Steemit Bukan Hanya Sekedar Mendapatkan Reward, Dia Lebih Besar Dari Itu

in #steemit6 years ago

IMG_5293.JPG


Saya seharusnya menyelesaikan tugas editing untuk project summercamp @sndbox tadi malam. Saya bisa saja menyelesaikannya lebih awal, yaitu sekitar pukul 00.00 atau 02.00 WIB. Namun, itu tidak mungkin, saya baru mulai mengedit video tersebut pada pukul 00.00 WIB. Pulang dari masjid untuk melaksanakan shalat tarawih, saya langsung mengecek telepon pintar dan ada dua pesan yang membuat saya penasaran. Satu pesan dari @jeulamei, satu lagi dari @rezaacoi. Dua-duanya menanyakan posisi saya. Katanya ada tamu jauh, Steemian KSI Pidie.

Saya langsung menuju Taufik Kopi, tempat dimana kami biasa berkumpul. Benar saja, ada dua orang yang sedikit asing bagi saya duduk satu meja dengan kawan-kawan lainnya. Mereka adalah @banglun dan Pon. Kami terlibat pembahasan yang menarik dan santai. Diskusi tentang Steemit pun terlihat menjadi hal yang paling dominan pada pertemuan tersebut. Saya juga berbagi kisah awal mula mengarungi platform berbasis blockchain ini dan apa saja strategi yang saya terapkan sendiri untuk tetap bertahan di Steemit.

Steemit bukan hanya soal menulis dan mendapatkan reward

Sejak membuat akun pertama kali pada bulan September 2017, saya sudah banyak mengalami hal-hal yang dialami oleh kawan-kawan sekarang. Perkara seperti hanya memosting foto dan satu kalimat penjelasan, kemudian mengambil postingan dari tulisan orang lain (plagiat), hingga praktik membeli bot sudah membuat saya jera dan akhirnya meninggalkan hal tersebut. Saya cukup sabar untuk mendengar arahan dari kawan-kawan yang memang sudah berpengalaman. Sejalan dengan waktu, saya mempelajari dinamika Steemit secara global, platform ini memberi harapan cerah untuk pengguna yang kreatif. Steemit menyokong berbagai komunitas kreatif.


IMG_5172.JPG


Apa yang saya kerjakan sebelum platform ini lahir, semua bisa saya bawa ke Steemit. Saya bertemu orang-orang yang seide dari berbagai belahan dunia. Saya berbagi kisah bagaimana mengembangkan suatu komunitas kreatif di Indonesia dengan mereka, begitu juga sebaliknya. Itu hanya akan kita temuka jika kita rajin membaca dan menjalin hubungan dengan pengguna lain. Bagaimana jika tidak bisa berbahasa Inggris? Tidak perlu gusar, kita masih bisa berteman dengan sesama pengguna dari Indonesia. Mereka terdiri dari berbagai profesi. Sekali lagi, rajinlah Steemit Walking ke postingan orang lain.

Contoh salah satu komunitas yang membantu pekerja kreatif (Steemian)

Salah satu komunitas terbesar yang mendukung kreatifitas di Steemit adalah @sndbox. Kebetulan, saya sedang menyelesaikan final quest untuk bisa masuk ke dalam program Summer Camp milik mereka. Jika kalian ingin masuk ke sana dengan alasan akan mendapat vote yang besar, maka itu salah besar. Kalian telah meninggalkan salah satu yang lebih besar, yaitu bertemu orang-orang yang luar biasa. Kalian berkesempatan bekerja dengan mereka dalam salah satu project atau kalian sendiri yang bisa menawarkan project untuk dibantu kembangkan oleh mereka.



Nonton Video Penjelasan @sndbox


@sndbox sedang membuka pendaftaran untuk menjadi bagian dari mereka. Kamu bisa mencobanya di sini. Saya yakin, kalian punya cita-cita untuk mengembangkan daerah masing-masing. Ada banyak ide yang kalian simpan dan tidak berani kalian keluarkan dengan berbagai alasan. Katakanlah alasan finansial, sosial, dan sumber daya. Kalian bisa jabarkan apa yang kalian ingin kerjakan. Sebagai contoh, kalian punya minat pada film. Menonton film adalah hobi yang sangat kalian suka. Bagaimana jika menonton film itu bukan hanya sekedar hobi.

Kalian bisa jadikan itu sebagai mata pencaharian. Mungkinkah? Kalian cari teman-teman yang memiliki hobi yang sama tersebut. Kembangkan idemu menjadi lebih jelas. Kamu bisa menjelaskan

Saya akan membuat screening film harian/mingguan dan mengajak orang untuk menontonnya bersama. Setiap dari mereka akan menulis tentang apa yang mereka tonton atau saya akan bertanya pendapat kepada mereka kemudian saya tulis di sebuah akun Steemit. Di sana, pengguna yang lain akan bisa membaca konten yang kami sediakan. Mereka bisa merujuk film mana yang layak dinonton dan kenapa.

Bukankah hal tersebut sangat luar biasa? Saya yakin komunitas menonton kalian akan berkembang dan banyak pengguna Steemit yang ingin bergabung. Tapi ingatlah, ini pasti memerlukan proses yang sedikit lama. Barang yang bagus akan dikenal jika dia selalu ada (konsisten).


IMG_5356.JPG


Jika kita pesimis, kita tidak akan berkembang

Banyak tulisan yang tidak setuju jika Steemit ini adalah sebuah platform yang sedikit luar biasa. Mereka mengajukan alasan-alasan yang memang masuk akal. Berfikirlah sedikit terbuka. Saya telah melanglang buana mencari uang di internet. Berbagai cara sudah pernah saya lakukan. Menyediakan konten orisinil bahkan sampai yang plagiat. Tetapi, saya betah di Steemit. Saya merasa tidak melakukan apa-apa di sini. Mungkin itu karena saya mengerjakan apa yang saya suka. Saya menulis tentang film di Steemit. Itu terjadi begitu saja, saya tidak merasa itu sangat sulit. Tetapi saya mendapatkan reward dari hal tersebut.

Jangan lihat apa yang orang lain kerjakan dan berapa reward yang mereka dapat (misalnya mereka lebih banyak darimu). Anggap saja kamu hanya menyalurkan hobi di Steemit dan kamu tidak keberatan dengan hal tersebut. Kalian akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan apa yang kalian kerjakan, percayalah. Jika kalian ingin membuktikan apa yang saya katakan, coba saja follow @rastaufik10 atau @komenk81. Tanyakan bagaimana mereka berproses di Steemit dan menemukan komunitas yang seide dengan apa yang mereka kerjakan.



story.jpg

Sort:  

Terima Kasih sudah membaca

Dengan senang hati bang! 😁

Pinjam bahunya dunk!

Semoga bhasil bro.. Dan jika bhasil, projeknya bnar2 terlihat dan dirasakan orang lain.

Awasss kalo ngga terlihat dan terasa....

Hahaha.. Tahannnn ini cobaan

Insya Allah. projectnya bisa dipantau di @speakfreelytv bang

Man Jadda wa jada

Kesempatan itu bukan dicari tapi dibuat sendiri jika ingin maju. Di Steemit kalau mencari kesempatan hanya untuk mendapatkan sekedar reward saja, ya nggak akan berkembang, cuma akan sampai di sana saja. Lain kalau membuka kesempatan sendiri untuk mendapatkan banyak hal bermanfaat, maka tidak akan habis manfaat yg bisa kita dapatkan di Steem Blockhain ini.

Setuju kak. Gagal sekali, coba lagi. Konsep Try and Error harus benar-benar diaplikasikan

Mantap jiwa bg 👍

Ihhh...gemezznya

Perkara reward dollar itu adalah rezeki masing-masing steemian. Tak perlu terlalu ambisi untuk mengejarnya. Ada reward yang lebih besar dan lebih berharga, yaitu keluarga baru dan pengalaman baru yang sangat bernilai. Melalui steemit, kita bertemu dengan orang-orang hebat dari berbagai macam latar belakang.

Dari mereka, kita bisa belajar berbagai macam hal yang belum kita ketahui. Dan yang terpenting, dengan semakin eratnya komunikasi kita jadi lebih memahami arti kebersamaan dan saling berbagi.

Benar @alvaro017. Salam kenal hahahaa

Salam tempel @akbarrafs, lebaran sebentar lagi. Haahaha :p

Sebuah motivasi.
Terimakasih atas tulisannya, bang
Saya belajar banyak dari sini.
Semoga sukses terus!

Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat
'

Sama-sama bang.. :)

Suka dech baca artikel abang nih.
Bertahan di steemit memang tidak gampang jauh lebih sulit dari memulai. Musuh terbesar di steemit adalah diri kita sendiri, self controling ketika kita bisa mengatasi dengan tidak terpengaruh membuat suatu konten menarik dari hasil yang salah plagiat misal hanya dengan tujuan untuk mendapat reward besar krn karya yang terlihat wah, dan masih banyak lg godaan berjalan disini. Perlahan berjalan disini, menikmati setiap proses kenaikan reputasi meski kecil, secara perlahan juga menemukan orang2 yg tepat mau berbagi ttg kreatifitas masing2 dan menarik kita didalamnya. Terimakasih sudah berbagi bang @akbarrafs

Iya. Tunjukkan kreatifitas kita. Terima kasih sudah berkunjung @dwiitavita. Iya. Menikmati proses demi proses lebih terasa ketimbang menggunakan cara yang praktis untuk memperoleh reward besar, tapi curang (seperti menggunakan bot). Karena Steemit adalah proof of brain.

Saya jadi trenyuh baca nasehat ini, disaat sekarang sy cb membuat kawan saya untuk sadar apa arti dalam bersteemit. Kita bisa berkarya, memberdayakan otak, membuat orang lain menyukai karya kita, mempelajari tag2 positif yang membantu project kurasi. Tapi sebagian orang malah memilih sistem bot. Ya sudahlah, setiap orang memang berbeda dan saya tidak bisa memaksanya untuk sama dengan saya atau teman lain yang masih mau berjalan lurus. Toh sistem bot juga legal di steemit, terimakasih kembali bang. Sukses selalu buat abang

Memang bot legal di Steemit. Tapi sebagian besar whale sangat membencinya. Ia mengubah hakikat Steemit yang sebenarnya. Kedepan, akan hadir SMTs, teknologi yang membersihkan Steemit dari bot

Wah...sangat berharap semoga SMTs segera bisa terwujud

Coin Marketplace

STEEM 0.26
TRX 0.11
JST 0.033
BTC 64203.15
ETH 3065.06
USDT 1.00
SBD 3.93