Kepingan Kecil Dari kemaharajaan Semesta; Maafkan Khilaf Dan Dosa

in #indonesia6 years ago

Aku meminta kepada Rabbku Yang Maha Pengasih untuk mengasihiku, sementara aku sendiri membenci yang lain. Aku memohon kepada Rabbku yang Maha Pengampun untuk mengampuniku, tapi orang lain minta maaf, aku acuhkan dan memendam dendam. Aku meminta kepada Penciptaku agar selalu bisa hidup sehat, tapi justru seringkali aku menjadi penyebab yang membuat orang lain sakit hati. Manusia macam apakah aku ini? Na'uzubillah summa na'uzubillah.

self-knowledge-2817857_960_720.jpg
Sumber foto

Dan semestinya juga diri ini menyadari, bahwa terlampau penuh dengan ketidaksempurnaan serta kesalahan atau kekhilafan yang terus diulangi dari waktu ke waktu. Akan tetapi, ketidaksempurnaan itu justru kian mempertegas satu hal; bahwa diri ini hanyalah seorang manusia biasa, setitik noktah dalam debu semesta dan sejarah yang mudah tersaput angin dan terlempar debu-debu peradaban.

Diri ini hanya kepingan amat kecil dari kebesaran dan kemaharajaan Pemilik Semesta. Diri ini bergelimang dosa, namun menancapkan niat untuk bisa membenahi diri setapak demi setapak yang barangkali amat jauh dari pencapaian manusia-manusia besar yang pernah melangkahkan kaki di pasir perjalanan waktu.

earth-1971580_960_720.jpg
Sumber foto

Sekali lagi, barangkali kesalahan atau kekhilafan tidak saja di terjemahkan dalam bentuk kata, sikap, maupun ucapan, namun pikiran juga barangkali turut berpartisipasi mendorong timbulnya kesalahan atau kekhilafan.

Tak cukup juga waktu untuk mengulas semua salah dan khilaf. Hanya kata mohon maaf sebesar-besarnya baik lahir dan bathin buat seluruh sahabat, bapak/ibu, abang/mas/kanda/polem, kakak/ mbakyu/yunda/cuda/cupo, dan Stemian semuanya.

anonymous-657195_960_720.jpg
Sumber foto

Semoga Ramadhan kali ini menjadi titian langkah untuk menuju ke arah yang lebih baik. Baik secara ritual maupun secara sosial.

Meski cukup sadar bahwa kita memiliki perbedaan yang substantif baik suku, ras, agama, gegorafis, keyakinan, ide, gagasan, perpektif, asumsi dan lain sebagainya, namun karena perbedaan itulah kita bersatu dalam wahana Indonesia dalam satu Ideologi yakni Pancasila... salam Komunitas Steemit Indonesia.
@munawar87.png


Tetesan air saja mampu melubangi batu, bagaimana mungkin guyuran nasehat tak mampu melunakkan hatiku yang beku.

Teruslah menasehatiku...!!!


Created by: @munawar87/Munawar Iskandar
Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat
Anggota KSI Chapter Pidie

KSI Pidie.jpg


Sungguh indah, kita dipertemukan dan dipersatukan dalam komunitas yang saling mengingatkan dalam kebenaran dan kesabaran.

DQmQ8KXVkx7PjTmS2b8JwEModkPr8hC3o7Qg2z8uimMGmae.gif


Salam Kompak Komunitas Steemit Indonesia

IMG-20180320-WA0006.jpg

Semoga Tali Silaturrahmi Ini Terajut Menjadi Sebuah Ikatan Persaudaraan Yang Saling Memberdayakan

Sort:  

Alhamdulillah, masih diberikan kesempatan bertemu dengan Ramadhan. Dilingkunganku bbrp minggu ini intens sekali pengumuman wafat. Yang kubayangkan adalah keberuntunganku jika bertemu terus dengan Ramadhan, sehingga bisa lah kuperbaiki yang salah, kutambahi yang kurang, dengan lebih intens.. Semoga kita selalu berada dalam keadaan Muslim

Hamdallah wa syukralillah masih dapat menghirup udara keimanan. Semoga puasa kali membawa keberkahan bagi setiap insan yang menunaikannya. Amin.

Amin semoga kita saling memaafkan apalagi kita sering bertemu walau di dunia Maya,semoga kita bisa menyambut bulan suci Ramadhan dengan hati yang bersih

Salam Ramadhan untukmu yang akan menjalani masa lapar & dahaga, yang mencari berkah & bekal keselamatan. Beribu doa ikhlas terlantunkan, semoga dibukakan semua jalan. Selamat menempuh pendakian taqwa dibulan Ramadhan, semoga pencapaian mahkota Taqwa berhasil didapatkan. Allahumma amin ya Rabbal 'alamin.. amin amin ya mujibassailin.

satu kataku salah kpd org lain sllu ku instropeksi diri
tp bola ribuan kt ku benar trhdp otg lain aku usahkn unyuk mlupaknnya ...mka mfkn lh daku kdg stiap coment ku ada yg yk berkenn d hti mu dan ini bkn skedar ucpn tp yg dtg dr kalbu ku...slm persahbtn sllu mengiringi kt

Aku sudah memaafkanmu jauh sebelum kata maaf lembut kau ucap
Kau tahu kenapa aduen @fauzan11?
Karena memaafkan itu indah dan aku selalu ingin menggenggam keindahan itu di relung hati serta disetiap deru napasku. Aseekk hihi

Alhmdllh....aku ign berteman dgn org pandai krn aku msh bodoh aku mau berkawn dgn org baik sbb aku msh bnyk kkurangn dan aku suka brsahabt dgn org bijak mudh mudhan aku bs mniru tp khendk tak bs ku tolak klo aku mau jd sperti mu .....haaaaa canda ringn tk apa kn?
@M87 ada ikut kontes fajri66?

Dan lebih tetapnya saling belajar, karena setiap orang adalah guru, dan kehidupan adalah univertasnya.

Tidak, karena saya dalam hal itu kurang update.

Dua kutipan yang ditebalkan membuktikan bila kita selalu dipenuhi dengan segala kekurangan. Itulah indahnya manusia, selalu saja ada bagian yang mesti disempurnakan.
Semoga momentum ramadhan mampu kita maksimalkan untuk memperbaiki diri kita @munawar87

Salam Ramadhan untuk brother @lamkote yang akan menjalani masa lapar & dahaga, yang mencari berkah & bekal keselamatan. Beribu doa ikhlas terlantunkan, semoga dibukakan semua jalan. Selamat menempuh pendakian taqwa dibulan Ramadhan, semoga pencapaian mahkota Taqwa berhasil didapatkan. Allahumma amin ya Rabbal 'alamin.. amin amin ya mujibassailin.

Tergelitik oleh bang @saifuddin.p3md. hihi

Selamat menyambut ramadan. Maaf lahir batin

Jua teruntuk buatmu abangda @catataniranda.

amin,semoga kita bisa terus memaafkan dan bisa terus saling berbagi, walaupun kita sering jumpa di dunia maya, kita harus tetap menjaga tali persaudaraan kita bg :)
salam sukses dari @bigbos99

Coin Marketplace

STEEM 0.29
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 63464.16
ETH 3111.33
USDT 1.00
SBD 3.98