Menulis Itu Berat

in #indonesia5 years ago

image
Source image


Menulis itu terasa berat, benarkah? Kelihatannya menulis itu memang terasa sangat mudah apalagi ketika kita melihat seorang juru tulis yang sudah terbiasa dengan pekerjaaan kesehariannya sebagai penulis seperti wartawan atau jurnalis.

Padahal kenyataannya tidak demikian. Perlu adanya waktu khusus untuk menyelasaikan sebuah tulisan. Terkadang juga harus butuh waktu untuk bisa menemukan sebuah ide. Iya sih, untuk menemukan ide disetiap yang kita baca tentang cara mudah mendapatkan sebuah ide adalah dengan membaca.

Hal itu sudah saya lakukan dan saya terus membaca setiap harinya minimal membaca berita di media sosial. Karena pada dasarnya saya bukanlah seorang penulis dan tidak memiliki dasar kepenulisan. Sehingga untuk menuju arah supaya memiliki kemampuan menulis hanyalah dengan belajar.

Kawan-kawan bertanya kepada saya tentang masih aktif di dunia Steemit. Buang waktu saja katanya. Namun ketika sudah mengenal dunia menulis walaupun bukan ahlinya, walaupun tidak terlalu aktif menulis setiap harinya namun masih terus berusaha memberi konten menulis di media ini. Meskipun reward-nya tidah sebesar dulu lagi, namun yang saya rasakan terlalu mudah untuk menulis disini.

Keinginan untuk terus menulis membuat hal yang terasa berat alias susah menjadi mudah. Mudah karena adanya tekad dan kemauan untuk melatih diri.

Semangat menulis membuat saya secara pribadi terus bertahan di media bernama Steemit ini walau bayaran yang saya dapat namun saya masih bertahan diantara ribuan penulis lainnya yang sudah meninggalkan dunia Steemit ini. Walaupun banyak media lain yang bisa dijadikan tempat untuk menyalurkan bakat menulis tapi Steemitlah yang pertama sekali membuat semangat untuk berlatih menulis.

Mudah-mudahan saya masih semangat dalam menulis walaupun menulis itu masih terasa susah bagi saya secara pribadi apalagi dalam mencari sebuah ide dan juga tanggungjawab terhadap apa yang kita tulis.

Bireuen, 6 Maret 2019


Regards

@albertjester

Sort:  

Thanks for using eSteem!
Your post has been voted as a part of eSteem encouragement program. Keep up the good work! Install Android, iOS Mobile app or Windows, Mac, Linux Surfer app, if you haven't already!
Learn more: https://esteem.app
Join our discord: https://discord.gg/8eHupPq

Coin Marketplace

STEEM 0.26
TRX 0.11
JST 0.033
BTC 63851.10
ETH 3059.36
USDT 1.00
SBD 3.85