidak sadarkan diri. Mohon maaf karena foto nya terpaksa saya blur untuk menjaga kode etik jurnalistik serta saya tidak dapat memuat foto - foto saat kejang tersebut berlangsung.

image

image

Salam Komunitas Steemit Indonesia

image

Best regards @rickygunawan

image

Sort:  

Postingan yang sangat berguna akan kesehatan.
Terima kasih

Coin Marketplace

STEEM 0.32
TRX 0.11
JST 0.034
BTC 66004.40
ETH 3243.40
USDT 1.00
SBD 4.19