Malam Minggu dan Keluarga Bagi Seorang Ambivert

in #life6 years ago (edited)

7zts7e0ks9.jpg

Saya adalah seorang yang memiliki kepribadian ambivert. Ambivert ini adalah salah satu kepribadian manusia yang bila diterjemahkan merupakan perpaduan dari pribadi introvert dan ekstrovert. Kalau kalian memahami bahwa seorang yang memiliki kepribadian introvert merupakan orang yang lebih menghindari interaksi sosial dan sebaliknya bila kalian memiliki kepribadian ekstrovert, nah.. saya berada ditengah-tengahnya. Terkadang bisa sangat menghindari keramaian dan lebih memilih menyendiri. Namun terkadang juga malah saya bosan menyendiri. Bukan bosan atas kesendirian ya, itu hal yang berbeda bagi yang paham maksud saya.

Begitupun cara saya bersikap pada keluarga dan sanak saudara. Terkadang saya bisa begitu santai ketika menghadiri acara keluarga ataupun ngumpul bareng, berdiskusi tanpa bosan. Namun, terkadang ketika mood saya sedang buruk, saya akan merasa stress bila berada di keramaian. Saya akan duduk di pojokan menikmati suasana dan menganggap di sekeliling saya tidak ada orang lain selain saya sendiri.

Atau saya lebih memilih menganalisa kepribadian semua orang yang berada di sekeliling saya. Ya.. saya menganggap menganalisa itu adalah permainan yang paling menyenangkan. Kita bisa mengkategorikan sifat dan kepribadian seseorang ke dalam kotak permainan kita, dan ke depannya kita akan memperlakukan mereka sesuai dengan karakter yang mereka miliki. Bahkan, bila diperlukan kita bisa memainkan emosi seseorang hingga dalam waktu bersamaan dia bisa merasa senang dan sepersekian detik kemudian merasa marah atau sedih. Tapi jangan pernah melakukan hal tersebut kecuali terpaksa. Karena saya biasa melakukannya untuk exit point saja ketika terjebak dalam perdebatan. Haha!

Beberapa minggu belakangan ini, saya lebih memilih menghabiskan waktu dengan adik-adik dan sepupu saya, bukan sebagai pencitraan bahwa saya cinta keluarga, tapi karena memang saya sadar bahwa seburuk apapun hubungan kita terhadap keluarga, tempat kita kembali adalah bersama keluarga. Apalagi kalau ditraktir, keluarga are numero uno lah pokoknya.

g8zvsefel8.jpg

ptu9thom3l.jpg

Makanya malam minggu saya habiskan dengan bersantai di salah satu warung kopi bersama keluarga. Banyak hal sebenarnya yang bisa kita dapatkan dari berkumpul, seperti saling memahami, bahkan banyak ide-ide yang muncul ketika kita berkumpul bersama. Saya sempat mengutarakan keinginan saya untuk memiliki sebuah café yang menawarkan kenyamanan dan privasi kepada pengunjung.

Dan di luar ekspektasi saya, salah satu dari mereka malah menawarkan untuk suatu saat bisa membuat perusahaan keluarga. Dari percakapan tersebut, kita malah sudah merancang strukturnya, nanti ada yang menjadi manajer, ada yang menjadi akuntan, bahkan ada yang ditunjuk sebagai Pak Ogah yang suka minta “gopek” setiap ketemu orang. Tentunya saya mendapat bagian menjadi salah satu manajernya, dan sepupu yang masih kecil-kecil mendapat bagian jadi Pak Ogahnya. Tapi apapun jabatan yang didapat, bukan itu inti dari diskusi ini. Saya hanya ingin merasakan bagaimana seorang ambivert bisa berjuang mengendalikan ego dan emosinya, hanya dengan mencoba membuka hati secara perlahan.

kk3cbpnage.jpg

23ztyq87av.jpg

fzalvigvol.jpg

Dek Mbeb yang selalu penasaran dengan segala jenis mesin

c7vuwwin1l.jpg

Dek Mbeb dan Ponbit nya (Adik saya yang paling kecil)

Begitupun seorang introvert yang harus berjuang untuk menerima seorang ekstrovert, sebaliknya seorang ekstrovert juga seharusnya membantu seorang introvert dalam memahami mereka. Kenapa saya menjadi sok tahu? Karena saya berada diantara keduanya, dan merasakan pula kedua hal tersebut.

ovztv0wszu.jpg

Salam,
@fararizky

Sort:  

Wah mantap x keluarganya ada kumpul2 bareng 😃

Hehe.. Iya dek.. Asik jg klo ngumpul gini bisa brantem

Helo @fararizky! Sudah kami resteem ke 7870 follower.. :^) Segera klaim airdrop kita dari Byteball!. (Sebutir kontribusi kami sebagai witness untuk komunitas Steemit Indonesia.)

Mantapp
Malam minggu kumpul dengan keluargA, Mba.
Saya belum bisamerasakanya.

Hehe
Bisa pemanasan ngumpul sma teman-teman media dulu mba di sana

Kalau kendaraan, disebut amphibi, ya? Bisa di darat dan bisa di air, hehehehe...

Hehehe.. Iya bang, bunglon jg bisa. Tp dlm hal yg positif. 😄

Tergantung kebutuhan, sangat fleksibel. Hehehehe...

Nah.. That's the point! Jadinya asik bisa lbh memahami dan berada di tengah2. Krn udah ngerasain keduanya.

hi, mba..tulisannya menarik yah haha..Saya baru tau ternyata ada term ambivert ini loh mba, kudet saya.

Haaiiiii dapat salam dari sang Extrovert

Halo ekstrovert. Kirim makanan ya.. Lapar..

Wadus, saya dimana dong? Wkakaka.. parah, ada yang tidak mengenal diri sendiri

Haha. Gak tau kak

Wah, seru banget, ya, Far? Bisa kumpul bareng habiskan malam Minggu bersama keluarga seperti itu tentu memberi kebahagiaan tersendiri. Kk jarang banget bisa kumpul2 seperti itu. Aih, asyiknya kaliaaan!

Btw, dari awal udah pengen lihat Dek Mbeb, eh akhirnya ada juga fotonya di bawah, lagi penasaran dengan mesin... haha.

Kakak termasuk extrovert tapi ada sedikit unsur introvert, Far. :)

Hehe.. Ini lagi kumat pgn pribadi sosialita nya aja kak. Kalau gak juga bakal ngeram di kamar.

Dek mbeb itu paling suka dengan mesin, segala jenis mesin. Jadi kalau ada mesin di depan dia, dia bkal lbh fokus kesana. Dan gak peduli sma kita.

Hahaha.. Fara prnh ikut tes nya dulu, makanya tau kalau ambivert.

Congratulations @fararizky! You have completed the following achievement on the Steem blockchain and have been rewarded with new badge(s) :

Award for the total payout received

Click on the badge to view your Board of Honor.
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

You can upvote this notification to help all Steemit users. Learn why here!

Congratulations @fararizky! You have completed the following achievement on the Steem blockchain and have been rewarded with new badge(s) :

Award for the number of upvotes

Click on the badge to view your Board of Honor.
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

You can upvote this notification to help all Steemit users. Learn why here!

Coin Marketplace

STEEM 0.36
TRX 0.12
JST 0.040
BTC 70446.49
ETH 3571.68
USDT 1.00
SBD 4.73