Hostel Rasa Hotel Danang Vietnam

in #partiko5 years ago (edited)

Hal pertama yang membuat saya tertarik dengan Danang adalah Bana Hills. Seperti kata Mss Chau Bana berasal dari kata banana. Orang Vietnam hanya bisa menyebutkan banana dengan sebutan bana. Dahulu kalanya tempat itu terdapat tanaman pisang. Bangunan eropa tempo dulu ini mengingatkan saya pada harry potter.

Ketika sudah ada tujuan wisata, hal kedua booking hostel. Bagi saya yang suka pergi sendiri, tempat menginap asal bersih, aman dan saya bisa tertidur lelap saat malam. Ya sesimple itu. Tidak harus mewah atau kamar hotel dengan taburan bunga. Bintang lima dengan balkon menghadap pemandangan untuk memanjakan mata. Traveller dengan budget hemat harus bisa memilih dan memilah dengan baik.

Awalnya saya book motel depan pantai persis. Murah dan luas. Satu kamar sendiri dengan ranjang double. Saya membayangkan bisa lari-lari guling-guling di kamar. Buka pintu kaca dan pantai seluas mata memandang. Tapi setelah seminggu... Dua minggu... Mulai keraguan itu muncul. Nanti ada penampakan engga ya? Bisa tidur engga ya? Serem engga ya? Saya pikir aman dengar bule ngorok daripada lagi tidur buka mata ada neneng lagi liatin. Hiks....

Buka lagi, cek review. Taraaa...! Banyak komentar negatif ke arah jorok. Terutama terlalu jauh dari pusat kota. Cancel dan cari ulang. Cukup dormitory saja bagi jiwa yang penakut dengan hantu. Ada banyak teman. Bahkan jika hanya ada dari china mainland yang selalu berisik dan suka mengobrol di kamar, baiklah saya terima.

Saya tertambat pada Rom Casa. Gaya minimalis dengan warna warninya membuat saya suka. Saya membayangkan bukan bangunan lama. Hostel ini menerima cek in terlambat karena saya sampai di hostel jam 01.00 am sangat larut malam dan staf mau saya bangunkan. Ia tertidur menunggu saya setelah kami saling memberi informasi melalui email tentang delay dan waktu kedatangan. Mr Chuong yang terdengar oleh telinga saya Cu. Pantas bukan kalau banana menjadi bana?

Tanpa bisa melihat keadaan, saya masuk ke kamar di temani Mr. Chuong. Female room ternyata baru ada saya. Saat itu saya sekejap kawatir dan berharap besok sudah ada orang lain di ranjang seberang. Kamar bersih, ada AC, Exhaus (kipas untuk membuang udara keluar), jendela. Cukup lengkap bahkan saya mendapatkan handuk pantai, besar.

Karena saya datang tengah malam, pagi saya hanya ingin bersantai dan jalan-jalan di sekitar hostel. Di dalam hostel ada bar, tapi bagi saya hanya cafe dengan makanan dan minuman beralkohol. Jus dan minuman ringan juga tersedia. Makanan khas Vietnam seperti pho juga menjadi menu andalan. Bagi saya ketika memesan pertama kali. No pork, no lard, no alkohol. Awalnya mereka tidak paham kenapa tapi mereka akhirnya memahami. Sarapan pagi saya sayuran dan telor mata sapi. Ditemani kopi vietnam yang mantap luar biasa.

Rom Casa memiliki 3 lantai yang paling bawah cafe dan lantai dua dan tiga khusus kamar. Paling atas untuk jemuran. Tiap lantai ada kamar mandi dengan toilet terpisah. Saya perhatikan tiap lantai hanya enam kamar. Tanda tanya saya, ternyata hanya sedikit ya?

Salah. Depan cafe ini juga milik Rom Casa yang dibagian bawah untuk ruang santai terbuka, ada kolam renang dan ruang staf. Mr. Chuong biasa duduk di situ saat tugas malam sampai pagi. Jadi saya cek in dan cek out ditangani olehnya. Di gedung ini juga memiliki kamar yang banyak.

Jika melihat susunannya, di gedung yang saya tenpati hanya ada perempuan dan anak-anak. Gedung sebrang laki-laki. Jika hostel lain di sisi kiri dan kanan masih hidup cafenya sampai pagi. Rom casa memiliki jam malam dimana semua lampu dan kegiatan dihentikan. Lampu di luar kamar hanya menyala jika saya mendekati pintu kamar lalu keluar untuk ke toilet. Mati lagi saat saya sudah menjauh dari pintu atau tidur.

Hostel Rom Casa satu-satunya hostel yang saya tempati memiliki kolam renang dan cafe dengan menu lengkap dan variatif. Bahkan untuk makan siang di bana hills saya memesan di cafe hostel. Selain lebih irit juga saya paham makanan apa yang pas untuk saya.

Hanya 15 menit ke marble mountain dengan grabbike sekitar 20rb-30rb dong. Siang hari saya menyempatkan berkeliling tidak hanya di seputaran hostel tapi ke marble mountain. Sore hari saya jalan kaki di pantai kye beach yang hanya sekitar seratus meter dari hostel. Pantai dimana banyak orang berenang dan berjemur.

Malam dengan grabbike menuju love bridge hanya sekitar lima belas menit. Foto-foto icon danang dan makan cumi panggang di night market. Sangat menyenangkan karena dekat kemana-mana. Letak hostel yang tidak membuat saya merasa terisolasi. Seharian keluar jalan-jalan pun tidak terasa.

Saya mungkin yang paling lama duduk-duduk di cafe dengan wifi gratis. Buka youtube chanel kompas, dengar berita sambil makan dan minum jus. Tempat yang nyaman. Orang lain mungkin betah di pantai atau berlama-lama tidur di ranjang kolam renang. Hahaha... Saya menganggapnya ranjang, karena jika saya diberi kesempatan untuk tidur di situ dengan angin sepoi-sepoi. Alam mimpilah yang akan menanti saya.

Posted using Partiko Android

Sort:  

ni artikel yang menarik. Saya sangat menyukainya. saya memberikan hadiah dari bot Minnowhelper. saran saya, cobalah mencari tahu tentang dompet steem-engine. disana terdapat banyak token yang bisa di perdagangkan. dan token tersebut bisa anda dapatkan secara gratis hanya dengan mengunakan tag di artikel steemit anda. anda bisa melihat contoh tag di artikel saya. jika kurang mengerti, anda bisa menghubungi saya lewat discord.

Posted using Partiko Android

Wah... Kamar mandinya di luar kamar.... 🤔 Tapi bersih ya?

Posted using Partiko Android

Bersih. Di luar kamar juga engga jauh cuma 5 langkah aja. Mau saya masukan foto kamar mandinya tapi ga jadi. Mau saya pakai buat review di grup backpacker.

Posted using Partiko Android

Kita telah resteem ke ribuan follower.. :> Trims sudah memilih kami sebagai witness anda.

Thank you so much for being an awesome Partiko user! We have just given you a free upvote!

The more Partiko Points you have, the more likely you will get a free upvote from us! You can earn 30 Partiko Points for each post made using Partiko, and you can make 10 Points per comment.

One easy way to earn Partiko Point fast is to look at posts under the #introduceyourself tag and welcome new Steem users by commenting under their posts using Partiko!

If you have questions, don't feel hesitant to reach out to us by sending us a Partiko Message, or leaving a comment under our post!

Coin Marketplace

STEEM 0.35
TRX 0.12
JST 0.040
BTC 70597.89
ETH 3559.60
USDT 1.00
SBD 4.77