Ikan Bumbu Pesmol

in #indonesia6 years ago

Selamat pagi sahabat Steemian, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu tetap semangat ya dalam beraktivitas.

Hari ini aku ingin mencoba membuat masakan berbahan dasar ikan yaitu ikan kembung. Aku ingin memasak ikan dengan bumbu pesmol khas masakan Sunda (Jawa Barat). Bumbu pesmol memakai kunyit sebagai bumbu utama.

image
Berikut ini adalah resep IKAN PESMOL :

Bahan-bahannya :

  • Ikan kembung 500 gram
  • Air jeruk nipis secukupnya
  • 5 buah cabai rawit utuh
  • 2 buah cabai merah besar, iris serong
  • 2 batang serai atau sereh, memarkan
  • 2 ruas lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1/2 sendok teh lada halus
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh bumbu penyedap rasa
  • 200 ml air (kira-kira 1 gelas)
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang Dihaluskan :

  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri, sangrai
  • 2 ruas kunyit, bakar
  • 2 ruas jahe
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Ikan Pesmol :

  • Bersihkan ikan dari isi perut dan insangnya, kerat-kerat dan cuci bersih. Lumuri dengan garam dan air jeruk nipis. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  • Panaskan mintak dalam wajan. Goreng ikan hingga matang, angkat dan tiriskan.
  • Tumis bumbu halus, serai, daun salam, daun jeruk dan lengkuas hingga harum, aduk rata. Tuang air dan masukkan cabe rawit utuh dan irisan cabe merah. Beri garam, gula pasir dan bumbu penyedap rasa secukupnya.
  • Masak sampai mendidih kemudian masukkan ikan yang sudah digoreng tadi, aduk hingga rata.
  • Masak sampai bumbu meresap. Angkat dan pindahkan ke atas piring saji.
  • Hidangkan ikan bumbu pesmol yang gurih dan enak dengan nasi putih hangat.
    image

Demikian salah satu resep masakan khas Sunda yaitu ikan bumbu pesmol. Selamat mencoba, semoga enak. Terima kasih, selamat pagi dan selamat beraktivitas.

Sort:  

Tumben teh udh kelar masak... 😅

Bukan saya yg masak, ini masakan adik ipar 😁

IKAN MAKANAN FAVORIT SAYA, DI PULAU SAYA ADALAH MAKAN BERBEDA BENTUK DAN RASA, SALUDO AMIGA

93/5000

IKAN MAKANAN FAVORIT SAYA, DI PULAU SAYA ADALAH MAKAN BERBEDA BENTUK DAN RASA, SALUDO AMIGA

Thank you for stopping at my post @chiminguito

Iya mbak @ettydiallova makan jadi lahap😋😊

Tiba2 air liur menetes lihat gambarnya

Posted using Partiko Android

Sama saya juga ngiler mbak @dwiitavita soalnya saya blm sempat cicipin , ini masakan adik ipar saya
🤤😋😁

🙄🙄🙄 ternyata status palsu 😂😂😂

Posted using Partiko Android

Hust..jgn bilang siapa-siapa ya mbak @dwiitavita 🙊😁

😂😂😂

Posted using Partiko Android

Coin Marketplace

STEEM 0.26
TRX 0.11
JST 0.032
BTC 63510.75
ETH 3065.54
USDT 1.00
SBD 3.82