[RH #3]: Wisata Taman Rusa

in #realityhubs5 years ago

Tuan dan Puan Steemians...

camera720_1567909312542.jpg

Beberapa hari lalu dalam rangka mengikuti acara wisuda di UIN Ar-Raniry, saya membawa serta keluarga ke Banda Aceh. Seperti lazimnya, acara wisuda tanpa kehadiran keluarga akan terasa sunyi.

Sebelum berangkat, kedua anak saya berkali-kali mengingatkan agar dalam perjalanan nantinya bisa singgah di Taman Rusa. Namun karena terlalu lelah setelah menempuh perjalanan dari Bireuen, saya menunda singgah ke Taman Rusa. Saya berjanji pada anak-anak akan singgah nanti waktu pulang.

camera720_1567909409835.jpg

Sebenarnya meski pun sering ke Banda Aceh, namun saya tidak pernah berkunjung ke taman itu. Bahkan saya tidak tahu alamatnya. Masalahnya, untuk bersantai saya lebih memilih tepian pantai daripada tempat lain. Singkatnya saya malas ke kebun binatang dan menyaksikan hewan-hewan malang itu dikurung.

Karena sudah berjanji dengan anak-anak, saat dalam perjalanan pulang ke Bireuen saya pun singgah di Taman Rusa setelah melacak alamatnya di internet. Objek wisata kebun binatang itu terletak di Desa Lam Tanjong, masuk kawasan Sibreh, Aceh Besar.

camera720_1567909474603.jpg

Jarak antara kota Banda Aceh dengan lokasi mungkin sekitar 25 km. Sementara jarak dari jalan negara menuju Lam Tanjong sekira 10 menit perjalanan dengan kendaraan. Kami tiba di sana pada jam tiga siang.

Tempat wisata itu diberi nama Taman Rusa. Namun demikian di sana tidak hanya terdapat rusa, tapi juga banyak hewan-hewan langka lainnya. Di sana juga disediakan tempat bermain bagi anak-anak dan juga tempat bersantai. Tempat itu juga dilengkapi dengan kolam besar.

camera720_1567909517679.jpg

Dilihat dari luas tempat dan pemandangan di dalamnya, tempat itu memang cocok sebagai objek wisata. Tempat itu juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang membuat pengunjung merasa nyaman. Untuk masuk ke taman dikenakan biaya Rp. 15.000 untuk orang dewasa dan Rp. 10.000 untuk anak-anak.

Di taman itu saya menyaksikan bermacam-macam hewan yang sebagiannya belum pernah saya lihat sebelumnya, kecuali melalui internet atau TV. Selain rusa yang terlihat berlari-lari di taman, di sana juga ada hewan seperti kuda, kambing hutan, ular, buaya, iguana, kucing besar yang mirip harimau dan beberapa ekor bangsa monyet yang tidak saya ketahui namanya.

camera720_1567909629962.jpg

camera720_1567909738588.jpg

camera720_1567909812359.jpg

Di sana juga ada berbagai jenis burung seperti elang, merak, kaka tua, bangau dan burung unta. Banyak juga jenis binatang lain yang tidak saya ingat namanya.

camera720_1567909868928.jpg

camera720_1567909948421.jpg

camera720_1567910134299.jpg

camera720_1567910288526.jpg

camera720_1567910351061.jpg

Bagi para pengunjung, khususnya anak-anak, pemandangan semisal ini memang cukup menghibur. Sementara bagi pengelola, objek wisata ini adalah lahan bisnis yang sangat menjanjikan. Sementara bagi hewan, tempat itu adalah neraka.

Saya pribadi tidak sepakat dengan kehadiran kebun binatang seperti ini. Meskipun diberi makanan, namun hewan-hewan itu telah terampas kebebasannya. Mereka dikurung dalam ruangan dan taman-taman sempit. Bahkan ada beberapa burung yang berusaha terbang tapi terhalang oleh sangkar besi. Saya yakin mereka benar-benar tersiksa dengan kondisi ini.

camera720_1567910071861.jpg

camera720_1567910219070.jpg

Seharusnya hewan-hewan itu dilepas kembali ke habitatnya agar mereka bisa bercengkerama dengan alam. Agar mereka bisa bebas menikmati kehidupannya di luar sana tanpa ada campur tangan manusia-manusia serakah yang ingin mencari untung dari penderitaan binatang.

Demikian dulu Tuan dan Puan Steemiana, lain waktu disambung kembali...


Posted on RealityHubs - Rewarding Reviewers
Sort:  

Congratulations @tinmiswary! You have completed the following achievement on the Steem blockchain and have been rewarded with new badge(s) :

You published more than 650 posts. Your next target is to reach 700 posts.

You can view your badges on your Steem Board and compare to others on the Steem Ranking
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

To support your work, I also upvoted your post!

Vote for @Steemitboard as a witness to get one more award and increased upvotes!

Beutoi bang, long pih sepakat lage droeneuh peugah di akhir tulisan. Mungkin sebagian pengunjung merasa taman hewan itu sebagai hiburan, tapi menurut saya, ide dari pengelola taman rusa nyoe ka melanggar hak asasi hewan. Binatang yang di kurung itu harus segera di bebaskan, kalau tidak, saya akan kirim pasukan rusa inoe, dan hewan lainnya, untuk melepaskan teman mereka yang di kurung
😂

Saya juga sebenarnya anti dengan kebun binatang. Rasanya kasihan sekali. Karena juga beberapa lokasi kebun binatang tidak punya cukup fasilitas untuk hewan hewan itu.

Thanks for your contribution.

Regards,
@anggreklestari
[Realityhubs Curator]


Posted on RealityHubs - Rewarding Reviewers

Ya, hak2 binatang harus dikembalikan. Terima kasih Realityhubs Curator, @anggreklestari


Posted on RealityHubs - Rewarding Reviewers

Hello @tinmiswary thanks for sharing this post with Realityhubs, the Deer zoo looks like a nice place to visit although I was expecting to see a lot of deer lool.

Thanks for using the realityhubs tag, we look forward to your next post.

Realityhubs Mod


Posted on RealityHubs - Rewarding Reviewers

Coin Marketplace

STEEM 0.26
TRX 0.11
JST 0.032
BTC 64799.61
ETH 3102.94
USDT 1.00
SBD 3.83