Saya Merasa Rugi Berada Di Steemit

in #indonesia6 years ago (edited)

Seorang teman bertanya; "Berapa lama kau mulai menggunakan Steemit, dan apa keuntungan yang kau dapati?"


Screenshots

"Aku sudah berada di Steemit selama 174 hari dan memposting sebanyak 183 konten ditambah 3.601 komentar, jadi total keseluruhan 3784 kali pengeposan. Mengenai keuntungan, aku belum pernah menikmati uang satu rupiah pun hasil dari Steemit. Maka jika dikalkulasikan dari segi waktu dan untung rugi secara ekonomi, aku malah dirugikan. Sekali lagi, saya termasuk orang yang merugi berada di Steemit, baik ditinjau dari segi waktu, biaya paket data, dan tingkat kepusingan dalam menulis. Sungguh, jerih payah yang saya dapati tidak sebanding dengan usaha/kerja keras saya selama ini. Saya justru mendapati diri saya dalam keadaan terbebani."

Temanku yang berniat mendaftarkan akun Steemit untuk meraup dollar, akhirnya menepis niatnya untuk mendaftar. Sangatlah wajar, ketika yang menjadi motivasi utamanya adalah untung rugi secara ekonomi.

Berapa banyak orang yang karena ingin mendapatkan reward berupa SBD/steem berada di Steemit pada akhirnya menuai kekecewaan dan sekarang akunnya nyaris tidak digunakan lagi. Andai saya memberi gambaran kepada seseorang dalam bentuk $, maka saya harus bersiap-siap menanggung keluh-kesah dan kekecewaan orang lain. Jika harapan yang dibangun semata-mata karena reward, tetapi tanpa dibarengi dengan semangat lain seperti; belajar menulis, mengarsipkan ide, berkarya dan motivasi lainnya. Maka bisa dipastikan seseorang tidak akan bertahan lama.

Sumber gambar
Lantas kenapa juga saya bertahan di Steemit? Jawaban saya dengan jawaban orang lain tentu akan berbeda, meski sesungguhnya kita semua punya tujuan yang sama. Saya tidak mau memberikan jawaban yang mengandung kamuflase disini dan terus-terusan bersembunyi di sebalik dialektika. Saya harus lebih jujur dengan diri saya sendiri. Jika saya menjawab: "Berada di Steemit untuk berkarya dan memberi manfaat kepada banyak orang lewat tulisan-tulisan", maka jawaban itu tidak jauh berbeda dengan jawaban seorang petani dan nelayan yang berkata; "Tujuan saya menanam padi adalah untuk memastikan agar masyarakat tetap masih bisa menikmati beras_tujuan saya melaut untuk memastikan agar orang-orang masih tetap bisa menikmati ikan."Jawaban yang mengandung kamuflase biasanya akan terdengar lebih indah, karena telah menempatkan tujuannya pada kebutuhan orang lain. Namun apakah itu logis? Bagiku tidak, tujuan utama seseorang pada dasarnya ingin memuaskan diri sendiri, walaupun harus diakui terkadang secara bersamaan memberikan manfaat kepada orang lain.

Jawaban dari kenapa saya sampai sekarang bertahan di Steemit? Karena saya mendapatkan kesenangan di sini. Saya senang ketika teman-teman mengapresiasi karya saya. Saya senang ketika reputasi semakin meningkat. Saya senang tatkala kenal dengan banyak orang disini. Saya senang ketika semakin lancar menulis untuk menuangkan ide. Saya senang tatkala melihat angka upvote berderet 10%... 20%...0.6%...30...100% dan seterusnya.

Bukankah untuk mendapatkan kesenangan kita harus membayar mahal untuk itu? Kesenangan mau menonton bola secara langsung di Stadion misalnya, tentu kita harus berkendara menuju kesana, membeli tiket masuk, dan belum lagi waktu yang tersita. Kita rela melakukan hal itu demi mendapati yang namanya kesenangan, walaupun terkadang harus pulang dengan perasaan kecewa karena tim kesayangan kita kalah. Katakanlah tim kesayangan kita yang memang, namun secara keuangan kita tetap berada pada posisi dirugikan karena menghabiskan biaya untuk menonton bola. Lalu, mengapa kita tidak hitung-hitungan dalam hal itu?

Screenshots
Selama ini saya lebih banyak membayar dari pada dibayar. Toh saya bukan pengangguran yang mencari pekerjaan di Steemit sehingga harus menghitung untung rugi secara ekonomi. Yang saya tahu, selama saya bergabung di Steemit, pikiran saya tidak lagi menganggur. Jika pun saya berhenti sampai disini, dan pergi ketempat lain, belum tentu juga di sana akan dibayar. Lantas, mengapa juga harus menuntut lebih jika kesenangan bisa saya dapati di sini. Soal puas, tentu saya tak akan pernah terpuaskan, dan orang-orang di sini pun tidak berkewajiban memuaskan saya.

Jika kita melihat konten-konten orang luar negeri, di ujung kalimat biasanya ada kata-kata; "Mari Bersenang-Senang", "Saya Senang Jika Anda Menyukainya", "Saya Senang Bisa Membahagiakan Anda", Namun jika ada yang merasa kesal dengan apa yang diperoleh orang lain, mereka menanggapinya dengan santai: "Apa yang saya raih itu berkat konstribusi dan kerja keras. Jadi, mohon maaf telah membuat anda prustasi" hehe. Dan kurator kita @levycore juga sangat femiliar dengan kalimat "Jangan Lupa Bahagia".

Dalam kesempatan ini, saya ingin berterimakasih kepada Kurator Indonesia @aiqabrago dan @levycore, para suhu, para senior dan kepada semua teman-teman yang telah ikut membantu membuat saya senang. Meski teman-teman tidak berharap balasan, namun saya tetap meminta maaf karena belum punya kesanggupan untuk membalasnya. Dan dengan sepenuhnya saya menyadari bahwa saya akan selalu membutuhkan bimbingan serta perhatian dari teman-teman semuanya. Semoga Allah melimpahi kepada kita semua kedamaian hati dan keteduhan pikiran... Amin

Created By: @munawar87 / Munawar Iskandar
Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat




Posted from my blog with SteemPress : https://munawarpasilhok87.000webhostapp.com/2018/07/saya-merasa-rugi-berada-di-steemit
Sort:  

Untung paketan internet di Taiwan unlimited. 😃 jadi tak ada ruginya mendalami steemit.

haha enak kali lah disana.

Lanjutkan bersenang senang kawan

Haha teurimong geunaseh aduen.

Yups, penulis biasanya terhindar dari penyakit pikun

Sahih aduen.

Saya malah kadang pake WIFI gratisan kalo di rumah, jadi tidak pernah merasa terbebani di Steemit Bang @munawar87. Bahkan saat WIFI ngadat, saya rela merogoh kocek membeli Paket Unlimited, hanya untuk berlencancar di Lautan ini. Mengapa? karena saat saya membaca postingan rekan-rekan Steemian lain, seolah membawa saya dalam rengkuh hangat kekeluargaan. Tanpa dibebani pendapatan reward yang didewakan.
Selalu Bahagia di Steemit!😊

Mungkin soal paket data kerugian yang sangat kecil, namun ditambah lagi oleh waktu dan pikiran yang terkuras habis. Maka jika asumsinya semata-mata untuk reward, jelas rugi.

Tapi saya senang memiliki keluarga di seluruh nusantara.
Selamat ya, Bang. untuk pencapaian reputasinya!

ya,, entah kenapa, steemit ini bagaikan ayunan, semakin larut kita bermain smakin terbuai kita olehnya,.
kadang pernah beberapa kali mau berhenti krn bbrapa faktor, tp saat ku pura pura buka sbentar untuk melihat, lagi ngapain kawan2 di steemit???, eh...tau taunya terenyuh kembali ke dalamnya, padahal untk mmbuat post baru sgtlah malas mngingat kurangnya
minat kawan kawan steemian singgah di blog saya,
mungkin karena post saya tidak menarik sperti post
sdr @munawar yg sangat syahdu stiap siapa yg mbcanya, coba @ettydiallova dtg ke blok ku ttg judul post " karikatur ku" begitulah realitanya...

salam persahabatan

Saya Senang Jika Anda Menyukainya", "Saya Senang Bisa Membahagiakan anda".

itulah kalimat yg mngagumkn saya.
Setiap org punya aspek yg berbeda
cara pike msg2 cara
mraskn ksenangn pun msg2, kesenangn kita begini,
org yg melihatnya kdg trheran2, jga ksenangn org bgtu
kita kdg yg terheran2, seperti kita lihat org,
masak gak kmana2 cari duit terus,ank gk punya, tiggal di rmh sewa,
kmnakh duit itu akn d gnakn? orangnya pun pelit amat,
nah.. .mmg itulah ksenangn dia klo sllu pegang duit.
padahal cara cari duitnya kita lihat capek, tp tidak baginya, krn di situlah terletak kesenangannya.

nah... bgtu jg kt d stmit ini,.bagi saya bkan mutlak
reward yg saya hrpkn, tp yg lbh utama adalh COMMENT dr tmn2 yg stia yg punya tolerns tggi,
itulah ksenangn berinteraksi yg slg paham slg
mghargai, bkn sbaliknya.
krn yg namanya hobby, apapun yg kt lakukn, tk bs
terhalng olh yg namanya CAPEK

, v

Congratulations! This post has been upvoted from the communal account, @minnowsupport, by munawar87 from the Minnow Support Project. It's a witness project run by aggroed, ausbitbank, teamsteem, theprophet0, someguy123, neoxian, followbtcnews, and netuoso. The goal is to help Steemit grow by supporting Minnows. Please find us at the Peace, Abundance, and Liberty Network (PALnet) Discord Channel. It's a completely public and open space to all members of the Steemit community who voluntarily choose to be there.

If you would like to delegate to the Minnow Support Project you can do so by clicking on the following links: 50SP, 100SP, 250SP, 500SP, 1000SP, 5000SP.
Be sure to leave at least 50SP undelegated on your account.

Coin Marketplace

STEEM 0.32
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 64647.16
ETH 3160.49
USDT 1.00
SBD 4.13