Sosok Pak Razuardi Sang Pecinta Hobi

in #indonesia6 years ago (edited)

image


Photo di atas adalah Ir. Razuardi ST. MT seorang warga Bireuen yang saat ini menjabat sebagai Sekda Aceh Tamiang. Beliau adalah seorang teknokrat yang memiliki hobi melukis. Saya pernah berkesempatan mengunjungi rumah dinas beliau di Aceh Tamiang pada tahun 2015 yang lalu.

Ketika itu saya pergi ke Medan untuk menerima undangan pesta perkawinan seorang sahabat. Sepulang dari Medan saya berkesempatan mengunjungi seorang teman lainnya yang bekerja sebagai ajudan pak Razuardi. Dan saya pun singgah di rumah beliau. Sesampai di rumah kediaman beliau, kami pun disambut oleh pak Razuardi. Ketika bersalaman saya sempat kaget ketika beliau mengatakan, "wah ada seniman Bireuen datang. Silahkan masuk kawan". Beliau sangat ramah gumam saya dalam hati. Dan beliau menyuruh kawan saya yang merupakan ajudan beliau untuk membuat kopi. Saya dan beberapa kawan menikmati kopi didalam rumah kediaman pak Razuardi, tapi beliau tidak ikut karena melanjutkan hobi yang sangat disenanginya yaitu melukis. Pada saat itu saya melihat ke arah jam yang menunjukkan pukul 01.00 Wib dan beliau masih dengan menyibukkan tangannya mengalir di atas kanvas. Beliau sangat serius karena harus fokus pada saat melukis, sehingga saya dan kawan hanya bisa melihat dari ruangan belakang.

Setelah ngopi, saya beranjak ke kamar untuk beristirahat karena kami merencanakan untuk melanjutkan perjalanan pukul 04.00 Wib. Kami pun terbangun pada pukul 03.30 Wib dan langsung menuju kamar mandi untuk mencuci muka. Sebelum berangkat menuju Bireuen, saya mencoba memperhatikan beberapa gambar yang terpajang di dinding ruang tamu, ruang tengah dan ruang belakang. Dan ada beberapa coretan gambar menggunakan pensil di atas meja beliau. Beliau memiliki bakat melukis yang sangat hebat, terbukti dengan karya-karya beliau yang terpajang disetiap dinding ruangan rumah dinas beliau.

Setelah mengabadikan beberapa photo, kami pun melanjutkan perjalanan pulang ke Bireuen. Namun saat itu saya tidak sempat berpamitan dan mengucapkan terima kasih karena hari sudah sangat larut dan tentunya beliau sudah beristirahat.

Berikut ini saya lampirkan beberapa photo yang saya ambil di rumah beliau.


image


image


image


image


Satu hal yang dapat saya ambil dari beliau adalah sesukses apapun kita, hobi tetaplah hobi yang selalu kita sukai sampir akhir hayat. Dengan hobi juga kita dapat melampiaskan emosi, kegelisahan, rasa suntuk dan cinta. Semoga sosok pak Razuardi bisa memberika inspirasi dan motivasi kepada kita untuk terus mencintai hobi.

Bireuen, 10 juni 2018


Regards

@albertjester


image

Sort:  

lukisan yang bagus, dan menjadi karya sendiri

Beliau ini luar biasa. Birokrat seniman. Perpaduan yang kuat melahirkan karya nyata. Waktu pameran di rumah budaya Banda Aceh, kami ikut menonton dan berbincang panjang lebar. Sungguh birokrat yang terbuka. Semoga karyanya menginspirasi birokrat lain untuk sesekali santai menikmati indahnya hidup.

Saleum mameh @albertjester.

Kebanyakan kita waktu tua sudah melupakan hobi seni. Beliau menjadi sosok panutan yang mencintai seni hingga umur semakin tua.

Sosok bersahaja

You just received a Tier 0 upvote! Looking for bigger rewards? Click here and learn how to get them or visit us on Discord
If you would like to opt out of receiving comments reply with STOP

Congratulations @albertjester! You have completed some achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

You published a post every day of the week

Click on the badge to view your Board of Honor.
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

To support your work, I also upvoted your post!

Do you like SteemitBoard's project? Then Vote for its witness and get one more award!

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.11
JST 0.034
BTC 66137.63
ETH 3161.38
USDT 1.00
SBD 4.13