A Year in Steemit, Struggle Full of Obstacles

in #steemit6 years ago (edited)

image


Nothing felt, July 9 I have been through so fast when I was active on the Steemit platform. For me, this Steemit has become a friend more than any other activity in the internet world, including with Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, and online mass media.

Even recently there is a social media called Gese. Blockhain-based social media just like Steemit can not take my eyes off Steemit. The proof, for almost a year almost every day on average I have one post.

While in the social media promotion of alcohol that I only have two posts only since joining at the end of June 2018 ago.

I also feel, the quality of posts is not all have a beautiful quality, and that's where I lack. But thanks to the support, feedback, and friendship with the steemians from various communities, lots of bright ideas and useful science I got.

History
Speaking best friends, I know Steemit for the good of a friend and also a senior in journalist, under the account name @ zainalbakri (60). He is a "force" figure, so I created a Steemit account.

Initially I wanted to make the account name "mustafakamal" in accordance with my real name, but many similarities with other steemian. Finally I chose @mushthafakamal (57), according to the Arabic spelling, because my name is derived from Arabic. Mushthafa (there are two bold letters shad and tha) means "choice" and Kamal with the word Akmal, meaning "perfect".

I joined Steemit counting July 9, 2017. After my account was approved, I did not immediately create a post, and only the third day I "made" posts. Because the information is less and I was too hasty, then direct post dealing with robot initials CH for posting my own work published on the other web without source. After a few hours, again I upload other people's posts without sources and enter CH again.

After I understood with learning to other elderly steemians I finally found a way in Steemit until now. Well, the way I mean is not getting a high upvote value of $ 100, but how to trick Steemit.

History records, I never get upvote value above $ 50 (except via bot). The highest upvote I can ever get from @utopian once $ 25, from the curator of Indonesia @ rok-sivante $ 20 and from @dtube $ 32. The rest of life in Steemit is mostly under $ 10 and $ 5.

Well, speaking now after the STEEM and SBD prices are down, my upvote value can be even more apprehensive which is an average of $ 0.50. However, my spirit is not drowning like Bitcoin price or STEEM price Rp22 thousand and SBD Rp18 thousand in rupiah exchange rate.


image

Setahun di Steemit, Perjuangan Penuh Rintangan dan Angka 57

Tidak terasa, 9 Juli telah saya lalui begitu cepat ketika saya aktif di platform Steemit. Bagi saya, Steemit ini telah menjadi sahabat melebihi kegiatan lainnya di dunia internetan, termasuk bersama Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, dan media massa online.

Bahkan baru-baru ini ada media sosial bernama Gese. Media sosial berbasis blockhain sama seperti Steemit itu tidak sanggup mengalihkan pandangan saya dari Steemit. Buktinya, selama setahun hampir setiap hari rata-rata saya memiliki satu postingan.

Sementara di media sosial promosi alkohol itu saya hanya memiliki dua postingan saja sejak bergabung pada akhir Juni 2018 lalu.

Saya juga merasa, kualitas postingan tidak semuanya memiliki kualitas indah, dan di situlah kekurangan saya miliki. Namun berkat dukungan, masukan, dan berteman dengan steemians dari berbagai komunitas, banyak ide cemerlang dan ilmu bermanfaat saya dapatkan.

Sejarah
Berbicara sahabat, saya mengenal Steemit atas kebaikan seorang teman dan juga senior di jurnalis, dengan nama akun @zainalbakri (60). Dialah sosok yang “memaksa”, sehingga saya membuat akun Steemit.

Awalnya saya hendak membuat nama akun “mustafakamal” sesuai dengan nama asli saya, namun banyak kesamaan dengan steemian lainnya. Akhirnya saya memilih @mushthafakamal (57), sesuai dengan ejaan Arabic, karena nama saya berasal dari bahasa Arab. Mushthafa (terdapat dua huruf tebal shad dan tha) artinya “pilihan” dan Kamal dengan kata dasar Akmal, artinya “sempurna”.

Saya bergabung dengan Steemit terhitung 9 Juli 2017. Setelah akun disetujui, saya tidak langsung membuat postingan, dan baru hari ketiga saya “buat” postingan. Karena informasi kurang dan saya terlalu buru-buru, maka postingan langsung berhadapan dengan robot berinisial CH karena memposting karya orinisil saya yang terbit di web lain tanpa sumber. Selang beberapa jam, kembali saya upload postingan orang lain tanpa sumber dan CH masuk lagi.

Setelah saya paham dengan belajar kepada steemians tua-tua lainnya akhirnya saya menemuka jalan di Steemit sampai sekarang. Nah, jalan saya maksud bukanlah mendapatkan nilai upvote tinggi mencapai $100, tetapi bagaimana trik ber-Steemit.

Sejarah mencatat, saya tidak pernah mendapatkan nilai upvote di atas $50 (kecuali via bot). Upvote tertinggi pernah saya dapat hanya dari @utopian sekali $25, dari kurator Indonesia @rok-sivante $20 dan dari @dtube $32. Sisanya sepanjang hidup di Steemit kebanyakan di bawah $10 dan $5.

Nah, berbicara sekarang setelah harga STEEM dan SBD turun, nilai upvote saya dapat semakin memprihatinkan yaitu rata-rata $0,50. Namun, semangat saya tidaklah tenggelam seperti harga Bitcoin atau harga STEEM Rp22 ribu dan SBD Rp18 ribu dalam kurs rupiah.

Sort:  

Tetap semangat dan terus berkarya kepada hal-hal positif untuk amal di hari kelak. Ilmu bermanfaat terutama bagi agama adalah amal yang tak akan putus.

Wah.. tetap semangat ya :)

Terima kasih mas atas suppotnya. :)

Coin Marketplace

STEEM 0.25
TRX 0.11
JST 0.032
BTC 63478.09
ETH 3067.28
USDT 1.00
SBD 3.81