(TES & REVIEW) - Mencoba Beta Test Coinone IndonesiasteemCreated with Sketch.

in #review6 years ago (edited)


ojh67srevs.jpg
Gambar : Tampilan Utama Bursa Pertukaran Mata Uang Crypto Coinone Indonesia

Selamat malam teman esteemian semua,

Beberapa hari yang lalu tepatnya tanggal 12 Juli 2018 saya mendapatkan email dari pihak Coinone. Mereka mengatakan bahwa Beta Test Coinone Indonesia telah resmi dibuka untuk 10.000 user pertama yang telah mengikuti Pra-Registrasi dan saya yang telah terpilih untuk mencoba Enchange yang masih versi beta tersebut diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu. Setelah berhasil registrasi dan berhasil Login, saya pun harus melakukan proses verifikasi. Tahapan proses verifikasi sama seperti pada enchange pada umumnya, yaitu meliputi verifikasi email, nomor telepon, verifikasi identitas, verifikasi rekening bank, verifikasi residensi (alamat tempat tingal kita), dan yang terakhir Tingkat batas penarikan.


9zba7vo5tb.jpg
Gambar : Email Pemberitahuan Perilisan Beta Tes Coinone Indonesia

ahvvhvisfo.jpg
Gambar : Tahapan Proses Verifikasi

Untuk saya yang hanya ingin mencoba melakukan transaksi jual/beli dengan modal kecil, verifikasi cukup sampai pada tahap verifikasi rekening bank saja, tahapan lainnya abaikan saja. Setelah selesai semua tahapan tersebut saya mencoba mentransfer uang ke rekening virtual yang diberikan oleh pihak Coinone. Saya mentransfer menggunakan Aplikasi Mobile Banking Bank Mandiri yang saya miliki. Pada awalnya saya sedikit bingung karena setiap kali saya menekan tombol Proses untuk transfer dana, selalu muncul pop up yang mengatakan bahwa transaksi saya gagal dan saya diarahkan untuk menghubungi costumer service Bank Mandiri. Saya mencoba sampai 3 kali dan selalu saja gagal.

Saya berpikir, lebih baik saya tanyakan saja ke layanan konsumen Coinone terlebih dahulu, maka saya melakukan login ke enchange Coinone dan saya terkejut karena transfer dana saya sebesar Rp. 100.000 telah sukses dan langsung masuk ke Enchange Coinone. Lantas saya membuka Aplikasi Mobile Banking dan saya melihat riwayat transaksi. Saya bertambah terkejut, karena walaupun transaksi saya berhasil, saldo saya tetap dan tidak berubah, ternyata pihak Coinone mentransfer kembali dana tersebut ke rekening saya. Saya juga tidak tahu, apakah ini bug atau memang kebijakan dari pihak Coinone untuk para user yang terpilih untuk mencoba Beta Tes Enchange ini.

Ah sudahlah, apapun itu yang jelas saldo rekening saya masih utuh dan saldo enchange Coinone Indonesia saya terisi ^-^. Saya langsung mencoba masuk ke tab Enchange dan melihat daftar mata uang Crypto yang diperdagangkan, ternyata Coinone Indonesia baru merilis empat mata uang crypto, yaitu : BTC, BCH, LTC dan QTUM. Saya mencoba memasang harga beli untuk BTC. Pada saat tulisan ini dibuat harga pertukaran mata uang Crypto BTC ke Rupiah berada pada harga Rp. 93.598.000. Volume perdagangan semua mata uang tersebut masih sangat kecil, bahkan QTUM masih 0%, mungkin karena masih tahap beta test.


qgrlngjvxa.jpg
Gambar : List Mata Uang Crypto yang Diperdagangkan

Coinone Indonesia juga menyediakan penjualan beberapa jenis Kupon, Kupon ini berguna bagi kita yang ingin melakukan trading tanpa dikenakan biaya. Setiap jenis kupon hanya berlaku 30 hari dari watu pengaktifan pertama. Untuk setiap jenis kupon bisa anda lihat langsung pada halaman resmi Coinone Indonesia.


zw6cjppaxy.jpg
Gambar : Kupon Pilihan yang Disediakan

Setelah mencoba (menggunakan laptop), saya masih menemukan beberapa kelemahan pada Enchange ini, diantaranya adalah :
  • Tampilan halaman Enchange Coinone Indonesia sangat lebar sekali dan tidak disediakan Scroll Bar untuk melihat keseluruhan halaman. Jadi, untuk menampilkan seluruh halaman saya harus memperkecil Zoom pada browser menjadi 80%. Bayangkan sendiri kalau anda membuka Enchange ini dari ponsel, pasti sangat ribet sekali.
  • Setelah Zoom pada browser diperkecil, masih terdapat masalah lainnya, yaitu ketika saya akan melihat bagian akhir/bawah halaman, saya harus menggunakan anak panah pada keyboard laptop/komputer.
  • Tombol MAKSIMUM (MASK) Pada bagian PESANAN (untuk order beli dan jual) masih perlu perbaikan, karena ketika saya akan melakukan order beli, saya mencoba menggunakan seluruh dana di saldo dengan menekan tombol MAKS, ternyata nilai yang ditampilkan bukan jumlan BTC yang sesuai dengan saldo saya tetapi jumlah maksimum pembelian BTC tersebut.
  • Pada saat proses deposit dana saya mendapatkan pesan gagal berkali-kali, setelah saya cek pada riwayat transaksi melalui Aplikasi Mobile Banking, semua transaksi yang dikatakan gagal tadi ternyata berhasil. Saya tidak tahu, apakah ini kesalahan dari pihak Coinone ataupun dari Akun Bank Saya, semoga kejadian ini juga cepat diperbaiki.

Untuk saat ini baru itu yang saya rasakan, kelemahan yang lain belum saya temukan, harap maklum saja, saya baru menggunakanya untuk trading hari ini. Mungkin dengan berjalannya waktu semua kelemahan tersebut bisa segera diatasi.

Dan ini adalah Poin yang paling penting, saya yakin ini adalah poin yang paling ditunggu-tunggu oleh teman-teman esteemian di seluruh Indonesia :

  • Saya berharap pihak Coinone Indonesia bisa memasukkan STEEM dan SBD ke dalam bursa pertukaran karena pengguna steemit di Indonesia sangat besar.
  • Sampai saat ini untuk Indonesia saya baru mengenal 3 Bursa pertukaran yang pasti aman dan terjamin, yaitu INDODAX, LUNO, dan COINONE INDOENSIA. Tetapi belum ada satupun enchange yang memasukkan kedua mata uang crypto tersebut ke bursa mereka, padahal permintaan dari para esteemian sudah sering disuarakan.

Semoga Coinone Indonesia menjadi yang pertama merealisasikannya dan para esteemian tidak perlu menggunakan bursa luar negeri untuk proses pertukaran dan trading kedua mata uang tersebut.

TERIMA KASIH TELAH MEMBACA

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA

Sort:  

Ok, you're welcome ^_^

Well done @machroezar! You successfully guessed the match result.

Finals - France vs Croatia
Click on the badge to view your Board of Honor.

Do not miss the last post from @steemitboard:
SteemitBoard World Cup Contest - Final results coming soon

Congratulations! This post has been upvoted from the communal account, @minnowsupport, by machroezar from the Minnow Support Project. It's a witness project run by aggroed, ausbitbank, teamsteem, theprophet0, someguy123, neoxian, followbtcnews, and netuoso. The goal is to help Steemit grow by supporting Minnows. Please find us at the Peace, Abundance, and Liberty Network (PALnet) Discord Channel. It's a completely public and open space to all members of the Steemit community who voluntarily choose to be there.

If you would like to delegate to the Minnow Support Project you can do so by clicking on the following links: 50SP, 100SP, 250SP, 500SP, 1000SP, 5000SP.
Be sure to leave at least 50SP undelegated on your account.

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.11
JST 0.033
BTC 63968.82
ETH 3136.80
USDT 1.00
SBD 4.28