angka 139, bertamu, robot dan terombang ambing dilaut biru

in #indonesia6 years ago


source

dari mana aku harus memulai cerita ini? aku merasa tak berdaya, katagori anak -anak masih melekat diakun steemit yang tak beranjak dari hari ke hari. segala cara telah ku coba, pengembaraan ku telah mencapai angka 139 hari memasuki bulan ke 5 yang tinggal beberapa hari lagi. kini aku mulai mengerti ternyata sulit sekali mencapai level aman bagi seorang newbie, bekal yang tak cukup hingga kelaparan (bandwith) didalam perjalanan mencari ilmu namun kebutuhan pokok (steempower) sangat aku butuhkan, cuma bermodal 20 sbd ternyata tak sanggup menemami dalam traveling ku disini. aku merasa sangat kelaparan bukan terhadap vote/reward tapi melainkan ilmu yang aku kejar sekarang, kekuatan ku sekarang 23.960 yang tak mempunyai efek apa-apa karena tetap saja hasilnya 0,00 namun aku harus syukur dan lebih syukur kepada yang maha kuasa yang telah memberikan nikmat yang luar biasa. alhamdulillah perjalanan di dunia steemit ini memiliki sedikit peningkatan dan kemajuan apalagi mulai nyaman memainkan platform ini karena banyak penulisan-penulis hebat yang bermukim di platform steemit.


ource

dikarena banyak penulis hebat disini aku sering bertamu ke rumah (blog) mereka cuma dengan tangan hampa datang mengunjungi mereka, memang cara ku sangat memalukan bertamu kerumah guru tak membawa satu bingkisan pun dan berharap akan diberikan sedikit ilmu tapi datang tak bawa apa-apa. namun bukan hanya ilmu yang diberikan tapi juga bingkisan untuk dibawa pulang (vote/reward) padahal aku datang dengan tangan kosong, sungguh cara berkunjungku sangat menyedihkan. datang tak di undang tapi pun penuh bawaan, kedatangan ku dengan tangan hampa pulang dengan sebuah bingkisan dan ilmu yang di ajarkan sungguh sangat luar biasa mereka, kadang aku tak datang setiap hari dikarenakan malu bukan karena ilmu tapi takut nya mereka salah sangka. kedatangan ku kepada para guru bukan mengharapkan reward tapi melainkan.
memang kalau aku bilang tak mengharapkan reward sekarang pasti banyak yang mengatakan aku munafik, pasti akan ada yang mengatakan munafik terhadap diriku tapi sejujurnya vote/reward memang bukan tujuan utama ku saat datang ke rumah para guru tapi melainkan di ajarkan ilmu seperti mereka.


source

kembali lagi tentang vote dan reward pasti kalian bertanya kenapa aku membayar robot kalau tidak ingin reward, bagiku itu pertanyaan yang sangat bagus sekali, kenapa aku membayar robot? supaya reputasi ku naik dan steempower pun naik sehingga bandwith yang selalu menganggu ku selama ini cepat sirna dan aku mendapat lebih sbd untuk ku jadikan steempower bukan semata-mata mencari uang dengan membayar robot tersebut. walaupun ada beberapa kawan yang mengatakan dengan membayar robot tidak bagus dan nanti kurator tidak akan datang lagi, memang betul yang kawan katakan namun kurator tak mungkin selalu kurator datang di blog kita masih banyak newbie yang mengharapkan kedatang nya, otomatis bisa lah dengan membayar robot seperti @booster kita naik reputasi sehingga kita tak selalu bergantungan sama kurator atau paus untuk datang mengunjungi kita. namun jangan gara-gara membayar robot kita berselisih, memang banyak yang berbeda pendapat tentang robot namun kita disini bersama-sama satu tujuan dan jangan saling menyalahkan. biarkan saja yang membayar bot asal tidak merugikan orang lain. yang penting kita tetap bersama dan tak terpisahkan, seperti bunyi BHINNEKKA TUNGGAL IKA bersatu kita teguh bercerai kita runtuh.

sekian lama bermain steemit ternyata aku sangat miskin akan ilmu sehingga terombang ambing di lautan biru, ketengah laut tak sampai dan ingin kembali kedarat juga tak bisa lagi, maklum lah menggunakan perahu warisan nenek moyang yaitu SAMPAN, dayung pun dengan menggunakan tangan wajar tak lari-lari namun ada sekali paus terkenak pancing walaupun belum sampai ketengah lautan namun ada juga paus jadi-jadian. memang sangat susah bila kita mendayung apalagi menggunakan sepuluh jari belum lagi tak ada yang mengajari atau yang membimbing ku untuk mengarungi lautan luas dengan banyak newbie. namun kadang kala juga ada newbie yang mendadak jadi paus itu sich rezeki, memang ada seperti itu apalagi punya keahlian dalam diri.

Disini aku masih harus belajar banyak lagi dalam hal menulis dan hal lain di karenakan dunia steemit ini penuh dengan jutaan orang hebat diseluruh dunia dan tidak ada batasan untuk kita belajar apalagi di zaman yang sebar canggih teknologi, sangat disayangkan kalau ada platform seperti ini dibiarkan begitu saja.

terima kasih sudah membaca blog saya

BAKTIYA BARAT 11 MEI 2018

SALAM HORMAT

ZULFADLI

Sort:  

Hello, as a member of @steemdunk you have received a free courtesy boost! Steemdunk is an automated curation platform that is easy to use and built for the community. Join us at https://steemdunk.xyz

Upvote this comment to support the bot and increase your future rewards!

This post has received a 0.84 % upvote from @booster thanks to: @zulfadli.

Coin Marketplace

STEEM 0.26
TRX 0.11
JST 0.033
BTC 64014.44
ETH 3064.06
USDT 1.00
SBD 3.86