M2B | Maju, Mampu, Bisa !

in #indonesia5 years ago (edited)

Umur saya saat ini 21 tahun, saya terlahir dari keluarga yang sangat miskin. Karena saya miskin, orang tua saya tidak bisa membiayai saya untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah. Meskipun begitu saya tidak ingin berdiam diri, dan akhirnya di tahun 2015, setelah lulus SMA, saya merantau ke sebuah kota kecil.
![image]()
[Source](webhostingservices2014.blogspot.com/2016/08/selagi-masih-muda-merantau-lah-sejauh_27.html?m=1)

Di situ saya mencari pekerjaan, dan mengantar pizza, juga pernah kerja sebagai tukang parkir di bank. Kemudian juga saya pernah bekerja sebagai petugas kebersihan, dan terakhir saya bekerja di cleaning service di sebuah sekolah. Pekerjaan kasar yang saya jalani membuat saya memiliki banyak sekali teman, yang akhirnya hilang. Saya di jauhi, bahkan di tinggalkan pacar.

Saya berusaha sangat sabar selama 3 tahun, berjuang supaya bisa kuliah. Akhirnya tahun ini saya sudah bisa merasakan yang namanya pendidikan di bangku kuliah. Suatu cita-cita yang sangat sulit saya wujudkan, dan bagi sebagian orang, kuliah bukanlah cita-cita. Tapi bagi saya kuliah adalah suatu mimpi besar, tapi ketika saya kuliah, masih saja ada orang yang menakut-nakuti saya, dan bilang saya akan gagal.

Saya akan gagal di tengah jalan, tapi saya merasa bahwa sesulit apapun masalah saya ke depan, saya percaya Tuhan akan selalu membuka jalan. Sampai sejauh ini, saya masih bisa membiayai kuliah saya sendiri, dan sudah berhenti meminta biaya dari orang tua. Dan itulah kekuatan mimpi yang membuat saya bisa seperti sekarang, dan ketika saya mengingat perjuangan saya di titik terendah.

Dari petugas kebersihan, pengantar pizza, hingga cleaning service, saya sungguh tidak percaya bahwa saya bisa melalui semua itu. Karena kekuatan mimpi, kekuatan mimpi yang ada di hati saya, itulah mimpi saya yang akhirnya terwujud. Dan saya tidak pernah merasa terlambat kuliah, karena Tuhan memberikan pelajaran berarti di titik terendah perjuangan saya. Dan saya bisa bangkit dari keterpurukan, dan itulah saya buktikan dalam hidup saya.


image
Source

Nah, itu tadi kisah perjuangan inspiratif dari teman saya, yang bernama Azmi, itu kisahnya di ceritakan, atau dia curhat ke saya semalam lewat via WhatsApp. Saya yakin, pasti sebagian dari anda bertanya, "Apa hubungannya kisah Azmi dengan kita" ? Ya, pasti ada lah, untuk selengkapnya saya akan membahasnya dulu, perhatikan dan simak baik-baik, mudah-mudahan ada intisari, atau pesan moral yang bisa kita ambil, dari kisah Azmi.

Baiklah ! Ya, jadi kalau pelajaran dari kisah teman saya tadi adalah, gengsi kita tidak akan membuat kita kaya, tapi kalau kita kaya, kita pasti bergengsi. Kalau saya boleh sharing bahwa ketika kita lagi berjuang, orang-orang akan mencibir kita, tetapi ketika kita nanti sukses, mereka akan bilang, "Itu dulu teman nyontek saya", misalnya gitu ya? Itu sudah terbukti.

Jadi semua orang sukses pada saat mereka dalam proses berjuang, di cibir dan lain sebagainya. Tapi misalnya kalau mereka sudah sukses, ya pada saat di posting fotonya, atau apa, mereka bilang, "Saya dulu satu bangku sama dia". Jadi pesan saya buat Azmi, tetap semangat, dan saya yakin dengan mental seperti saat ini, menggaransi bahkan, 5-10 tahun pasti sukses.

Ya, memang bukan sejuta potensi, lalu gunakan untuk sesuatu yang berarti. Teruslah berkarya dan bersama membangun bangsa Steemit, untuk sama-sama meraih sukses. Berikut saya akan bagikan 3 tips :

  • Yang pertama, "Kemauan". kemauan adalah modal dasar kesuksesan, kemauan bisa menciptakan peluang, kemauan bisa menumbuhkan rasa terpendam. Karena dalam kemauan terdapat semangat dan juga keberanian.

  • Yang kedua, "Mampu". Salah satu tanggung jawab kita terhadap hidup adalah terus tumbuh, bisa menggali potensi, dan memampukan diri.

  • Dan yang ketiga, "Maju". Jangan lagi menunda, jangan lagi membuang waktu, jangan pula anda merasa ragu dalam mengambil langkah untuk maju. Hidup itu harus kita maksimalkan, bukan kita sia-siakan.

Kalau mau maju, maka majulah, walaupun banyak hambatan yang bikin anda stress. Percayalah tidak ada jalan lain meraih sukses, selain melewati yang namanya proses, Oke.👌

Semoga bermanfa'at, Salam Steemian Indonesia💫

~Keep Writing~

image

Salam Sahabat Inspiratif

Coin Marketplace

STEEM 0.26
TRX 0.11
JST 0.033
BTC 63869.25
ETH 3055.04
USDT 1.00
SBD 3.88