Alam Raya Bukanlah Sebuah Kemewahan

in #life6 years ago (edited)

Aku tidak khawatir akan jadi apa aku dimasa depan nanti, apa aku akan berhasil ataupun malah sebaliknya. Tapi yang pasti apa yang aku lakukan sekarang akan membentukku dimasa depan nanti. Bukan karena dia, mereka atau siapapun, melainkan karena aku percaya bahwa suatu keberhasilan hanya akan datang dari Tuhan sang-ESA. Terkadang aku pernah berfikir bahwa alam adalah tempat yang dipenuhi dengan ketidakpastian, entah apa yang membuat hati ini terasa akan kegundahaan tentang hidup. Mungkin selama ini aku hanya kurang bersyukur tentang kenikmatan duniawi.

Bahkan aku lupa akan siksaan hari akhir, yang aku tahu hanyalah hidup ini belum berakhir. Kesombongan serta ketamakkan yang tak dapat kuhindarkan dari sifat ini, membuatku merasa bahwa aku bukanlah manusia berguna, bukan juga manusia sempurna.

Sebagaimana mestinya, aku sadar bahwa alam ini telah menyadarkanku, dia juga telah membawaku kedalam kedamaian. Tapi yang aku percaya itu hanyalah perantara-Nya. Perantara sebagai penyadar bagi manusia yang lupa akan hari akhir. Aku menjadi salah satu yang termasuk kedalam golongan tersebut, dan kini aku merasa yakin bahwa Tuhan menciptakan alam bukan sekedar sebagai pelengkap. Melainkan menjadikan alam sebagai salah satu ciptaan yang mampu menyadarkan manusia sombong seperti "Aku" ini.

Bentuk ketertarikkan ku terhadap alam ialah bentuk rasa sujud syukurku kepada dunia. Alam dan semesta menyatu dalam kehidupan, sama halnya dengan aku dan manusia lainnya yang saling membutuhkan. Ya, terkadang semesta merestui sesuatu yang tak kita duga-duga. Lalu aku menjadikan ini sebagai anugerah terindah dari Tuhan. Mengapa...?! karena Tuhan ialah dalang dari terciptanya surga dunia seindah ini.

Simple Quote: Alam raya bukanlah sebuah kemewahan. Melainkan, alam raya adalah sebuah kebutuhan bagi setiap manusia yang hidup di dalamnya. Manusia membutuhkan alam, sebagaimana manusia membutuhkan air dan udara.

Located Bukit Siadtaratas, Sumatra Utara

Greet the day with your smile...!!! Best regards @alfarisi,


Sort:  

penciptaan alam semesta beserta segala isiny adalah untuk memenuhi kebutuhan makhlukNya. Jika kita yakin bahwa segala sesuatu sudah direncanakan secara sempurna maka kita tidak akan ragu lagi apa yang akan terjadi di masa mendatang. dan kita akan hidup dengan mengalir, seperti air yang akan selalu menemukan samudra sebagai titik datar. dimanapun dia akan sellau mengalir hingga ke posisi paling bawah dan saat sduah berada di titik nadir maka tak akan ada kekhawatiran akan terjatuh lagi. Pasti akan menjadi pribadi yang zuhud dan menerima dengan penuh trasa syukur. sayangnya, justru kita diberhaakan oleh keserakaan sehingga kita akan terpnjara oleh duniawi. Kesadaran bahwa dunia ini semestinya merupakan kecukupan tentu akan membuat kita ingat untuk tidak serakah
Salam dari klaten jawa tengah

Apa yang anda sampaikan dapat menjadi sebuah pelajaran berharga bagi saya. Saya merasa bahwa diri saya masih jauh dari kata sempurna, bahkan untuk memberikan kebahagiaan kepada kedua orang tua saja saya belum mampu. Apalagi harus membahagiakan diri sendiri yang belum tentu kemana arah akan membawa saya. Tapi sejujurnya saya sangat bersyukur bahwa ibadah akan memberikan ketenangan yang lebih baik dari rasa kegundahan hidup saya selama ini. Melalui keindahan semesta ini saya juga telah belajar banyak bahwa masih banyak keajaiban diluar sana yang belum saya temui lagi.

Salam kembali dari Lhokseumawe, Aceh :) @rokhani

Coin Marketplace

STEEM 0.35
TRX 0.12
JST 0.040
BTC 70638.80
ETH 3565.34
USDT 1.00
SBD 4.73