Koreksi #1 Tulisan @zulfadli: Belajar Bersama

in #indonesia6 years ago

Ide belajar menulis bersama saya sampaikan tiga hari lalu. Sebuah proyek untuk mengoreksi dan membetulkan tulisan Bahasa Indonesia steemians sesuai link yang disampaikan kepada saya di kolom komentar pada postingan ini

koreksi tulisan.jpg
[Memeriksa tulisan]

Link pertama masuk adalah milik @zulfadli, dapat dilihat di sini

Dalam tulisannya, @zulfadli memulai dengan judul: angka 139, bertamu, robot dan terombang ambing dilaut biru. Semuanya memakai huruf kecil.

Seharusnya judul dituliskan sebagai berikut: Angka 139, Bertamu, Robot dan Terombang-ambing di Laut Biru. Semua huruf di awal kata sebaiknya ditulis huruf besar, kecuali untuk kata depan maupun kata hubung. Juga ada kekeliruan penulisan “dilaut” seharusnya “di Laut”.
Sila melihat tulisan saya sebelumnya dalam penggunaan kata ‘di’ dan ‘ke’ di sini

Sepertinya @zulfadli terburu-buru menyelesaikan tulisannya. Tidak menggunakan huruf besar pada permulaan kata di awal kalimat. Misalnya pada awal tulisan:

dari mana aku harus memulai cerita ini? aku merasa tak berdaya, katagori anak -anak masih melekat diakun steemit yang tak beranjak dari hari ke hari. segala cara telah ku coba, pengembaraan ku telah mencapai angka 139 hari memasuki bulan ke 5 yang tinggal beberapa hari lagi. kini aku mulai mengerti ternyata sulit sekali mencapai level aman bagi seorang newbie, bekal yang tak cukup hingga kelaparan (bandwith) didalam perjalanan mencari ilmu namun kebutuhan pokok (steempower) sangat aku butuhkan, cuma bermodal 20 sbd ternyata tak sanggup menemami dalam traveling ku disini.

Ada beberapa kekeliruan pada tulisan di atas. Selain tidak menggunakan huruf besar pada setiap kalimat baru setelah titik (.) maupun tanda tanya (?), masih ada kekeliruan dalam pemaikaian kata ‘di’ sebagai kata depan. Selain itu, ada kata tak baku yang digunakan. Berikut adalah perbaikannya (saya tebalkan):

Darimana aku harus memulai cerita ini? Aku merasa tak berdaya, kategori anak -anak masih melekat di akun steemit yang tak beranjak dari hari ke hari. Segala cara telah ku coba, pengembaraan ku telah mencapai angka 139 hari memasuki bulan ke-5 yang tinggal beberapa hari lagi. Kini aku mulai mengerti ternyata sulit sekali mencapai level aman bagi seorang newbie, bekal yang tak cukup hingga kelaparan (bandwith) di dalam perjalanan mencari ilmu namun kebutuhan pokok (steempower) sangat aku butuhkan, cuma bermodal 20 SBD ternyata tak sanggup menemami dalam traveling ku di sini.

tulisan zul.jpg
[Postingan tulisan @zulfadli]

Kekeliruan penulisan kata yang hampir sama terus berlanjut pada paragraf-paragraf setelahnya. Karena punya kemiripan, saya tak lagi memberikan koreksi pada sebagian paragraf, langsung ke bagian terakhir. @zulfadli menulis:

Disini aku masih harus belajar banyak lagi dalam hal menulis dan hal lain di karenakan dunia steemit ini penuh dengan jutaan orang hebat diseluruh dunia dan tidak ada batasan untuk kita belajar apalagi di zaman yang sebar canggih teknologi, sangat disayangkan kalau ada platform seperti ini dibiarkan begitu saja.

Pada permulaan kalimat di atas, @zulfadli benar menuliskan awal kata dengan huruf besar (D), tetapi keliru tidak memisahkan antara ‘di’ dengan ‘sini’. Padahal ‘di’ pada kata tersebut berfungsi sebagai kata depan. Berikut koreksinya:

Di sini aku masih harus belajar banyak lagi dalam hal menulis dan hal lain dikarenakan (disambung) dunia steemit ini penuh dengan jutaan orang hebat di seluruh (dipisah) dunia dan tidak ada batasan untuk kita belajar apalagi di zaman yang serba canggih teknologi, sangat disayangkan kalau ada platform seperti ini dibiarkan begitu saja.

Begitulah koreksinya. Sesuai dengan janji saya sebelumnya bahwa pada tahapan ini, koreksi hanya penulisan kata sesuai kaidah. Untuk logika bahasa, penyusunan paragraf, hubungan antar paragraf, membuat deskripsi dalam menulis story dan lainnya, akan dilanjutkan pada lain kesempatan.

permintaan zul.jpg

Terima kasih kepada @zulfadli yang telah memberikan tulisannya untuk saya koreksi sambil sama-sama belajar. Salam steemians. []

@abuarkan

Sort:  

Mantap, para steemian pemula harus memanfaatkan kebaikan hati Brader @abuarkan jurnalis senior di Aceh, untuk terus belajar menulis dengan baik dan benar. Tabek nyang lambong.

Kerja yang luar biasa gure @abuarkan. Semoga kita semua lebih baik dan lebih sukses di masa mendatang.

Makasih adoe atas dukungannya.

Sabe lon dukung, apalagi dipenuhi dengan cita rasa yang sebegini rupa. Hehehe..

Mantap bang. Sesekali mau jg tulisan saya dikoreksi senior😁

Gata ka jago miswar, kaleuh lon baca tulisan-tulisan gata. Makasih dukungannya.

Kalo Bg @tinmiswary jgn di open lagi😄
Uda jago beliau...yg muda2 aja abu😂

Tujuan mulia utk semua Steemians 😆
Bg, kalo ke mbo kabarin beuh 😄

Siap adoe, pasti lah lagee awai.

Siap..rame nyo Bg...
Jet neujok motivasi bah percaya diri nulis👍

terima kasih banyak koreksi nya bg @abuarkan kedepan saya akan memperbaiki tulisan yang salah, suatu kebahagia bagi saya, abg mau mengoreksi tulisan saya walaupun banyak salah saya tak malu. dikarena masih proses belajar...sekali lagi terima kasih banyak @abuarkan. semoga abg sukses terus..

Sama-sama zul, tetap semangat dan perbanyak karya. Saleum

Oke bg...
Mohon bimbingan...
Oya abg kerja dimana?

Saya jurnalis zul, angkatan di bawah dosenmu @ayijufridar dan di atas @masriadi

Proyek ini harus berlanjut terus dan menjadi trade mark-nya @abuarkan sebagai proyek amal ibadah. Banyak sekali manfaatnya @abuarkan.

Makasih kanda, sep semangat teuh leuh tabaca dukungan bg @ayijufridar

Benar-benar program mulia. Lanjutkan Bang @abuarkan

Makasih furqan.

Bereh! Luar biasa sumbangsih @abuarkan terhadap Steemian. Ka lon teken!

Bang, tulisan long berikut jih 😂😂😂😂

Congratulations! This post has been upvoted from the communal account, @minnowsupport, by abuarkan from the Minnow Support Project. It's a witness project run by aggroed, ausbitbank, teamsteem, theprophet0, someguy123, neoxian, followbtcnews, and netuoso. The goal is to help Steemit grow by supporting Minnows. Please find us at the Peace, Abundance, and Liberty Network (PALnet) Discord Channel. It's a completely public and open space to all members of the Steemit community who voluntarily choose to be there.

If you would like to delegate to the Minnow Support Project you can do so by clicking on the following links: 50SP, 100SP, 250SP, 500SP, 1000SP, 5000SP.
Be sure to leave at least 50SP undelegated on your account.

Coin Marketplace

STEEM 0.26
TRX 0.11
JST 0.033
BTC 65012.58
ETH 3101.28
USDT 1.00
SBD 3.86