Betapa Cepatnya Allah Mengganti Rezeki Saya

in #steempress6 years ago (edited)


Benarlah bahwa Allah sesuai dengan persangkaan hamba-Nya. Sebagai seorang hamba, saya merasa selalu ada keajaiban-keajaiban yang diberikan oleh Allah Swt. untuk saya. Dalam berbagai kondisi yang paling sulit sekalipun, selalu ada secercah cahaya yang memberi harapan.

Hari ini, lagi-lagi saya melihat keajaiban tersebut. Sore tadi, seorang sahabat tiba-tiba mengirimkan sepotong pesan yang membuat saya terharu. Perasaan saya campur aduk antara senang, bahagia, dan ingin menangis.

Ceritanya, setelah lebaran kemarin saya baru mengetahui uang di rekening saya telah raib. Saldo di rekening saya nyaris nol rupiah. Pada saat yang sama pula saya harus membayar sewa rumah dan domain website www.ihansunrise.com yang sudah jatuh tempo. Karena memang tidak punya uang untuk membayar, sempat saya biarkan hingga beberapa waktu. Saat dibuka muncul pemberitahuan domain expired. :-D


Belakangan saya minta tolong teman untuk membayarkan sementara. Saya janji bayar begitu kami bertemu nantinya. Namun sebelum pertemuan itu terjadi, sore tadi sahabat saya memberi kabar agar biaya domain yang ia bayarkan itu tak perlu saya bayar lagi. "Anggap saja bentuk solidaritas atas kehilanganmu, ya." Kalimat itu benar-benar membuat saya terenyuh.

Dalam permenungan saya usai salat Magrib tadi, saya berpikir, kabar dari sahabat saya itu adalah bentuk lain dari rezeki yang digantikan oleh Allah untuk saya hari ini. Beberapa jam sebelumnya, saya baru saja mengirimkan sejumlah Steem untuk seorang teman yang sedang kesusahan. Karena jumlahnya tidak begitu besar saya tidak berniat mengutangkan. Jika nantinya teman tersebut tidak mampu membayar, saya sudah ikhlaskan sejak awal.

Saya menceritakan ini bukan ingin pamer karena bisa membantu teman yang kesusahan. Sama sekali tidak! Apalagi jumlah yang saya berikan bisa dihitung jari.

 


Saya cuma teringat pada ucapan Bang Nurul Kamal, sekecil apa pun kebaikan yang kita lakukan pasti akan digantikan dengan kebaikan yang lebih banyak oleh Allah. Saya juga teringat pada ucapan seorang teman yang lain, saat itu dia mengatakan walaupun penghasilannya di kantor tidak begitu besar, tetapi ia selalu merasa cukup karena rajin bersedekah. Pesan yang saya tangkap, tak ada alasan bagi kita untuk tidak meringankan beban orang lain. Meskipun kita sendiri tidak sedang dalam kondisi yang baik.

Bantuan/keringanan itu tidak melulu dalam bentuk fisik atau materi. Dalam situasi sulit yang saya rasakan, saya tidak tahu bagaimana saya akan bersikap jika saja tidak ada seseorang yang bersedia mendukung saya. Dia yang mau mendengarkan tangisan dan kesedihan saya, yang memberikan saya alternatif-alternatif solusi. Dia yang merelakan bahunya sebagai tempat bersandar, hingga saya tetap bisa tegak berdiri. Dia yang dengan berbesar hati mau mendengar semua keluh kesah dan kemarahan saya karena situasi itu.

Mereka adalah keajaiban dari Allah untuk saya. Allah telah menggerakkan hati mereka menjadi pribadi-pribadi yang tulus dan tanpa pamrih membantu saya. Makanya, ketika seseorang itu menanyakan apakah aku yakin membantu teman yang lain itu, aku ingin menjawab begini: jika kamu saja merelakan sepasang sayap dan melapangkan hatimu untuk membantuku, apakah aku perlu mencari alasan untuk tidak membantu orang lain? Kebaikan itu siklus, Sayang.[]


Posted from my blog with SteemPress : https://senaraicinta.com/2018/07/10/betapa-cepatnya-allah-mengganti-rezeki-saya/

Sort:  

Pay it forward...sebuah prinsip saat kita melakukan sebuah kebaikan. Tiada pamrih.

Terus berbuat kebaikan, Ihan Sayang.

Karena janjiNya nyata, dalam surah Arrahman disebutkan: "Kebaikan akan dibalas dengan kebaikan"

bang, mau ajarin saya main di steempress gak ?

Allah tak pernah tidur

Yup, benar! Tidak seperti kita yang sebentar-sebentar mengantuk, kan?

ini juga terjadi sama saya pas traveling kemarin

Haaan, you touched my heart! Kk juga sering sekali mendapatkan keajaiban2 seperti ini. Bahkan di saat logika tak sanggup lagi berfikir apalagi menduga, akan dari mana aliran masuknya rezeki, ternyata Allah sudah menyiapkan dengan cara-Nya sendiri.

Subhanallah. Allah memang tidak pernah tidur, ya, Han? 😊

Thanks inspirasinya. Jadi pengen sharing ini juga.

ayo kak, ditulis juga, biar kita bisa saling mengambil ibrah dari pengalaman orang lain...

Firasat saya tulisan ini ada lanjutannya, kisah berbeda hikmah yang sama

Thanks Ihan sangat memotivasi...

Coin Marketplace

STEEM 0.36
TRX 0.12
JST 0.040
BTC 70839.13
ETH 3563.41
USDT 1.00
SBD 4.77