Menikmati Bangunan Lawas Di Kota Semarang.

in #indonesia6 years ago

IMG-20180607-WA0018.jpg

Ketika tidak ada kegiatan atau pekerjaan, saya lebih suka menghabiskan waktu dengan berkeliling kota Semarang. Semarang memang banyak meninggalkan cerita yang sayang untuk dilewatkan. Cerita di masa lalu yang sampai hari ini masih menimbulkan pertanyaan bagi penikmatnya. Penikmat sejarah pastinya. Saya sering mengikuti pergerakan dari kawan-kawan di group sejarah yang sering mengulas tentang suatu cerita dimasa lalu dari kota Semarang. Terkadang iri juga dengan kekepoan mereka terhadap misteri sejarah Semarang di masa lalu. Namun dari situlah saya belajar banyak hal tentang Semarang. Tentang ceritanya. Tentang misterinya.

IMG-20180607-WA0019.jpg

Melihat banyaknya bangunan-bangunan lawas yang mulai keropos dimakan usia namun tak disentuh oleh pemiliknya membuat saya berandai-andai. Andai ada uang banyak dan lebih, bolehlah saya beli 1 atau beberapa bangunan. Untuk diteruskan ceritanya. Diperbaiki sehingga bisa terpakai lagi. Saya masih ingat obrolan dengan Bung @yogifajri tentang bangunan-bangunan lawas ini. Kenapa mereka lebih memilih untuk membiarkan ambruk daripada harus memperbaiki. Logis sebenarnya alasannya, biayanya sangat mahal. Di satu sisi sangat disayangkan apabila bangunan itu ambruk atau malah sengaja diambrukkan. Tapi disisi yang lain, untuk melestarikannya pun bukan hal yang mudah. Perkara budget sudah bisa dipastikan.

IMG-20180607-WA0017.jpg

Saya sebagai orang yang awam mungkin akan melihat dari sudut yang “enak”. Hanya bisa bicara saja. Tapi dari sudut pandang pemilik, pasti yang dirasakan pusing tujuh keliling. Mereka harus berpikir keras untuk mempertahankan tapi secara kekuatan finansialnya juga terbatas. Dilema. Tapi saya percaya apapun pilihannya itu yang terbaik. Meskipun ada yang dikorbankan. Sekarang tinggal bagaimana mempertahankan bangunan-bangunan lawas yang masih ada ini dengan semaksimal mungkin. Sehingga cerita-cerita di masa lalu itu masih bisa dilanjutkan. Bukan hanya bukti cerita via digital tapi ada fisiknya. Bangunan yang nyata. Yang bisa dipegang dan dirasakan keberadaannya.

Melalui Steemit ini, saya berusaha mendokumentasikan sebanyak mungkin aset-aset bersejarah, bangunan-bangunan lawas yang hari ini masih bisa saya lihat dan saya temukan. Semoga dengan semakin banyaknya foto-foto yang saya upload melalui Steemit ini, dokumentasi tentang Semarang akan terjaga dengan baik. Itu yang bisa saya lakukan hari ini. Dengan kemampuan yang saya miliki. Semoga kedepannya cerita tentang Semarang ini akan terus berlanjut dan berlanjut. Meskipun hanya sedikit yang bisa saya kontribusikan.

IMG-20180607-WA0020.jpg

Bangunan-bangunan lawas ini mungkin tidak akan bertahan lama. Secara usia yang memang sudah sangat tua. Ini saatnya mendokumentasikan sebanyak mungkin untuk meneruskan ceritanya. Agar anak cucu kelak masih bisa menikmati kemegahannya sekalipun hanya melalui sebuah foto. Mungkin untuk bangunan yang sudah menemukan “adopter” tidak akan mengalami masalah. Seperti yang ada di Kota Lama Semarang saat ini. Beberapa bangunan sudah menemukan “adopter”nya. Bangunan-bangunan yang awalnya mangkrak dan seperti tak bertuan. Sekarang ini sudah banyak yang bersolek. Untuk keperluan resto, bank, kantor dan berbagai bangunan lainnya. Paling tidak bangunan-bangunan lawas itu seakan-akan “hidup” kembali dengan nyawanya yang kekinian.

Saya pun sampai saat ini masih merasa terkagum-kagum dengan foto-foto jadul dari kota Semarang yang saya temukan dari berbagai situs luar negeri. Semarang itu sudah keren sejak dulu kala. Mempunyai sejarah yang luar biasa. Bisa membayangkan di tengah kota ada Trem yang berjalan? Di Semarang sudah ada sejak jaman dulu. Hal itu pula yang membuat saya semakin kepo dengan sejarah kota Semarang.

IMG-20180607-WA0021.jpg

..

Terimakasih Steemian yang sudah meluangkan waktu berkunjung dan membaca tulisan ini.

Silakan FOLLOW saya >> @fesbukan,
boleh sekali apabila ingin Upvote
dan tentu saja boleh banget di-resteem.. :D

Terima kasih kepada Komunitas Steemit Indonesia
Terima Kasih kepada para Kurator Indonesia @aiqabrago dan @levycore

dan juga untuk Kawan-kawan Steemian di Semarang..

Terima kasih untuk @doyanphotography, @ririn, @rkb, @prenjana, @donikudjo, @aidasania, @patriciadian, @musikindonesia, @agungpriambodo, @mayorita

Mari Mengeksplorasi Lebih Lagi..!

Sort:  

Kota tua yg bersejarah

Btw sudah brp thn umur kota Semarang mas @fesbukan ?

471 Tahun Mbak.. 2 Mei Kemarin :)

You just received a Tier 0 upvote! Looking for bigger rewards? Click here and learn how to get them or visit us on Discord
If you would like to opt out of receiving comments reply with STOP

Coin Marketplace

STEEM 0.26
TRX 0.11
JST 0.033
BTC 64014.44
ETH 3064.06
USDT 1.00
SBD 3.86