Merayakan Maaf dan Dendam

in #steempress6 years ago


Pagi-pagi sekali di depan rumah kami tergeletak sebuah kotak kecil berisi surat singkat. Surat untukku. Dari tulisannya aku tahu itu surat dari siapa. Isi suratnya hanya minta maaf ditambah sedikit ungkapan penyesalan atas khilaf. Aku hanya tersenyum. Sebagian hati merasa menang, sebagian lagi merasa itu pesan tak berguna ia tuliskan.

Tanpa kau kirimi pesan-pesan seolah puitik itu padaku, yang bagiku layak kumaafkan, akan kumaafkan dengan sepenuh hati. Kau telah menjadi sebaik dulu, tak ada cela di mataku. Kita bisa melupakan semua kekhilafan masing-masing dan menjadi seperti sediakala. Begitu mudah, bukan? Tapi memang aku tidak akan memaafkan semuanya. Maksudku, tidak semua orang kuperlakukan sama sepertimu.


Sebagai seorang yang pernah merasakan dikirim ke tiang gantungan, mataku tidak akan pernah ikhlas menghapus beberapa rupa. Akan kuingat beberapa nama. Mereka telah kuabadikan dalam satu catatan yang kusebut "Suhuf Luka-Luka".

Yang namanya termaktub di suhuf itu tidak akan pernah aku maafkan. Sekali pun ia datang menjilat kakiku seperti anjing belum makan seminggu, kesalahannya tak akan kuhapus. Mungkin kau akan berpikir, aku seorang yang berhati buruk atau aku pendendam dan itu tak baik? Terserah.

Kau kata aku tak fitri padahal kita baru saja melawat bulan pembersihan diri? Terserah. Sekalipun beberapa dendam telah berhasil kubalaskan, tapi api yang terlanjur menyala, tidak akan kuizinkan berhenti membakar. Dendam dan maaf harus selalu dinikmati, dirayakan.


Orang-orang yang pernah meletakkan nyawa di hadapan pertaruhan kemenangan dan ia terengah-engah melawan kematian, harus selalu mengingat perlakuan para bajingan serta mengenang bantuan beberapa pahlawan. Para pahlawan itu telah kumuliakan.

Sementara para yang tak kumaafkan, nanti saja kita lunaskan utang dosanya padaku atau utang dosaku padanya. Nanti. Di hadapan timbangan Tuhan. Agaknya jika utang itu kelak dikembalikan penghakiman padaku, tidak juga kuberi ruang untuknya berhenti mengeluh.

Selamat merayakan dendam. Jangan lebay!




Posted from my blog with SteemPress : https://pengkoisme.com/2018/07/05/merayakan-maaf-dan-dendam/
Sort:  

Photo yang keren

Dendam membara 😀

Coin Marketplace

STEEM 0.35
TRX 0.12
JST 0.040
BTC 70351.33
ETH 3563.43
USDT 1.00
SBD 4.72