Alhamdulillah. Sudah Bisa Panen Perdana

in #indonesia5 years ago

Setiap usaha itu, baik cepat atau lambat pasti akan membuahkan hasil. Hasil dan usaha dua hal yang selalu beriringan, naif kiranya mengharapkan hasil bila hanya berpangku tangan. Namun bila usaha sudah digagas hasil dengan sendirinya akan menyertai.

Kurang dari satu tahun saya mencoba menanam pohon tin yang dipercaya sebagai salah satu tanaman syurga, Allah hadirkan ke permukaan bumi untuk dinikmati oleh hamba-hamba-Nya. Kini sudah membuahkan hasil walaupun belum seberapa banyak. Pekan yang lalu sudah bisa panen perdana. Panen, seakan dalam jumlah banyak. Padahal hanya satu buah yang baru matang. Alhamdulillah, kendati satu buah tapi satu keluarga besar dapat merasakannya.

Saya minta putri saya untuk memetiknya, lalu saya belah menjadi enam bagian, supaya semua kami bisa merasakan kenikmatan akan buah tin jenis bleu giant. Saya membayangkan warna buah sesuai namanya, kenyataannya, warna buah sewaktu matang bewarna merah keunguan. Isi dalamnya berwarna pink.

Saya menanam empat jenis tin. Tiga diantaranya sudah berbuah, sementara yang satu lagi masih dalam tahap pertumbuhan. Diantara tiga jenis batang yang sudah berbuah, hanya satu jenis batang ting yang sudah matang, sementara yang dua batang lagi dalam waktu tidak berapa lama lagi InsyaAllah juga akan matang.

Saya berencana beberapa waktu yang akan datang, akan memperbanyak tin yang saya punya. Dengan cara okulasi, nanti sobat steemian bisa merapat ke rumah bila okulasi batang tin sudah berhasil untuk mengambilnya. Semoga rencana saya ini bisa terlaksana dengan baik. Dan kita semua paling tidak bisa memiliki satu jenis batang tin di perkarangan kita.

Sobat steemian! Tin bukan hanya buah nya saja yang bisa dikonsumsi. Melainkan daunnya juga bisa dimanfaatkan untuk membuat teh daun tin. Membuat teh daun tin dengan cara memetik daun yang masih hijau lalu dijemur, dijemur sampai kering, setelah kering ambil daun tin tersebut dan potong kecil-kecil. Untuk membuat teh ambil daun tin yang sudah dipotong masukkan ke dalam gelas lalu seduh dengan air mendidih. Tambahkan sedikit gula bila diperlukan teh manis.

Sort:  

Thanks for using eSteem!
Your post has been voted as a part of eSteem encouragement program. Keep up the good work! Install Android, iOS Mobile app or Windows, Mac, Linux Surfer app, if you haven't already!
Learn more: https://esteem.app
Join our discord: https://discord.gg/8eHupPq

Coin Marketplace

STEEM 0.35
TRX 0.12
JST 0.040
BTC 70753.86
ETH 3589.34
USDT 1.00
SBD 4.75