Berbagi di Hari Meugang

in #humanity6 years ago

Hari ini di Aceh adalah hari meugang, meugang adalah tradisi yang telah ada dari zaman dahulu. Meugang menjadi harinyabg sangat penting bagi masyarakat aceh, karena hari ini saya juga bisa memberikan sesikit kepada kedua orang tua saya, yaitu kepada ibu dan adek saya si runah, dan juga mertua saya. Daging meugang bisa saya belikan dan bisa saya berikan kepada keduanorang rua saya dan mertua saya. Dan setelah itu saya bersama dengan istri mendatangi beberapa rumah untuk memberikan paket ramdhan yang Nanggroe Steemit Community berikan. Dan saya di amanahkan meywrahkan lima paket di gampong tempat saya tinggal.

Setelah memutuskan kemaba paket itu kami serahkan, makansaya dan istri segera meluncur menuju rumah yang telah kami putuskan. Rumah kak yuni, lalu saya ke rumah adek mety dan selanjutnya ke rumah nek bah, serta menuju rumah kak nabon serta terajhir ke rumah si pepe. Pilihan kami berikan paket ini setelah saya dan istri bertanya kepada manak mertua kesiapa yang layak, dan mamak mertua menyarankan ke lima (5) orang tersebut. Daeinyang menerima paket ada anak yatim, lansia dan dhuafa, kamu sengaja memilih daei 3 penerima tersebut.

image
Foto by @taministy

Dan setelah selesai mengantarjan semua oaket amanah dari kawan-kawan steemian di NSC,saya dan istri berkeliling gampong sambil melihat suasan gampong yang kadang saya jarang melihatnya, maklim asyik sama kerjaan di luar gampong. Dan saat saya melintas dari satu lorong saya lihat ada anak-anak yang sedang memetik boh keulayu (bahasa indonesianya saya tidak tahu). Lalu saya dan istri berhenti dan bertanya sama mereka apakah kami boleh meminta sesikit boh keulayu nya. Dan tak lama menyahut anak-anak tersebut mengatakan jeut njou pat bang .. kak nong galak neuh noh keulayu kata salah satu saudara dari istri saya. Njou galak ta pajoh .. mangat boh keulayu njan .. na klat-klat bacut ... dan mereka semua ketawa sambil menyerahkan 2 ikat joh keulayu yang telah mereka petik . Jadi hari ini saya sangat senang, karena satu amanah dari steemian telah saya selesaikan dan saya bisa menikmati sore ini dengan istri sambil makan boh keulayu.

image

Salam

Sort:  

Sungguh mulia gerakan sosial NSC.

Terima kaish pak @dsatria .. semua kemulian ini milik Allah SWT .. kami hanya menjalankan apa yang kami rencanakan dan rencana ini juga karena Allah SWT .. swmoga kawan bisa terus menyisihkan sedikit rezeki dari reward dan bisa berbagi dengan semua yang membutuhkan ..

Coin Marketplace

STEEM 0.26
TRX 0.11
JST 0.032
BTC 63510.75
ETH 3065.54
USDT 1.00
SBD 3.82