Peran Polri Dalam Mengayomi Masyarakat

in #indonesia5 years ago (edited)

Baiklah ! Bicara tentang polisi, dari kecil, orang tua saya selalu menakut-nakuti saya pakek polisi. Akhirnya buat saya itu polisi adalah sosok yang sangat menakutkan. Misalnya, "Ayo, kamu mau nggak pipis dulu, jangan pipis di celana, nanti ibu bilangin sama polisi, biar di tangkap".
![image]()
[Source](https://m.medcom.id/jawa-tengah/peristiwa-jateng/nbw7QYJb-polisi-solo-siaga-pasca-serangan-mapolda-riau)

Banyak orang tua seperti itu kan ? Terus kalau saya pas masih kecil, mandi sore, saya nggak mau pakai baju, lari-lari, terus ibu saya bilang, "Ayo, kamu pakai baju, kalau telanjang, ibu panggil polisi, ibu suruh tangkap". Saya kalau lagi nyetir, walaupun saya tau surat-surat saya lengkap semuanya, tapi tetap kalau ketemu polisi, badan saya bergetar.

Intinya selama lebih dari 20 tahun, saya benar-benar memiliki imej yang takut gitu sama polisi. Tapi semua itu berubah sejak saya kenal dengan polwan cantik yang satu ini. Dan sekarang saya lagi berusaha untuk merubah imej trauma saya dengan polisi. Makanya menurut saya orang tua jangan menakut-nakuti anaknya dengan polisi, akhirnya memang imej itulah yang membentuk dan itu akan menjadi sebuah trauma, bukan hanya polisi, untuk lain-lainnya jangan menakut-nakuti anak dengan apapun juga.


image
Source

Selanjutnya saya akan kasih tau bahwa, saya tau banget soal polwan. Ada enam polwan pertama di Indonesia itu lahir pada 1 September 1948 di kota Bukit Tinggi, Sumatera Barat. Dan syarat penting jadi polwan, bukan hanya harus pintar dan sehat, tapi dari mulai mendaftar sudah di lihat tinggi minimal 166 cm, dengan berat 56 kg.

Dan selanjutnya polwan itu memberi efek kepada saya, pertama Briptu Ebka. Saya selalu pengen bikin SIM (Surat izin mencintai) kalau lihat Briptu Ebka. Lalu juga ada Brigadir Dara, saya selalu ingin di borgol oleh Brigadir Dara, biar bisa selalu dekat dengannya😂


image
Source

Ada juga yang terakhir itu namanya Bribda Inggrid, saya itu rasanya ingin di tilang sama dia, maksud saya meniti langkah bersama, tetapi saya memang pengagum dari polwan. Kemudian polisi ada kepanjangannya, berikut akan saya sebutkan :

  • Yang pertama P : Penegak hukum

  • Yang kedua O: Owhh penegak hukum

  • Yang ketiga L: Luas wawasannya

  • Yang ke empat I: Ihhh luas wawasannya

  • Yang ke lima S: Sahabat masyarakat

  • Yang ke enam I: Itulah kepanjangan dari polisi

Akhir-akhir ini tampilan polisi sangat ramah, jauh dari rasa angker, maksudnya tidak menyeramkan. Jadi kita lihat polisi sekarang dan dulu itu berbeda. Polisi itu dari dulu sangat visioner ternyata, terutama di bidang pariwisata. Polisi itu sangat visioner akhir-akhir ini, banyak investor yang membangun hotel dan resort.

Polisi dari dulu sudah membangun resort ternyata, contoh seperti resort Bekasi, resort Depok. Dalam era teknologi informasi yang maju sekarang ini ternyata berdampak juga pada peningkatan jumlah wanita yang datang ke kantor polisi. Ada buktinya, saya contohnya, kemarin saya dapat sms, yang isinya, "Tolong kirim pulsa, mama sedang di kantor polisi". Mama itu laki-laki atau perempuan ? Perempuan kan, berarti banyak perempuan yang datang ke kantor polisi, meski itu modus.


image
Source
Kan sekarang orang suka menipu, segala macam. Nah kemudian kalau dulu ada komik, atau karikatur sosial polisi, itu sering di gambarkan sedang menangkap maling. Harusnya paradigma ini di ubah, karena polisi itu bukan yang terpenting menangkap maling, tapi menangkap apa yang di butuhkan masyarakat. Rasionya atau perbandingannya adalah satu berbanding tiga ratus. Artinya satu polisi melindungi tiga ratus masyarakat.

Jadi saya sudah jalan kemana-mana, dan tiap negara punya panggilan berbeda-beda jika membutuhkan bantuan polisi. Misalnya di negara yang berbahasa Inggris, atau Amerika. Misalnya ada kejadian apapun, "Call the police", panggil polisi, ya kan ? Di Jerman lain lagi sebutan yaitu, "Rufthele police call", please call the police. Nah di India beda lagi, "Polis vijay de bell", karena yang paling terkenal di sana Inspektur Vijay.


image
Source

Jadi di India kalau ada kejadian, mereka biasanya memanggil, polis vijay de bell. Kalau nggak, itu masih nehi-nehi, tetap ya ? Kemudian di China di kampung halamannya Jet Lie, itu kalau memanggil polisi, "Cing cong ling polici. Yang seru kalau di Jepang, kalau di Jepang ya, kalau misalnya memanggil polisi, biasanya, orang naik ke atas gedung, terus berteriak, "Sing sho ku saberian", itu langsung polisi datang.

Nah itu beda-beda cara manggil polisi di setiap negara. Tapi saya perhatikan disini, para Steemian berpotensi jadi anggota Polri ternyata. @ayijufridar, memiliki postur tubuh atlestis, gagah, tinggi dan ideal, tatapannya berwibawa, beliau pantas menjadi polantas bagian patwal.


image
Source

Yang kedua, bang @abduhawab, terkenal dengan cara berpikirnya yang cepat, praktis, kreatif. Tidak pernah salah sasaran dalam membidik objek saat menjepret, dan sangat teliti dalam hal apapun. Hal seperti itu perlu di miliki oleh seorang anggota jihadak dari brimob. bang @abduhawab cocok banget jadi penjinak bom, atau brimob.

Berikutnya @anggreklestari boleh berdiri, orangnya cerdas, juga sebagai penulis novel, tata bahasanya tertata dengan rapi, narasinya bagus, followernya banyak, dia layak menjadi anak binaan dari Jendral polri di Humas, atau di NTMC.

Selanjutnya ada bang @levycore , orang pemberani, cerdas dan tangguh seperti bang @levycore, berani mengambil resiko, berhak dan layak bergabung sebagai anggota reserse, tidak takut menghadapi apapun.


image
Source

Lalu kemudian ada @syahri, yang juga merupakan guru pembimbing saya, meski dia sudah lama vakum di Steemit, dia justru paling hebat menurut saya. Sudah banyak organ tubuhnya yang tidak asli, dengan kegagahannya ini, @syahri layak di tempatkan sebagai Robocob.

Berikutnya ada @munawar01, walaupun sudah lama tak lagi terlihat eksistensinya di Steemit, karena lupa kata sandi, tapi dia sangat mahir berubah secepat kilat. @munawar01 memiliki keahlian dalam menyamar, pandai berkamuflase, dia cocok menjadi anggota intel.

Balik lagi ke inti topik bahasan, bicara tentang polisi, kita harus tau sejarahnya. Tau kah anda bhayangkara itu darimana asalnya ? Baik, akan saya jelaskan terlebih dulu sejarah singkatnya. Dulu jaman Majapahit, gajah mada itu membentuk pasukan yang memang untuk memberikan pengamanan pada raja dan kerajaan, itu disebut Bhayangkara. Tapi kita harus tau, ternyata sebelum ada polisi, di mana pun itu sejarahnya itu terlahir bayi semua. Intinya begini, untuk menjadi polisi itu bukan hal yang gampang, dan ketika sudah jadi polisi pun itu tugasnya tidaklah ringan.

Jadi sesuai dengan tugas-tugas polisi, dan kita sebagai masyarakat ini juga harus menghargai polisi, sebagai pengayomi kita, melayani kita, ya kan ? Karena syaratnya nggak gampang. Polri adalah milik bangsa Indonesia, berkaitan dengan kepolisian republik Indonesia, sekedar mengingatkan, di lambang polisi ada kalimat Rastra Sewakottama, yang berarti polisi abdi utama nusa dan bangsa. Sebagai konklusi penutup postingan, polisi akan selalu ada di hati rakyat, apabila polisi senantiasa menggunakan senjata yang paling utama untuk melayani rakyat, yaitu keikhlasan hati, jangan sampai polisi bisa di beli.

Nah demikianlah postingan saya hari ini, mohon ma'af bagi yang namanya saya sebut dalam postingan ini, moga-moga ada manfa'at yang di dapat. Sampai jumpa di postingan yang akan datang, Insya Allah, Salam Steemian Indonesia

Teruslah Berkarya

~Keep Writing~

image

Salam Sahabat Inspiratif

Sort:  

Kreatif, kreatif untuk seru seruan saat harga steem sedang rendah ya.

Hehe, iya. makasih friend, biar harga steem sedang layu, tapi kita harus tetap semangat ya
Semoga terhibur😊

Kirain apaan. Tapi bagus juga susunan katanya👍

Posted using Partiko Android

Terimakasih kawan😃

Thanks for using eSteem!
Your post has been voted as a part of eSteem encouragement program. Keep up the good work! Install Android, iOS Mobile app or Windows, Mac, Linux Surfer app, if you haven't already!
Learn more: https://esteem.app
Join our discord: https://discord.gg/8eHupPq

Coin Marketplace

STEEM 0.32
TRX 0.12
JST 0.034
BTC 64647.93
ETH 3160.25
USDT 1.00
SBD 4.09