Pentingnya Quality Control Sebelum Memposting

in #indonesia6 years ago

Saya tidak yakin bahwa bila kata dasar "posting" bertemu imbuhan berupa awalan me- penyebutan huruf "p" akan berubah atau tetap. Saya butuh pendapat dari guru bahas indonesia untuk mendiskusika masalah ini.

Bila saya bertanya kpada teman-tema, adakah kesalahan pengetikan yang saya buat sebelum kalimat tanya ini?
Tidak usah menahan diri, manusiawi kok bila menemukan kesalah orang lain lebih midah dibandingkan dengan kesalahan diri sendiri.


Saya, bg @aiqabrago, @iqbalhood, dan bg @kemal13 saat meet up di Medan. Foto diabadikan oleh @elvizakiyah

Itulah pentingnya Quality Control, sosok yang kita percayakan untuk menemukan kesalahan ejaan dan tata cara penulisan kata menjadi kalimat, kalimat menjadi paragraf, paragraf menjadi suatu tulisan panjang berisi foto pendukung yang kita sebut postingan. Meskipun, postingan di Steemit tidak melulu hanya sebatas tulisan, bisa juga fotografi, lukisan, video dan rekaman suara, tetapi kita tetap butuh saran demi perbaikan.

Pernah dulu bg @ayijufridar, salah satu steemian senior, berkata kepada saya "sebelum memposting, saya baca ulang. Untuk mencegah terjadinya salah ketik, saya pake tools (mungkin sejenis aplikasi yang mencegah kesalahan pengetikan kata), lalu fotonya saya edit dulu".


Saya bersama bg @ayijufridar, steemian yang sangat detail dengan isi postingan

"Bahasa inggrisnya juga saya percayakan dengan @bahagia-arbi dan @teukukemalfasya supaya grammarnya tidak berantakan", begitu sambungnya.

Jadi saya sempat terpikir, kalau sosok yang sudah sangat berpengalaman di dunia jurnalis saja memperhatikan kualitas penulisannya sedetil itu, kenapa kita tidak mencoba juga?
Bukankah penerapan hal ini dapat mengembangkan kualitas postingan kita juga?


Saya beserta bg @abduhawab dan bg @bahagia-arbi, Steemian yang konsisten membuat postingan berkualitas

Jangan tersinggung teman, tapi memang kita masih perlu belajar banyak tentang memposting. Mulai dari ide, penyusunan kalimat menjadi paragraf, kesesuaian kalimat penyambung paragraf, keklimaksan postingan, hingga tanda baca yang kerapkali kita sepelekan.

Bila teman-teman tanpa sengaja membaca tulisan saya ini sampai habis, bolehkan saya minta tolong menghitung berapa kata yang sengaja saya tulis salah di awal postingan ini?

Kalau sudah, sekarang biar adil coba teman-teman cek postingan masing-masing. Apakah tanpa sengaja masih melakukan kesalahan penulisan?

Postingan ini hanya sekedar membenarkan bahwa manusia yang merupakan mahluk tempat bernaungnya khilaf dan lupa sangat butuh Quality Control. Entah itu karena postingan di Steemit, atau pun di dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun kala itu, bg @ayijufridar tidak langsung mengatakan istilah Quality Control ini.

Terima kasih sudah mampir.
Salam pendidik.

Sort:  

Postingan ini begitu merakyat. Tahu betul persoalan ummat Steemit.

Banyak nian memang steemian yang lupa memeriksa tulisannya ketika mau buat postingan, yang awalnya sudah benar, tapi setelah di-posting berubah jadi kacau. Sebenarnya hal ini terjadi akibat dari perobahan ejaan di keyboard ketika kita menyelesaikan tulisan, seringkali kata atau kalimat yang sudah kita ketik berubah struktur dari yang kita buat semula

Iyaaa bg, kebanyakan dari kita melewatkan pemeriksaan utk kedua kali. Hanya masalah kebiasaan aja kok.

Hanya 4 yang salah ketik sepertinya bang @jamanfahmi

Maaf kalau saya salah hitung 😊

Lebih dr 4 kak, hayo coba lg :)

Iya betul lebih dari empat 😁

Ediit.., banyak salah.. 😁😁

Kan judulnya sengaja 😛

Hehehe asik-asik pembahasannya...

Untuk kata Posting itu sendiri sepengetahuan Saya bukanlah kata baku dalam Bahasa Indonesia. Ia merupakan kata asing (Inggris).

Sehingga jika ingin memberikan imbuhan di depannya maka dirangkaikan sebuah tanda penghubung antara imbuhan dengan kata asing tersebut.

Menjadi: mem-posting

Imbuhan 'me' menjadi 'mem' dikarenakan huruf pertama dari kata asing tersebut adalah huruf P

Demikian brader. yang awak ingat dulu sewaktu sekolah, bisa aja salah sih. hehe

Makanya di awal saya blg "tidak yakin" bg.
Mantap penjelasannya, abg keknya sangat berhati2 dlm memilih referensi info ttt. Saluuuut buat abg... 👍👍👍

Ente bisa memprediksi dan menentukan sebuah kesimpulan dengan akurasi di atas 80%. Sip markosip malah. :)

Inilah generasi penerus yang tulisannya enak dibaca dan mengedepankan kualitas
Saya harus banyak belajar
Terima kasih ilmunya bang

Ahaha...
Kakak yg lbh hebat, jago mbagi waktu antara menjadi seorang bunda sekaligus emak2 blogger 😁

Saya juga sangat sering mengalaminya, bahkan setelah saya periksa sampai dua kali, masih ada juga kesalahan ketikan. Sedapatnya saya perbaiki. Untungnya kita punya waktu 7 hari.

Iyaa bg, tapi jangan lupa klw kita mengedit postingan, itu akan mengurangi jatah komen ke postingan org lain karena SP masih kecil...

Wah orang Medan ya ternyata. Semangat terus untuk memposting dan memamg penting sekali teliti mengedit sebelum menekan tombol posting.

Bisa dibilang begitu la hehehe.
Yuk sama2 melatih ketelitian dalam mengetik tulisan :)

Coin Marketplace

STEEM 0.35
TRX 0.12
JST 0.040
BTC 70638.80
ETH 3565.34
USDT 1.00
SBD 4.73