Anjuran untuk berbagi, dan berkurban.

in #indonesia6 years ago (edited)

Selamat malam sahabat steemians semua semoga kalian selalu dalam keadaan sehat dan kesuksesan selalu menyertai kita semua, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit kata-kata motivasi ataupun sebagai ilmu pengetahuan tambahan bagi kita semua, semoga bisa bermanfaat bagi saya pribadi dan umumnya kepada seluruh sahabat steemians yang saya cintai dan saya hormati.


image


Seperti kita ketahui bersama bahwa, dalam beberapa hari lagi kita akan menjumpai sebuah bulan yang penuh berkah ini, dimanaa kita bisa mencari amalan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, yaitu dengan cara mengerjakan berkurban, maka saya sangat tertarik untuk mencoba membahas tentang cara tersebut.

Ibnu Hajar Al’asqalani menyebutkan sebuah hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim dalam kitabnya Bulughul Maram, bahwa salah satu ciri hewan yang dijadikan kurban oleh Nabi Saw. adalah bertubuh gemuk. Hadis tersebut bersumber dari Anas bin Malik, dia berkisah;

انَّ اَلنَّبِيَّ – صلى الله عليه وسلم – كَانَ يُضَحِّي بِكَبْشَيْنِ أَمْلَحَيْنِ, أَقْرَنَيْنِ, وَيُسَمِّي, وَيُكَبِّرُ, وَيَضَعُ رِجْلَهُ عَلَى صِفَاحِهِمَا. وَفِي لَفْظٍ: ذَبَحَهُمَا بِيَدِهِ – مُتَّفَقٌ عَلَيْه وَفِي لَفْظِ سَمِينَيْن وَلِأَبِي عَوَانَةَ فِي صَحِيحِهِ ثَمِينَيْنِ بِالْمُثَلَّثَةِ بَدَلَ اَلسِّين ِ

“Nabi Saw. biasa berkurban dengan dua gibas (domba jantan) putih yang bertanduk, lalu beliau mengucapkan nama Allah dan bertakbir, dan beliau meletakkan kedua kakinya di pipi kedua gibas tersebut (saat menyembelih).

Dan riwayat lain.

قال يحيى بن سعيد، سمعت ابا امامة بن سهل قال : كنا نسمن الاضحية بالمدينة وكان المسلمون يسمنون

“Yahya bin Said berkata; ‘Saya mendengar Abu Umamah bin Sahl berkata; ‘Kami menggemukkan hewan kurban di Madinah dan kaum Muslim yang lain juga menggemukkan.”

Inilah sedikit Catatan saya pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua.

Follow @abupasi.alachy

Sort:  

Saya upvote karena posting bagus dan pakai tag: #indonesia. Lanjut Broo..yuk saling follow.

Coin Marketplace

STEEM 0.24
TRX 0.11
JST 0.031
BTC 61243.73
ETH 2974.21
USDT 1.00
SBD 3.69