Steemit Bukan Sosmed Biasa# Melawan Bingung Untuk Bertahan Di Steemit

in #indonesia6 years ago (edited)

Halo semua ! Bagaimana kabar anda hari ini ? Saya berharap anda semua dalam keadaan sehat, tanpa kurang satu apapun. Jujur, Saya terinspirasi sekali, setelah bergabung dengan Steemit, sejak akhir Desember 2017. Seperti yang kita ketahui bersama, Steemit adalah wadah raksasa untuk kita sharing cerita, dan berbagi informasi penting lainnya, tentunya informasi yang berkualitas, dan bermanfa'at.


image

Steemit juga merupakan tempat yang tepat untuk saya dalam berinvestasi. Dan sekarang, beberapa hari yang lalu, atau minggu yang lalu, saya mendengar ada beberapa Steemian yang hengkang dari Steeemit, dan mencari peruntungan ditempat lain. Dan saya dengar, ada beberapa yang mulai betah disana.

katanya sih lebih mudah dan menguntungkan, karena mereka nggak perlu capek-capek dan menghabiskan waktu hingga berjam-jam untuk menulis dan hasil yang diperolehpun belum tentu sesuai dengan usaha yang tadi mereka lakukan saat menulis, itupun hanya untuk satu postingan perhari.

Lalu Yang mana menguntungkan disana ? saya juga nggak tau mungkin karena berita tersebut belum viral, seperti kasusnya sibocah bau kencur bowo, karena zaman sekarang, gampang sekali untuk ngetop, kamu cukup bermodalkan handphone canggih, plus paket data, lalu mulailah gila-gilaan, kamu bakal ngetop.


image
Source

Baiklah, kita balik lagi kepembahasan tadi. dalam menghadapi era masyarakat ekonomi, jadi banyak yang bingung, harusnya ada potensi, tapi justru sebagian dari kita pada bingung ini banyak yang yang bertanya-tanya, apa yang harus dilakukan khusus sebagai Steemian ?

Menurut saya, ada beberapa angle, sudut pandang. Satu, sebagai Steemian, sebagai seorang Steemian, kita punya keyakinan, semakin hari, semakin banyak, yang muncul, karena sekarang eranya sosmed, dan kelak suatu hari, persaingan makin ketat.

Saya punya keyakinan ini adalah gelombang, ada yang keluar, ada yang masuk, dan sebaliknya ada yang masuk, ada yang keluar, bolak-balik seperti itu. Jadi kalau kita punya keyakinan, bahwa nanti kalau semuanya sudah membaik, situasi membaik, karena potensial Steemit begitu luar biasa.

Berarti ini hanya satu gejolak sementara. Nah, kalau ini hanya satu gejolak sementara, yang kita punya keyakinan, bahwa kedepannya, akan ada perubahan, yang bukan lagi berarti kita justru tidak patah semangat. Tetapi mempersiapkan diri, mempersiapkan tim kita, mempersiapkan kualitas kita, sehingga kelak kalau datang persaingan yang masuk, Steemit jadi pilihan nomor satu.


image

Jadi ini bukan satu ancaman, tapi peluang. Jadi kita harus punya nilai ekstra, kita tidak boleh hanya mengerti tugas kita, kita harus buktikan, bahwa kita harus bisa bertahan disini. Melakukan ini, melakukan itu, mengetik ini, mengetik itu.

Terkadang disaat saya berada disituasi yang bingung, saya selalu ingat pesan ini, ada 3 hal yang menjadi pertimbangan :

  • Pertama Yang saya lakukan adalah, melihat kebelakang, apakah dulu sudah pernah dihadapkan dengan situasi kebingungan yang sama. Belajar dari orang-orang yang yang sudah pernah mengalami juga.

  • Yang kedua, Melihat kedepan, apa yang terjadi setelah saya mengambil keputusan itu, dalam waktu menit, bulan, dan tahun, lalu lihat konsekuensinya.

  • Dan yang ketiga : Melihat dari atas, atau helikopter view (Sebuah istilah yang sering digunakan didunia bisnis dan manajemen). Apapun itu pilihan saya, tanggung jawab saya.

Saya setuju sekali, jadi bingung ini, bisa kita sikapi beberapa cara. Satu, sikap kita terhadap situasi. Segala sesuatu ada ancaman, ada peluang. Dan kalau kita lihat dari sudut pandang, yang peluang kita akan maju, pasti akan maju. Kedua, saya kasih analogi, misalkan, kita mau kewilayah yang baru, ada baiknya kita ada orang yang mendampingi kita. Ya, jadi kebingungan kita akan jauh lebih berkurang, kalau kita dibimbing oleh orang yang sudah mahir, orang-orang yang sudah berpengalaman.


image
Source

Dan ketiga, pasti ditengah-tengah itu ada rasa takut. Dan dengan analogi Roller Coaster, salah satu cara untuk mengatasi rasa takut adalah justru, menghadapi rasa takut itu. Lakukan....lakukan...lakukan ❗ sehingga tadi takut jadi biasa, dari biasa jadi mahir.

Untuk mengambil keputusan, supaya tidak bingung, kita perlu untuk menenangkan perasaan. Saya biasa ikuti kata-kata ini, saat sebelum membuat keputusan :

"Demi kebahagiaanku.... demi masa depanku...aku ingin kuasai perasaanku... Agar pikiranku jernih....duhai..... perasaanku.....kamu harus tenang.....kamu harus rileks....aku yakin aku mampu....karena aku adalah penguasa atas perasaanku...dan aku yakin ketika aku sudah bisa menguasai perasaanku....keputusan-keputusan dalam hidupku....adalah keputusan yang terbaik....untuk masa depanku. Anda bisa saya bisa, bersama Steemit kita bisa melangkah maju 💪".

Dan inilah catatan inspirasi saya, malam ini, sebelum menutup postingan ini .

"Hidup adalah pilihan, dimana didalamnya penuh dengan keputusan yang harus dibuat. Ketika bingung menghampiri, jangan hanya diam dintara banyak pilihan, tapi hadapilah dengan ketenangan hati dan pikiran yang jernih. Percayalah bingung tidak akan ada, jika Tuhan tidak berencana. Yakinlah bahwa bingung adalah awal kesuksesan anda menjadi nyata. Ambil keputusan dan jalani dengan tenang. Seorang Steemian sejati tidak akan takut menghadapi pilihan. karena dia tau, apapun yang terjadi, akan selalu ada jalan".

** "Harapan adalah, kenyataan yang paling nyata. Jika kau percaya, harapan itu akan menjadi nyata". (Bill Gates_pemilik microsoft)**

Demikianlah postingan saya malam ini, moga-moga ada manfa'at yang didapat. Kita jumpa lagi dikesempatan berikutnya, InsyaAllah.

~Keep Writing~

image

Salam Sahabat Inspiratif

Sort:  

Congratulations @midiagam! You have completed the following achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

Award for the number of upvotes received

Click on the badge to view your Board of Honor.
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

To support your work, I also upvoted your post!

Do not miss the last post from @steemitboard:
SteemitBoard World Cup Contest - Semi Finals - Day 1


Participate in the SteemitBoard World Cup Contest!
Collect World Cup badges and win free SBD
Support the Gold Sponsors of the contest: @good-karma and @lukestokes


Do you like SteemitBoard's project? Then Vote for its witness and get one more award!

Coin Marketplace

STEEM 0.35
TRX 0.12
JST 0.040
BTC 70734.57
ETH 3561.52
USDT 1.00
SBD 4.75