Manfaat tak terduga dari jerami.

in #nature6 years ago (edited)

salam sejahtera untuk semuanya.

postingan ini bisa dikatakan sedikit berbeda dengan postingan yang lalu dimana saya banyak membahas perbandingan- perbandingan antara kondisi alam dan manusia. Kali ini saya tidak membahas hal tersebut tapi lebih kepada kondisi dari pemanfaatan alam oleh masyarakat.


image


Percayakah kalian, manfaat dari alam itu sangat banyak dan tidak bersifat tetap bahkan mungkin bisa dikatakan lebih untuk dimanfaatkan oleh manusia. Dimana tidak setiap hasil yang didapat katakanlah padi, tidak hanya bijinya saja yang bisa di olah tapi juga jerami dari padi tersebut, untuk di olah sebagai pakan hewan. Tapi nyatanya masyarakat tani hanya menyia- nyiakannya sebagai objek untuk dilihat dan dibakar.

sungguh sangat disayangkan, manfaat dari jetami hanya digunakan untuk hal yang seperti itu, seperti saya menggunakan jerami sebagai ajang untuk foto- foto. Ada sesuatu yang mengejutkan dari keanehan aktivitas yang dilakukan masyarakat dalam memanfaatkan jerami berdasarkan paparan saya di atas.


image


mungkin dugaan saya di atas, masih jauh dari kekonkritan dalam meneliti aktivitas masyarakat dalam menjadikan jerami sebagai bahan untuk dipakar, tapi taukah kalian menurut penuturan dari sumber tani bahwa jerami yang dibakar bisa dijadikan pupuk organik dalam meleburkan tanah, sehingga tanah sawah tidak mudah kering.


image


tidak hanya itu, masyarakat tani juga sengaja menyimpan jerami dengan ditumpuk karena akan lebih mudah ditumbuhkannya jamur yang biasanya kerap menjadi sayuran masyakat tani.

banyak hal yang tidak kita ketahui akan dunia luar dan dalam, mengulas sesuatu tanpa penelitian yang objektif akan sangat merugikan banyak pihak terutama penulis sendiri.

sekian dari saya @murtaza, upvote dan berikan komentar. Terimakasih banyak.

Coin Marketplace

STEEM 0.31
TRX 0.11
JST 0.035
BTC 66739.07
ETH 3228.97
USDT 1.00
SBD 4.23