TANTANG DIRI UNTUK MENULIS

in #motivation6 years ago

image
Source

l39xhfv4ay.png

Berbicara tentang menulis, saya yakin semua orang bisa menulis. Kecuali kakek-nenek yang sudah sangat tua, karena mereka tidak pernah sekolah. Menurut cerita nenek saya yang berumur 75 tahun, beliau mengatakan bahwa dulu di Indonesia hanya ada Sekolah SR (Sekolah Rakyat). Bahkan itu, hanya orang-orang tertentu saja yang bisa belajar di sekolah ini.

Nah, menulis dengan merangkai kata-kata menjadi artikel yang menarik yang membuatnya berguna untuk semua orang menurut saya bukanlah hal yang mudah yang dapat dilakukan oleh semua orang. Termasuk saya, karena saya juga bukan penulis. Hehe...

Namun, semenjak saya bergabung dengan platform media sosial steemit ini saya mulai asyik menulis; kadang ide mengalir tak bisa dibendung, kadang ide ngumpet entah kemana bahkan sesekali otak serasa tak bisa diajak kerja, menurut saya itulah dinamika. Tetapi terus saja saya menulis, saya paksa-paksa. Sepanjang hari saat waktu longgar saya manfaatkan untuk memoles dan mengedit. Malam sebelum tidur harus melakukan finishing agar pagi siap diunggah.

Saya membuat target satu hari, satu artikel. Apa resikonya? Saya menyiapkan diri ekstra bercapek-capek. Memelototi smartphone berjam-jam, membuka-buka kembali literatur dan berbagai kerumitan-kerumitan.

Tampaknya sekedar menyusun 400-600 kata dan mungkin tak lebih dari satu halaman.Karena proses yang harus dijalani, sungguh saya mendapat manfaat yang jauh lebih jauh dari itu. Serasa saya makin cerdas, wawasan meluas, kedalaman ilmu meningkat tajam, kepercayaan diri semakin kuat dan tentu saja mendapat ladang amal baru.

Saya berpikir, apa yang terjadi jika saya konsisten melakukan? Tiga bulan, enam bulan, setahun, dua tahun kedepan saya tentu akan mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Tentu jika dibandingkan dengan diri saya sebelumnya.

Bagaimana dengan Anda? Begitu sibukkah sehingga terlalu larut dalam rutinitas-rutinitas sehingga tak ada sedikitpun celah untuk melakukan sesuatu yang lain? Hati-hati! Boleh jadi karena itulah yang membuat Anda telah tertinggal jauh dibanding dengan teman-teman diluar sana.

Bersusah-susah, berpegal-pegal, tidur lebih malam, bangun lebih awal, memeras ekstra tenaga, berstres-stres dan sederet kesusahan lain. Jika kelak akan menghadirkan ganjaran yang sangat indah, mengapa tidak dijalani?

THANK YOU FOR READING

l39xhfv4ay.png

@edymunawar

Sort:  

Congratulations! This post has been upvoted from the communal account, @minnowsupport, by edymunawar [EU-IND] from the Minnow Support Project. It's a witness project run by aggroed, ausbitbank, teamsteem, someguy123, neoxian, followbtcnews, and netuoso. The goal is to help Steemit grow by supporting Minnows. Please find us at the Peace, Abundance, and Liberty Network (PALnet) Discord Channel. It's a completely public and open space to all members of the Steemit community who voluntarily choose to be there.

If you would like to delegate to the Minnow Support Project you can do so by clicking on the following links: 50SP, 100SP, 250SP, 500SP, 1000SP, 5000SP.
Be sure to leave at least 50SP undelegated on your account.

Tuntun adek menulis bang @edymunawar :)

Hehee siap mas bro. Ke rumah besok ya biar tak tuntun tapi jangan lupa bawa pisang wak satu isi

Coin Marketplace

STEEM 0.35
TRX 0.12
JST 0.040
BTC 70601.11
ETH 3576.21
USDT 1.00
SBD 4.78