Steemian Naik Haji #1: Pendaftaran dan Persiapan

in #religion6 years ago

IMG_20180511_113930.jpg
Kegiatan manasik haji oleh Dinas Syariat Islam Kota Lhokseumawe

Assalamu'alaikum, apakabar steemian,

Haji adalah rukun Islam ke lima yang wajib bagi seluruh muslim. Kewajiban haji tidak seperti rukun-rukun Islam yang empat lainnya. Haji ini hanya diwajibkan bagi yang mampu baik secara finansial, mental, fisik dan lainnya. Dan perbedaan lainnya adalah hanya diwajibkan sekali seumur hidup.

Beberapa serial postingan kedepan saya akan berbagi dengan steemian semua pengalaman spiritual saya sejak mulai berniat dan mendaftar untuk keberangkatan sampai hari H keberangkatan dari embarkasi Banda Aceh. Saya berbagi disini bukan untuk riya, tapi sebagai motivasi bagi steemian lain yang berniat untuk menunaikan haji atau berniat menghajikan orang tuanya.

Tahun 2009 saya mendaftar untuk keberangkatan haji dengan melakukan penyetoran ONH pada salah satu bank pelaksana sejumlah 20juta rupiah untuk mendapatkan porsi keberangkatan. Petugas bank memperkirakan waktu keberangkatan saya sekitar 6 tahun kedepan. Tahun 2012 saya melanjutkan pendidikan program S3 di NCTU Taiwan.

Sesuai dengan perkiraan sebelumnya, tahun 2015 saya mendapat panggilan dari Kantor Kementrian Agama Kota Lhokseumawe untuk keberangkatan pada tahun tersebut. Dengan alasan masih dalam masa pendidikan saya mengajukan penundaan untuk dimasukkan pada tahun berikutnya.

Tahun 2018 ini, saya kembali mendapat panggilan untuk berangkat. Bulan April lalu saya tiba di Indonesia dari Taiwan untuk melengkapi semua persyaratan, diantaranyanya adalah suntik vaksin meningitis, menyerahkan passport untuk visa, dan pelunasan BPIH.

Kerajaan Saudi Arabia mewajibkan semua calon jemaah haji untuk melakukan suntik vaksin meningitis. Kantor kemenag Kota Lhokseumawe melalui dinas kesehatan setempat menunjukkan beberapa puskesmas untuk lokasi penyuntikan. Passport harus diserahkan kepada Kantor Kemenag Kota Lhokseumawe untuk diteruskan ke Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta untuk pengurusan visa. Passport tersebut akan diserahkan kembali ke calon jemaah pada hari H keberangkatan dari masing-masing embarkasi.

EmbarkasiBPIH
AcehRp 31.090.010
MedanRp 31.840.375
Jakarta (pd. Gede)Rp 34.532.190
SurabayaRp 36.091.845
LombokRp 38.798.305

BPIH = Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji

Total biaya yang harus dilunaskan oleh setiap jamaah adalah Rp 31.090.010 untuk embarkasi Aceh. Setiap embarkasi berbeda BPIH-nya sesuai dengan jarak penerbangan, seperti pada tabel di atas. Total ada 13 embarkasi untuk seluruh Indonesia.

Quota jumlah jamaah haji ditetapkan oleh Kerjaan Arab Saudi. Indonesia mendapatkan quota 221.000 orang, sebelumnya sempat berkurang karena adanya proses perluasan mesjidil haram. Dari total quota tersebut terbagi menjadi 194.000 untuk jamaah haji reguler dan 17.000 untuk jamaah khusu seperti pejabat negara atau haji plus. Dengan quota tersebut untuk Provinsi Aceh daftar tunggu sekitar 95.000, dengan demikian calon jemaah haji yang mau mendaftar tahun ini diperkirakan baru bisa berangkat 22 tahun kemudian.

Saat ini saya sedang mengikuti kegiatan manasik haji yang dilaksanakan oleh Dinas Syariat Islam Kota Lhokseumawe. Manasik ini adalah kegiatan simulasi proses pelaksanaan ibadah haji. Mohon doa dari seluruh steemian agar langkah saya melaksanakan ibadah ini dimudahkan oleh Allah yang maha kuasa.




Terimakasih sudah berkunjug ke blog saya
Thank you for visiting my blog

Lhokseumawe, May 11th, 2018
signature.gif

Sort:  
Loading...

Barakallah pak @ahmadnayan
Di Aceh antriannya cepat juga ya Pak...

Sekarang antriannya 22 tahun

This post has received a 0.88 % upvote from @booster thanks to: @ahmadnayan.

Hai @ahmadnayan, apa kabar? Congratulations! Posting anda masuk peringkat 5 kategori Tulisan Dengan Upvote Terbanyak, di 10 Besar Tulisan Hari Ini di https://steemit.com/peringkat/@puncakbukit/10-besar-tulisan-hari-ini-minggu-13-mei-2018 ..

Aamiin

Barakallah bang @ahmadnayan Semoga lancar

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.11
JST 0.033
BTC 64243.42
ETH 3152.93
USDT 1.00
SBD 4.28