[Bunda Belajar Bisnis] Challenge 1: Find Your Problems!

in #steempress6 years ago (edited)

Tak pernah menduga sebelumnya kalau akhirnya saya terjun ke dunia bisnis. Namun, menikah dengan seorang lelaki yang berkecimpung di dunia digital marketing, mau tidak mau membuat saya banyak belajar. Namun, bukan berarti bahwa saya full menjalankan bisnis yang sama dengan suami. Saya mencoba merambah bisnis lain yang menurut saya waktu 2012 lalu sangat menjanjikan.

Kemudian saya bertemu dengan sebuah komunitas yang akhirnya membawa sampai ke grup BBB alias Bunda Belajar Bisnis ini. Saya pun kemudian ditantang bersama dengan peserta BBB lainnya untuk menemukan jawaban atas permasalahan berikut:



Problem yang Sudah Diselesaikan

BAJU ANAK BRANDED

Sejak 2012, saya melihat permintaan akan baju anak branded itu sangat pesat. Apalagi sedang booming pakaian dengan model casual yang tetap anggun dan gagah ketika dipakai anak-anak. Sayangnya, tidak semua kalangan mampu merasakan nyamannya memakai baju branded tersebut. Sehingga terjadilah sedikit kesenjangan sehingga muncullah baju-baju anak dengan kualitas sedikit di bawah brand asli dan model yang nyaris sama persis. Hanya berbeda dari bahan kain yang digunakan.


Saya browsing di internet untuk melihat seberapa banyak orang yang menjual produk ini di Surabaya, ternyata masih sedikit. Maka saya pun bismillah mencoba peluang ini.

Apa Solusinya?

Saya mencari supplier tangan pertama yang kemudian mampu memberikan produk dengan ketentuan yang ringan, seperti :

  • Barang bisa diretur
  • Harga sangat murah
  • Kualitas produk OK
  • Item produk yang beragam

Kemudian saya mencoba membangun website yang dibantu oleh suami untuk kemudian menaikkan status dan posisi situs tersebut di search engine. Ya, melatih diri untuk membuat artikel-artikel SEO friendly menjadi upaya utama sebelum membeli produk dari supplier.

ROK CELANA

Melihat fenomena pakaian muslim beberapa tahun lalu, ternyata memberikan peluang tersendiri. Namun, model baju gamis sedikit membuat beberapa kalangan belum nyaman tetapi membutuhkan pakaian yang tetap bisa menjaga diri dari tersingkapnya aurat.


Maka muncullah sebuah trend fashion yang mengangkat produk “rok celana”. Ya, rok namun di bagian dalam kita menggunakannya seperti celana panjang. Dari depan dan belakang tidak tampak kalau kita menggunakan celana panjang.

Apa Solusinya?

Fenomena ini pun akhirnya belum merata sehingga saya berani mencoba untuk menjual produk ini. Namun, terlebih dahulu saya yang menggunakan dan merasakan sendiri manfaatnya sebelum melemparnya ke market sekitar saya. Dan memang banyak muslimah Surabaya yang membutuhkan produk jenis ini. Sampai saat ini yang paling laris adalah rok celana sporty dan rok celana berbahan dasar jeans.

Alhasil, sampai sekarang masih banyak yang berminat meskipun seringnya produk saya kirim langsung dari gudang dengan sistem dropship. Namun, untuk wilayah Surabaya dan daerah lainnya tetap saya berikan subsidi ongkir dimana semua ongkos kirim terhitung dari Surabaya.

PRINTING

Sebenarnya ini adalah bisnis pertama yang kami jalankan sejak 2012. Masalah yang ada adalah karena kami hidup di lingkungan dimana rata-rata memiliki pekerjaan di dunia printing. Namun, bukan karena kami ikut-ikutan. Bukan sama sekali. Justru karena rumah kami sering kedatangan orang yang salah alamat mengenai jasa cetak undangan pernikahan, kalender, gordon wisuda hingga roll banner. Makanya, kami pun berdiskusi apakah benar jika jalan kami membuka bisnis percetakan juga.

Apa Solusinya?

Karena prosentase yang sering bertanya kepada kami soal jasa percetakan atau print lebih tinggi dibandingkan yang tidak, maka kami pun bismillah membuka usaha percetakan undangan pernikahan, kalender, banner, gordon atau kalung wisuda dan apa saja yang bisa dicetak.


Alhamdulillah sampai sekarang sudah melayani pemesanan undangan pernikahan dari Sabang sampai Merauke, paling banyak dari Kalimantan dan wilayah Timur Indonesia (Papua dan Nusa Tenggara). Untuk kalender, Alhamdulillah setiap tahun ada saja dari salah satu Bank negeri yang bekerja sama. Kalung wisuda pun ada dari beberapa TK dan SD yang sudah memesan bahkan yang paling jauh dari Kalimantan. Dan masih banyak lagi jenis cetak, termasuk sudah bekerja sama dengan Hotel Andita Syariah untuk urusan cetak banner, sertifikat hingga stiker.

***

Nah itulah tulisan saya untuk menjawab tantangan pertama dari BBB kali ini. Semoga bisa mengikuti tantangan sampai akhir. Karena masalah terbesar saya saat ini adalah “dana” yang ternyata mengalami perputaran yang sedikit mengalami gangguan.



Posted from my blog with SteemPress : http://istanacinta.com/bunda-belajar-bisnis-challenge-1-find-your-problems.html
Sort:  

Wah, inspiratif sekali, Mba. Sukses selalu, ya!

Terima kasih, Mbak Al.
Semangat dan inspirasi juga datang dari dirimu, Mbak.

bisnisnya banyak ya mbak... sukses selalu mbak

Hehe... Untuk tabungan pendidikan anak.

mantab mbak, kita sebagai bendahara negara harus kreatif ya

Wah, Mbak Amma produktif sekali. Saya harus banyak belajar dari Mbak Amma, nih...

Coin Marketplace

STEEM 0.36
TRX 0.12
JST 0.040
BTC 70744.80
ETH 3561.94
USDT 1.00
SBD 4.80