Kembali Menjenguk Facebook

in #indonesia6 years ago (edited)

image

Tuan dan Puan Steemians...

Beberapa bulan lalu, saya mencoba "meninggalkan" facebook guna mengurangi "kebisingan. Hanya untuk mengurangi kebisingan belaka, bukan untuk berpisah dengan facebook. Sebab facebook punya kontribusi besar bagi kami untuk saling beriteraksi dengan teman-teman yang sudah terpisah lama.

Saya punya dua akun facebook dengan nama sedikit berbeda, tapi sama.

Akun pertama Khairil Miswar dan akun kedua bernama *** Tin Miswary***. Akun pertama adalah akun utama yang sering saya gunakan untuk menulis tulisan singkat, share tulisan dan juga medium interaksi dengan kawan-kawan dan juga "lawan-lawan." Sementara akun kedua hanya urusan "perdagangan" untuk transaksi jual-beli buku online. Di akun ini saya membeli buku-buku yang saya minati, dan menjual buku-buku yang diminati orang lain.

image
Akun dagang

image

image
Dagang

Yang ingin kita bahas di sini adalah akun utama yang sejak beberapa tahun lumayan aktif di facebook. Akun dengan nama ***Khairil Miswar**** saya aktifkan pertama kali pada 2009.

Melalui akun ini saya sering menyikapi "kebisingan" isu-isu yang berterbangan di sana. Dalam kondisi tertentu, saya pun "terjebak" untuk membuat "kebisingan."

image

Sejak mengenal Steemit beberapa bulan lalu, aktivitas saya di facebook tetap berjalan. Cuma saja tidak "segarang" seperti sebelumnya. Saya sudah mulai mengurangi "kebisingan."

Hampir dalam satu bulan terakhir, saya tidak menulis apapun di akun facebook Khairil Miswar. Aktivitas saya di sana hanya share tulisan-tulisan di media dan membagikan postingan-postingan di Steemit. Selebih itu tidak ada aktivitas.

Memang sejak mengenal Steemit, saya sudah mulai "kurang tertarik" untuk terlibat dalam kebisingan-kebisingan media sosial. Kondisi ini menyebabkan banyak isu-isu plus "perdebatan" yang terlewatkan. Tidak saya ikuti.

image
Status sebulan lalu

Tapi, setelah melakukan "perenungan" mendalam, saya mengubah keinginan untuk "meninggalkan" facebook. Saya "batal" meninggalkan facebook. Sebab, saya melihat ada kenikmatan besar jika kita bisa hadir di semua tempat.

image
Status pertama setelah berhenti sejenak

image

image

image

Namun demikian, saya tetap akan berusaha mengurangi kebisingan di facebook. Kecuali jika kondisi "memaksa."

Demikian dulu Tuan dan Puan Steemians, lain waktu disambung kembali...

Sort:  

Tak kepoin ya bang. Tulisan-tulisannya menggiurkan 😅

Semua tempat punya keunikan dan tentu saja teman yang berbeda-beda.

Tapi saya pribadi sudah mulai berpaling ke Steemit dan sosmed lainnya jadi kurang perhatian 😀

Idealnya kita mampu menjaga keseimbangan, sebab semua punya kelebihan masing2

Aq jg terkadang masih maen pesbuk bg, blm bisa ninggalkan demi dpt upvote dr petua2 bule di medsos ini...
Hehhe, semua tergantung kebutuhan aja.

Mantap, harus manfaatkan kesempatan, haha

Di facebook, persahabatan itu terasa lebih kental. Di Steemit, orang selalu pilih-pilih ketika mau memberikan vote (jempol)

Benar Pak Dosen😀

Facebook dan steemit dua duanya baik hati, dan tidak sombong, jangan bikin mereka kecewa. @tinmiswary Kali ini anda sudah bijaksana.
Saya belum 😀😀😀😀

Tdk cukup dgn bijaksana, tapi harus bijaksanasini biar adil

Coin Marketplace

STEEM 0.35
TRX 0.12
JST 0.040
BTC 70351.33
ETH 3563.43
USDT 1.00
SBD 4.72