Awas..! Konfirmasi Penipuan Mengintai

in #indonesia6 years ago

image
Image source: @arcange

Sahabat steemian yang berbahagia.
Tadi malam ada sesuatu yang aneh saya rasakan saat memposting tulisan Aksara Gayo dimana ada satu komentar yang masuk dari seorang pemilik akun yang bernama @jackkky (0).

Dalam komentarnya dia mengatakan, ada seseorang yang telah mengambil postingan saya tanpa ada konfirmasi. Dalam komentar tersebut jackkky mengikut sertakan link orang yang melakukan pencurian tersebut. Sebenarnya saya sudah curiga, ini pasti bohong dan penipuan. Namun karena penasaran saya tetap ingin mengecek kebenaran informasi tersebut.
image

Dan ternyata benar. Seseorang yang memiliki akun atas nama @devant (52) telah mencomot foto Aksara Gayo yang ada dalam posringan saya dan mempublis kembali di akun yang bersangkutan. Hanya judul dan foto saja yang dibajak pemilik akun yang betfoto profil pria berambut gondrong tersebut.

Tetapi akun si @devant yang saya buka itu tsk bertahan lama, karena tiba-tiba pistingan itu meminta saya untuk loging alias masuk ulang dengan meminta nama akun dan passwodnya. Hal ini membuat kecurigaan saya makin menjadi-jadi dan segera menutup postingan tersebut.

Tapi karena penasaran, saya mencoba untuk membukanya kembali. Dan lagi-lagi setelah terbuka, tiba-tiba ia meminta saya login ulang. Lalu saya refres dan screnshot sebagai bukti telah terjadi pencurian foto.
image

Beberapa saat kemudian di kolom komentar pistingan saya itu, masuk satu komentar dari pemilik akun @arcange (70) dan mengatakan bahwa itu apa yang disampaikan @jackkky adalah konfirmasi penipuan. Saya diminta untuk tidak mengikuti perintah si jackkky dan mengelik apapun dari komentar si pemilik akun bergambar wanita berambut sebahu tersebut.

@arcange dalam komentar pemberitahuannya juga melampirkan link postingannya tentang confired scam atau konfirnadi penipuan tersebut. Bagi steemian yang ingin tahu tentang confired scam ini bisa baca tulisan @arcange Disini .
image

Dalam tulisan tersebut @arcange mengingatkan kita untuk jangan pernah memberikan kata sandi Anda pada tersangka atau situs web yang tidak dikenal !!. Karena banyak aksi penipuan yang kini mengincar kita para steemian. Banyak cara yang mereka (penipu) lalukan, diantaranya seolah-olah memberi tahu kita bahwa seseorang menyalin posting kita.

@arcange juga mengingatkan jika kita mengeklik tautan di komentar, maka kita akan dialihkan ke situs web palsu Steemit. Lalu setelah beberapa saat, halaman akan memudar dan popup akan muncul meminta kredensial kita. Bila kita memasukkan kredensial (ingat ini JANGAN LAKUKANNYA), kita akan dialihkan ke situs web steemit.com yang sesungguhnya.

"Tujuan dari pencipta situs web ini adalah untuk mencuri kredensial Anda untuk meretas akun dan dana Anda!," jelas @arcange dalam postingannya sambil menambahkan jika kita menemukan upaya phishing yang serupa, untuk segera menghubunginya di steem.chat.

Tentu apa yang saya alami ini adalah pelajaran berharga buat saya secara pribadi dan semoga juga bermanfaat bagi steemian semuanya untuk tetap berhati-hati jangan sampai akun dan wallet kita dibobol para pencuri.

Tentunya saya juga berterima kasih pada @arcange yang dengan cepar mengingatkan, hingga saya terhindar dari upaya pembobolan dan pencurian akun dan dompet steemit saya. Sekali lagi, terima kasih @arcange.

Sp Limong, 10 Agustus 2018
@catataniranda

Sort:  

Terimakasih informasinya @catatanirinda,,,

Keberuntungan masih berpihak pada anda ya bang @catataniranda

Beberapa bln yg lalu akun sy pernah dibajak entah oleh siapa dan 7 SBD saya dicairkan entah oleh siapa , password diganti jd sy ngga bisa buka akun Steemit sendiri, tetapi Alhamdulillah dgn bantuan dari pihak Steemit, hari ketiga akun saya bisa dibuka kembali

Iya.. San. Masih tertolong.
Waduh, ngak tau ya yang bobol akun @santiintan?

Iya saya ngga tau siapa pelakunya, tapi ya udahlah untungnya masih bisa dibuka lagi akun Steemit saya

Semoga kedepan tak terjadi lagi

Udah vote witness untuk arcange belum bang? Tulisan dia tentang phishing itu sekitar 2 minggu lalu dan saya belum pernah menemukan orang yg mengalaminya. Syukur lah.. terasah kali naluri konfirmasi A1 itu yaa😁. Tempo hari saya mau akses ke busy dan ulogs lewat steem connect. Biasanya cukup dgn posting key atau owner key.. eeh malah minta master key.. nggak jadi lah ☺ pake steemut atawa surfer aja udah aman.

Makin banyak aplikasi dan mata usng crypto, makin gigih para penipu berusaha mencuri akun kita.

Coin Marketplace

STEEM 0.31
TRX 0.11
JST 0.034
BTC 64060.81
ETH 3129.62
USDT 1.00
SBD 4.17