Saya bertemu dengan beberapa contoh pemilih pragmatisme

in #indonesia5 years ago

image

Tadi siang ada yang membuat saya kaget saat mendengar pembicaraan dari beberapa warga yang duduk di balai salah satu desa tempat dimana saya ditugaskan untuk memasang beberapa spanduk perusahaan tempat saya bekerja.

Mereka berbicara pelan terkait pemasangan spanduk. Mereka menganggap kedatangan saya adalah salah satu timses sebuah caleg yang hendak ingin menawarkan pilihan politik sekaligus ingin memasang sebuah spanduk sang caleg yang tersenyum riang. Hingga mereka begitu riuh berbicara soal uang berapa saja yang akan diberikan mereka akan terima.

Hingga nampak rada kecewa terpaut diwajahnya mereka setelah saya menyebutkan dari sebuah perusahaan, hanya meminta izin dari pemilik toko untuk memasang spanduk promosi produk dari perusahaan saya berkerja. Tampak nada sesal "alah kukira atas caleg", keluar dari mulut mereka.

Dalam obrolan singkat mereka, yang sempat saya tangkap. Mereka akan siap memberikan izin jika timses dari salah atau caleg tersebut bersedia membayar sejumlah uang untuk mereka. Nominal yang mereka sebutkan pun beragam. Sebagian menyebutkan 50, 20 bahkan ada yang 100.

Apa yang saya temukan dan dengarkan dari mereka hari ini adalah jumlah sampel kecil dari pragmatisme masyarakat dalam menyambut pemilu serentak yang akan berlangsung April nanti. Mainset mereka telah tercampur dengan money politik yang banyak dilakukan oleh beberapa partai politik pada pemilu sebelumnya.

Sehingga pada pemilu kali ini, banyak masyarakat juga ikut "menikmati" pragmatisme yang diciptakan oleh para elit politik itu sendiri. Masyarakat seperti tidak bersedia ada salah satu pemimpin yang lahir murni karena pilihan hati nurani, yang siap mensejahterakan siapapun.

Tapi tampaknya, banyak orang yang hanya akan berjuang untuk memperkaya diri dan kroni masing-masing, tidak hanya para caleg, timses pun ber'otak' demikian adanya. Entah pada siapa sisa-sisa masyarakat non-pragmatisme berharap, selain hanya pada Tuhan?

image

Sort:  

kekurang akal sehat mereka mungkin....

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.11
JST 0.034
BTC 63997.36
ETH 3133.23
USDT 1.00
SBD 4.15