Ingatan adalah hal yang anehsteemCreated with Sketch.

in #indonesia6 years ago

TIDAK biasanya aku sanggup menonton film drama percintaan hingga kelar, apa lagi film India. Walau aku menyukai puisi-puisi cinta Pablo Neruda dan El Rumi Jalalluddin, hingga sekarang aku tidak belum pernah menonton hingga selesai sebuah film yang bergenre drama percintaan seutuhnya. Judulnya Sanam Teri Kasam, kira-kira artinya adalah Demi sumpah-janjimu sayang. Padahal film ini biasa-biasa saja, tidak lebih dari film modern rendisi dari novel picisan. Kenapa aku menontonnya hingga habis? Aku juga bingung. Walau pun roman picisan, dosis kritik sosialnya sangat menonjol dalam film ini. Menariknya film ini juga menghadirkan Mulari Sharma sebagai aktor pendukung dan ia menjalankan perannya sebagai polisi dengan baik sekali. Memahami tentang cinta, sama saja seperti mendalami jiwa. Dalam hal ini aku suka cerita-cerita dalam Bhagavat Gita(nyanyian jiwa).Bhagavat Gita adalah salah satu kitab Hindu, tapi kurasa inilah sastra paling tua mengenai jiwa dan cinta. Di dalam Bhagavat Gita, tentang cinta dan jiwa akan mengarah kepada perjalanan jiwa yang panjang; reinkarnasi. Barangkali harus dipahami dengan teliti agar tidak keliru memahaminya.

Ingatan adalah sesuatu yang aneh kata Haruki Murakami, dan saya sering merasakan yang ia maksud. Mendadak tadi sore saya teringat nostalgia saat masih kecil. Yakni berupa dua buah film India yang saya tidak ketahui judulnya. Dulu saya sekolah SD di siang hari pada pukul 2 hingga hingga pukul 5 sore, karena ruang sekolah penuh, jadi kami dapat jatah sore dan saya sering tidak sampai ke sekolah, keluyuran ke tempat lain atau tertidur di atas dangau di dekat pohon rumbia. Jika ditanya, alasan mengapa saya sering tidak sampai ke sekolah, saya sulit menjelaskannya, lantas saya menjawab bahwa saya sulit menentukan arah, alasan yang saya buat-buat. Hingga sekarang saya memang kesulitan untuk mengutarakan atau mengungkapkan sesuatu(bukan gagap bicara).

Jadi karena sekolahnya di siang hari, maka pada pagi hari saya habiskan waktu untuk menonton film India yang tayang di TPI, saat itu TPI mengudara hingga pukul 12 siang, kemudian off air dan baru pada pukul setengah tiga sore TVRI mengudara. Yang saya tahu bintangnya adalah Jackie Shorff, kalau saya tidak keliru judul film India itu diterjemahkan sebagai Impian Kosong, tentang mimpi kosong seorang pemuda yang ingin menjadi polisi. Film lainnya yang sangat saya ingat mungkin juga dibintangi oleh Jackie Shorff. Adegannya diawali dengan seorang pria keluar dari penjara, lantas ia menumpangi sebuah bus untuk pulang ke rumahnya. Di tengah perjalan bus itu dihentikan oleh perampok, mendadak pria tua itu berkelahi dengan perampok, hingga perampok itu melarikan diri.

Penumpang lainnya tertarik untuk menanyakan sesuatu kepada lelaki tua itu, lelaki tua mengatakan bahwa dirinya baru saja keluar dari penjara. Mereka para penumpang tidak percaya karena lelaki tua itu terlihat seperti pria baik. Maka pria tua itu mulai mencertakan masa lalunya kenapa ia bisa dipenjara, sementara bus terus melaju pelan-pelan. Di sini kita flashback panjang ke masa lalu si pemeran utama film ini. Saya tidak tahu judulnya apa, namun film ini sangat memorable, tadi saya coba cari di internet tapi tidak ketemu. Saya juga teringat sebuah film yang dibintangi oleh Raaj Kumar, entah apa judulnya, film ini sedih sekali. Saat itu, selain Jackie dan Raaj Kumar, bintang lainnya yang sangat sering muncul di dalam beberapa film India yang tayang di TPI adalah Shakti Kapoor, Amrish Puri(tuan Takur) dan Kader Khan(yang mirip hanoman). Dan juga Richi Kapoor, ia sering berperan sebagai pria miskin dan agak gemuk dengan nama Sure, Ram, Vickram, Ajay atau Vicky. Kalau ada yang tahu judul aslinya atau tautan link downloadnya, tolong bagikan dengan saya, ya.

Sort:  

Sanam Tere kasam salah satu film India yang saya tonton habis ,kurang lebih 5 kali pause .😂😂
Tulisan @nurayrifat tentang TPI JAdi teringat waktu saya SMP juga sekolah siang.sebelum sekolah tontonan wajib nya mahabarata .😂😂

teringat Hanoman :D

Tepat sekali bg...
Perang nya mahabarata yg entah berapa episode gak tuntas tuntas..😂😂

Coin Marketplace

STEEM 0.26
TRX 0.11
JST 0.033
BTC 64203.15
ETH 3065.06
USDT 1.00
SBD 3.93