Menguras fikiran untuk sebuah tema tulisan

in #indonesia6 years ago

image

Anggapan 'menulis itu sulit' terkadang masih menjelma dalam benak saya. Meski menulis sudah menjadi sebuah tugas 'wajib' setiap hari untuk sekedar postingan di platform Steemit. Sejauh ini sejak pertama kali saya bergabung dengan platform ini, sudah ada tiga ribu lebih tulisan yang berhasil saya tulis sejak Agustus 2016 lalu.

Namun, meski setiap hari saya coba menulis satu tulisan, tetapi terkadang saat mengawali saya masih begitu sulit. Terutama dalam menentukan tema. Meski banyak hal yang saya alami setiap hari. Tapi kerap seperti bingung dalam menentukan tema atau judul terkait tulisan yang sakan saya tulis.

Bagi saya secara pribadi, mungkin saya tidak akan menganggap menulis itu sulit, ketika saya berhasil mendapat sebuah ide untuk saya tuliskan. Saya sering kesulitan menulis saat mengawali pada bait pertama. Setelah itu, saya dapat menulis mengalir sendirinya tanpa mengalami writing block.

Banyak orang, tentu banyak hal yang akan dialami ketika seseorang mencoba untuk menulis. Mungkin sebagian kesulitan untuk mendapatkan ide tulisan, seperti yang saya alami, dan mungkin juga sebagian terhenti pada pertengahan tulisan. Bahkan ada pula yang mengalami kesulitan saat menyimpulkan ending dari tulisan.

Begitu pula, soal mencari ide tulisan ada banyak cara menemukan sebuah inspirasi untuk sebuah tulisan. Tetapi tidak semua orang melakukannya dengan cara yang sama. Saya pribadi, untuk mendapatkan sebuah ide untuk menulis harus dengan cara menenangkan diri dengan secangkir kopi. Dan tentunya dengan berfikir apa yang tepat untuk di tuliskan hari ini.

Mungkin hal itu tidak semua orang melakukannya hal yang sama. Ada sebagian untuk mendapatkan ide, terkadang harus menyendiri dan menenangkan diri. Terkadang justeru terjadi sebaliknya, ia hanya dapat menulis ketika kepala berantakan dan penuh dengan persoalan. Baru ia dapat menulis, dan hanya masalah yang dialaminya sendiri.

Tetapi yang perlu kita garis bawahi adalah, meski bagaimanapun kita harus terus menulis. Karena menulis adalah mengabadikan ide dan gagasan serta sebuah bukti bahwa kita ada pada masa itu. Tidak hanya sebagai bukti sejarah, menulis juga merupakan aktifitas mengasah otak. Dan memperkuat mental menghadapi kritikan bahkan ejekan dari setiap tulisan yang akan kita post.

image

Coin Marketplace

STEEM 0.32
TRX 0.11
JST 0.034
BTC 66269.58
ETH 3204.67
USDT 1.00
SBD 4.24