Pentingnya rasa malu, terhadap pribadi kita masing-masing.

in #indonesia6 years ago (edited)

Selamat malam sahabat steemians semua semoga kalian selalu dalam keadaan sehat dan kesuksesan selalu menyertai kita semua pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit kata-kata motivasi kepada seluruh sahabat steemian semua semoga bisa bermanfaat bagi saya pribadi dan umumnya kepada seluruh sahabat steemian yang saya cintai dan saya hormati.


image


بسم الله الرحمن الرحيم

كتاب الأدب
بَاب الْحَيَاءِ

حَدَّثَنَا آدَمُ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَبِي السَّوَّارِ الْعَدَوِيِّ قَالَ سَمِعْتُ عِمْرَانَ بْنَ حُصَيْنٍ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْحَيَاءُ لَا يَأْتِي إِلَّا بِخَيْرٍ فَقَالَ بُشَيْرُ بْنُ كَعْبٍ مَكْتُوبٌ فِي الْحِكْمَةِ إِنَّ مِنْ الْحَيَاءِ وَقَارًا وَإِنَّ مِنْ الْحَيَاءِ سَكِينَةً فَقَالَ لَهُ عِمْرَانُ أُحَدِّثُكَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَتُحَدِّثُنِي عَنْ صَحِيفَتِكَ. رواه البخاري

Artinya:
Dari Abu As Sawwar Al 'Adawi dia berkata; saya mendengar 'Imran bin Hushain berkata; Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sifat malu itu tidak datang kecuali dengan kebaikan." Maka Busyair bin Ka'b berkata; "Telah tertulis dalam hikmah, sesungguhnya dari sifat malu itu terdapat ketenangan, sesungguhnya dari sifat malu itu terdapat ketentraman." Maka Imran berkata kepadanya; "Aku menceritakan kepadamu dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, sementara kamu menceritakan kepadaku dari catatanmu."
HR. Al Bukhari (w. 256 H)

Istifadah:
Menurut Imam Ghazali dalam kitab Majmu'ah Rasa'il Al imam Al Ghazali , malu adalah langkah pertama untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Malu untuk mengetahui bahwa manusia penuh kekurangan dihadapan keagungan dan kebesaran Allah Swt. Maka, malu yang seperti ini merupakan bagian dari iman.


image


Rasa malunya seorang hamba terhadap Allah Swt. akan mengarahkan dirinya untuk meninggalkan hal yang dilarang dan senantiasa melakukan kewajiban.

Inilah sedikit kata-kata motivasi dari saya semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Salam kenal selalu buat seluruh sahabat steemians indonesia.

[Lembaga Kajian dan Riset Rasionalika Darus-Sunnah]

Sort:  

Imformasi yang bermanfaat.

Terimakasih atas kunjunganya 🌝.

Sangat bermanfaat tgk ari😊

Gure gure ge.

Di jaman sekarang, budaya malu harus digalakkan. Agar orang tidak semau gue dalam bersikap, berucap dan bertingkah.

Coin Marketplace

STEEM 0.26
TRX 0.11
JST 0.032
BTC 63510.75
ETH 3065.54
USDT 1.00
SBD 3.82