Steemit - Media Sosial Atau Bisnis ?

in #steemit6 years ago

IMG_0995.JPG
[ ilustrasi gambar saya sedang mencerna pandangan saya ]

Halo sahabat steemian semuanya..
Pada kesempatan ini saya tertarik untuk mengulas sesuatu yang berdasarkan pengalaman saya selama ini dalam dunia steemit dan setelah itu saya masuk lebih dalam kedunia trading. namun, saat ini saya tidak akan mengulas akan hal trading ataupun bagaimana cara kita trading akan tetapi pandangan saya terhadap steemit ini.

Beberapa waktu lalu banyak perbincangan tentang apakah steemit ini media sosial ataukah steemit ini berupa platform yang bukan di kategorikan sebagai media sosial, jika menurut pribadi saya sendiri ini masih menjadi hal yang rancu karena jikalau saya mengatakan ini media sosial maka di beberapa sudut juga saya melihat steemit ini digunakan untuk bisnis semata oleh beberapa kalangan. mari kita ulas !!

Saya mengutip pengertian media sosial dari wikipedia

Media sosial adalah sebuah media daring, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. source

Melihat dari pengertian di atas jelas sekarang saya mendapatkan ketetapan hati lebih akan steemit ini, setidaknya saat ini saya lebih setuju jika sejatinya steemit ini merupakan media sosial dan memang itulah tujuan dari steemit ini jika melihat fitur yang ada pada platform modern saat ini dengan adanya tempat berbagi informasi serta interaksi sosial yang di sediakan dalam kolom komentar dan juga akan hal-hal lainnya.

Namun, jika saya mengingat apa saja yang terjadi di steemit ini adalah adanya bisnis yang terjadi disana, ini kita bisa lihat dengan adanya buy vote service ( Layanan Beli Vote ), penyewaan Steem Power , organisasi dalam mengembangkan komunitas cryptonya sendiri seperti adsactly, bitshares dan lain sebagainya. dan yang paling mendapatkan perhatian yang dapat saya contohkan adalah SELFVOTE dan EXCHANGEVOTE

SELFVOTE adalah vote dirinya sendiri dan sedangkan EXCHANGEVOTE adalah sebuah kerjasama saling menukar vote satu sama lain, saya lebih tertarik melihat hal ini karena ini sudah terjadi sudah lama dan memang hal ini tidak dapat kita hindari di karenakan itu adalah hak dari semua pemilik akun. saya dapat contohkan ini pada sebuah drama sinetron yang sudah berjalan beberapa episode yang melibatkan bernie dan beberapa akun steemit lain. bernie sangat menentang yang namanya etika dan cara yang tidak baik di platform steemit ini dan dia menentang hal itu dengan caraya sendiri.

Bernie menentang sebuah akun yang selalu melakukan selfvote ataupun exchangevote yang sudah di lakukan oleh salah satu akun yang tidak perlu saya sebutkan namanya. sebagai pemilik modal besar itulah yang akan menjadi dilema besar di steemit ini. mereka dapat dengan leluasa menguras profit steemit untuk mengembalikan modal besar yang sudah di keluarkan untuk membeli sp sebelumya. kita tahu dengan platform steemit ini seorang investor tidak akan kehilangan jumlah uang mereka karena memberikan vote kepada seseorang dan karena itu bisnis ini terjadi di platform cantik ini. dapat saya katakan sambil menyelam minum air, selagi pemodal besar menaruh invest besar mereka dapat menguangkannya dengan mendapat reward besar dalam postingan mereka ( post biasa saja). dan itu menjadi nilai + dalam bisnis ini, dan ketika nilai STEEM meranjak naik maka pendapatan yang mereka dapat pun akan berkali lipat.

Dari inilah kenapa kita melihat pada ruang trending selalu ada orang yang sama disana. itu dapat di karenakan karena beberapa faktor yang saya sebutkan pada paragraf ke 6 di atas. dan dari pandangan saya inilah kenapa saya menyimpulkan bahwa di steemit juga menjadi ajang bisnis bagi si pemilik modal besar.

Oke. Mari kita kecilkan ruang lingkupnya untuk membahas selfvote ini pada si tidak punya modal seperti saya contohnya atau kawan-kawan lain. setiap pemilik akun mempunyai hak untuk vote dirinya sendiri. selalu saya membuat postingan pastinya saya selalu melakukan vote diri sendiri supaya angka di postingan saya tidak NOL dan itu selalu aku lakukan mungkin sama seperti kawan yang lain.


illustrations by: Eiko Ojala Source

Apakah kita buruk ? saya sendiri juga tidak tahu jawaban akan hal ini di karenakan beberapa hal yang tidak menganggu pada tempatnya karena vote kita sendiripun masih terbilang sangat kecil bahkan untuk masuk ke trending saja tidak mungkin dengan vote kita sendiri. dan saya sendiri merasa tidak masalah dengan hal itu untuk si pemodal kecil dengan vote diri sendiri karena tidak menganggu orang lain. dan adakala pengguna menggunakan jasa vote, dan apakah itu salah ? menurut saya tidak SALAH apabila di gunakan dengan cara sewajarnya.

Sewajarnya yang saya maksudkan adalah jika kita mempunyai sebuah konten yang layak dan bagus untuk diberikan kepada si pembaca dengan isi konten yang setidaknya jauh dari kata konten sampah. setidaknya konten yang bagus untuk di perhatikan oleh para steemian, sejatinya kita juga ingin melihat ruang trending yang penuh dengan konten-konten yang bagus untuk di simak.

Jadi. dari sinilah saya mengatakan bahwa steemit ini bukan hanya sebuah media sosial namun juga menjadi sebuah media bisnis untuk diri kita sendiri maupun komunitas. jadi mari kita lakukan suatu hal sewajarnya tanpa merugikan orang lain.

Ini adalah pandangan pribadi saya untuk hanya ingin sekedar berbagi informasi dan masing-masing steemian punya hak untuk punya analisanya sendiri, mungkin ada yang berbeda pendapat dengan saya itu adalah hal yang wajar dan ini hanya lah sekedar untuk berbagi.

Perhatian : Saya akan membeli vote service agar postingan saya masuk trending karena saya merasa ingin berbagi pandangan ini dan mendapatkan pendapat dari steemian lainnya. jika kalian menganggap post ini tidak pantas untuk berada di TRENDING , silahkan FLAG post saya ini.

Author : @arie.steem

DiscordDiscordDiscord
ADSactlySevenFingersEos.Cafe

Sort:  

Menurut saya pribadi, steemit memang media sosial sekaligus bisa dijadikan media untuk berbisnis.
Salam dari Saya @niniandini

Lebih kurang, saya sependapat meski tidak sepenuhnya. Steemit memang sebuah media sosial yang bisa dijadikan lahan bisnis bagi yang menekuni serta memiliki berbagai jalan untuk mendapatkan penghasilan dari reward yang dihasilkan. Terlepas dari layak (normal) atau tidaknya, itu kembali ke pribadi masing-masing.

Saleum... 🙏

Saleum.. Seperti yang saya terangkan juga di atas bahwa kita berhak untuk memilih. Namun kita juga harus pergunakan dengan baik

Betul @arie.steem. Saya setuju sekali :)

Ohh.. Trnyata begini cerita mas bernie pantesan minus....hmmm.. Klo dri artikel di atas menurut saya sih wajar, karena steemit menggabungkan bisnis dan media sosial, skrg tergantung dri kebijakan penggunanya.... Arah perkembangannya userlah yg menentukan, toh sistemnya desentralisai... Tpi jujur saya agak sedih dengan fenomena yg beli vote hanya untuk dpat untung dengan memproduksi konten sampah...😷 semoga tidak terjadi pada kita semua....

Yah..ini berbicara dalam ruang lingkup umum. Selama saya di steemit saya mendapatkan analisa itu. Dan di steemit juga ada dilema perang flag. Wkwkwkwk

Perang yg menydihkan, sehingga dpat menggeser dogma steemit bila berlanjut.

Semoga saya tidak diperangi. Wkwkwk

Kalo udah ngerjain karya sampe 3-4 hari terus cuma dapat nol koma,gimana menurut bro @muktaridha

naik gedung pakai lift kalo turun ya tau sendiri lah bg ,
wkwkwkwk

Turunnya ,meluncur lah om...😂😂😂
Kan dah latihan...

Mungkin cara menikmati cara menambang nya aja yang beda.
Bagi pemilik modal besar bisa menikmati ini dari sudut pandang kedua nya.

Bagi kita kita yang ikan teri ini ya cara menikmatinya gak perlu di jelasin lah..
Masing masing pasti punya cara untuk menikmati platform ini.

Bro @arie.steem
share informasi SMT dong.
Sudah di baca beberapa artikel yang English dan di translate masih gagal paham arah nya.
Thanks bro.
SALEUM 7 fingers.

Iya masing2 punya cara bg..
I.allah kalo saya ada mood lagi buat nulis. Saya sendiri belum sepenuhnya pelajari tentang SMT itu. Wkwkwk

Saya setuju tentang pemaparan bang @arie.steem. Kata setuju saya bukan tanpa alasan.Saya menilai platform ini telah mengundang warga maya dengan kata salam 'steem' diteruskan dengan 'it' .Terlepas dari itu, kita bisa berselancar sendiri untuk mengumpulkan bukti-bukti. Media ini lebih condong ke bisnis bila dibandingkan dengan perannya sebagai media berbagi. Saya juga pernah membuat tulisan tentang ini dalam bahasa yang sedikit halus di edisi 34, tapi sayang tidak ada feedback yang saya dapatkan.Secara umum, ini hanyalah pendapat pribadi saya menanggapi tulisan ini. Semoga bermanfaat!
Greetings!

Iya.. Itu saya melihat karna post hal pribadi yang tidak penting buat pembaca menjadi trending. Alangkah baiknya penggunaan buyvote untuk konten umum dan penting saja.

Nah yang ini ane setuju...
Apalagi kalo udah bikin karya sampe 3hari ,dapat vote nya cuma nol koma 😂😂😂😂
Berdarah sekali perasaan ini...😭😭

Apresiasi Anda terhadap jaringan sangat bagus. Anda harus kreatif dan mempublikasikan konten berkualitas untuk tumbuh. Saya harap Anda sukses.mgios

I saw your comment in not related language. But if you want readers understand with your comment. Please comment with international language.

If you understanding my post with google transate, i appreaciated

i use translate right now. Sorry.

Ulasan yang sangat bagus. Ini menjadikan sebuah jawaban rasa penasaran para pemula tentang steemit. Terima kasih @arie.steem

sebuah penulisan yang sangat bagus dan akurat, semoga sukses selalu bang @arie.steem
terimakasih telah berbagi.

Congratulations @arie.steem! You have completed some achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

Award for the number of comments received

Click on any badge to view your own Board of Honor on SteemitBoard.
For more information about SteemitBoard, click here

If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

Upvote this notification to help all Steemit users. Learn why here!

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.11
JST 0.033
BTC 64243.42
ETH 3152.93
USDT 1.00
SBD 4.28