Simulasi Strategi Pembelajaran Pemecahan Masalah

in #matematika6 years ago

image

Strategi adalah cara atau teknik yang digunakan dalam suatu pembelajaran agar pembelajaran tersebut tercapai tepat sasaran.

Pemecahan masalah adalah bagaimana kemampuan siswa dalam mencari solusi untuk memecahkan suatu maslah yang diberikan oleh guru.

Pada simulasi hari ini saya menjadi guru yang sedang mengajar pelajaran matematika. Khalida, Chairunnisak dan Merry sebagai siswa tingkat dasar. Pada simulasi tersebut, saya mengajarkan materi tentang bangun datar. Nah, pada kegiatan awal pembelajaran saya menjelaskan tujuan pembelajaran yang berkaitan dengan bangun datar.

Memasuki ke kegiatan inti, saya menyuruh mereka mengeluarkan selembaran kertas. Saya menugaskan untuk mengamati dan menulis bangun datar apa saja yang ada di dalam ruang kelas.

Dari jawaban yang mereka tulis, semua tidak tepat. Saya menyuruh mereka menuliskan bangun datar apa saja yang mereka temukan di dalam kelas. Jawaban meraka : meja, papan tulis, jendela, jam dan keramik.

Apakah itu bangun datar? Tidak. Itu bukan bangun datar.

Kemudian saya menjelaskan, bangun datar itu persegi panjang, persegi, segitiga, layang-layang, lingkaran, jajar genjang, belah ketupat dan trapesium.

Sekarang mereka mengerti tentang bangun datar.

Sebagai penampil simulasi pertama, tentunya masih banyak kekurangan dan kesalahan. Namun, semua masih dalam tahap belajar. Seorang profesor pun masih belajar untuk mempertajam ilmu-ilmunya.

Jika anda ingin berubah, jangan hanya duduk dan berkata aku ingin berubah. Tapi, bergeraklah melakukan hal positif untuk menuju perubahan yang anda inginkan.

Sort:  

Congratulations @rahmat.saputra! You have completed some achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

Award for the number of posts published

Click on any badge to view your own Board of Honor on SteemitBoard.

To support your work, I also upvoted your post!
For more information about SteemitBoard, click here

If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

Upvote this notification to help all Steemit users. Learn why here!

Coin Marketplace

STEEM 0.35
TRX 0.12
JST 0.040
BTC 70638.80
ETH 3565.34
USDT 1.00
SBD 4.73