Pengalaman Menjadi Peneliti Lapangan

Hai sahabat steemian semuanya. Selamat sore, semoga kesehatan dan kesejahteraan masih menyertai kita hari. Sore ini saya ingin menulis tentang pengalaman menjadi peneliti lapangan. Jangan salah paham ya, peneliti lapangan bukan ‘sesempurna’ yang sahabat pikirkan kok. Ini peneliti lapangan yang biasa-biasa saja.

Jika menjadi mahasiswa akhir, kemudian melakukan peneliti lapangan sudah lumrah rasanya. Kita tahu bersama ketika kita menjadi mahasiswa akhir setiap universitas di Indonesia, sudah pasti akan sibuk dengan kegiatan observasi, dokumentasi, wawancara dan literatur. Tanpa melalukan empat tahap itu, maka skripsi kita yang memilih metode penelitian kualitatif tidak akan rampung sampai kapanpun. Oleh sebab itu, ketika kita melakukan tahap wawancara dengan informan di lapangan, saat itulah profesi sementara sebagai peneliti lapangan dimulai.

Begitu juga dengan saya, kemarin saya baru saja mengawali penelitian lapangan untuk skripsi saya. Itupun belum selesai karena satu dan lain hal. Meski di samping penelitian pribadi, saya juga sedang belajar meneliti tentang isu yang berkaitan dengan masyarakat.

Untukmu mahasiswa akhir, semangat melakukan penelitian dan pengumpulan datanya. Semoga segera rampung dan segera sidang. Tapi tetap, jangan lupa menikmatinya. Ini adalah proses hkehidupan yang alangkah indah ketika kita mau menikmatinya.

Terima kasih sahabat semua masih mengunjungi postingan saya. Mohon tinggalkan masukan dan sarannya. Untuk perbaikan di tulisan selanjutnya.



Sort:  

Get your post resteemed to 72,000 followers. Go here https://steemit.com/@a-a-a

Selamat berjuang 💪💪

Mantap Dek To lon💪💪
Semoga berjalan lancar beuh 👏👏

Coin Marketplace

STEEM 0.26
TRX 0.11
JST 0.033
BTC 64383.21
ETH 3098.60
USDT 1.00
SBD 3.89