Akhlaknya Rasulullah Saw, patutlah untuk kita ikuti.

in #indonesia6 years ago (edited)

Selamat malam sahabat steemian semua, semoga kalian selalu dalam keadaan sehat dan kesuksesan selalu menyertai kita semua, pada pertemuan berikutnya saya akan membagikan sedikit cerita tentang bagaimanakah Akhlak Rasulullah Saw, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua, berikut saya akan membagikan cerita dibawah ini.


image


Setelah acara makan-makan sempat terjadi obrolan bagaimana keagungan akhlak Rasulullah SAW dalam berdakwah (Sekaligus untuk suri teladan bagi kita semuanya). Sehingga banyak orang-orang yang tertarik dengan Islam karena keagungan akhlak Nabi Muhammad SAW. Ketika itu dibawakan satu riwayat bahwa Tsumamah bin Utsal sebelum masuk Islamnya, Tsumamah ini ditangkap di kota Madinah karena ia salah seorang pimpinan orang-orang kafir. Dia ditangkap mau dibunuh. Rasul saw bilang “jangan dibunuh, ikat saja ditiang masjid”. “diapakan?” tanya sahabat., Rasul menjawab “diamkan saja, beri ia makanan yang lezat-lezat, beri ia minum tapi biarkan disitu (diikat di tiang masjid) bukan dipenjara”. Maka sore itu Rasul bertanya “wahai Tsumamah bagaimana keadaanmu?”, Tsumamah berkata “kalau engkau membunuh aku maka engkau membunuh orang yang mempunyai darah (bisa membalas dendam). Kalau kau lepaskan aku, kau temui aku ini orang yang sangat berterima kasih”, Maka Rasululullah saw pergi.


image


Esoknya ditanya lagi “Tsumamah bagaimana keadaanmu?”, “keadaanku kalau kau bebaskan aku, kau akan lihat aku orang yang sangat berterima kasih”, Lalu Rasul saw pergi. Pada hari ketiga Rasul bertanya lagi “Tsumamah bagaimana keadaanmu?”, tsumamah menjawab “tidak berubah dari yang aku katakan kemarin”.
Maka Rasulullah berkata: “lepaskan dia”, Maka Tsumamah dilepaskan, lalu Ia pergi ke satu sungai, mandi, berwudhu lalu kembali kepada Nabi seraya mengucap:“Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah." Tsumamah sangat terharu dengan akhlak Nabi Muhammad Saw, lalu ia berkata: “sungguh dulu tidak ada wajah yang paling kubenci di muka bumi selain wajahmu tapi sekarang wajahmulah yang paling kucintai dari semua wajah dimuka bumi. Sebelumnya agama yang paling kubenci adalah agamamu wahai Muhammad tapi sekarang yang paling kucintai adalah agamamu. Dulu tiada tempat yang paling aku benci selain kota Madinah, tapi sekarang kota ini yang paling kucintai dari kota yang lainnya."

Follow @abupasi.alachy

Sort:  

Sangat bermanfaat...semoga kita mengikuti akhlanya Rasulullah

Terimakasih atas kunjunganya 🌝

sama-sama kawan, jangan lupa singgah balek :P

postingan yang sa bermanfaat...
nice a post @abupasi.alachy

Thanks for your.

Coin Marketplace

STEEM 0.35
TRX 0.12
JST 0.039
BTC 70310.43
ETH 3568.34
USDT 1.00
SBD 4.73