Biasa-Biasa Saja

in #steempress6 years ago (edited)

Ketika hidupku ditimpa kesusahan, aku meyakini kebahagiaan sedang menungguku. Ketika aku mendapatkan kesenangan dalam hidup, aku yakin kesusahaan sedang menghampiriku. Oleh karena itu, aku tak perlu berlebihan menghadapi kedua-duanya. Sedih, tak perlu meratap-ratap atau meronta-ronta. Senang, tak perlu meloncat-loncat bersorak riang gembira. Aku tetap harus biasa-biasa saja. Semoga diberi kesabaran dalam menghadapi kesusahan, dan selalu sujud syukur atas segala kenikmatan.


Image: Source

Ketika mendapati aib orang lain, aku tak perlu latah, tak perlu ikut-ikutan bersorak, menghujat, mencaci dan membully. Andai aib terbuka, maka sungguh kerumah sendiri pun tidak akan berani lagi pulang lagi. Ketika aku mendapati kelebihan orang lain, aku tak perlu memuja dan memuji melambung tinggi, karena yang ku puja-puji pun belum tentu tak ada cacatnya. Aku tak boleh berlebihan dan harus tetap biasa-biasa saja menghadapi kedua-duanya. Alhamdulillah sampai hari ini aib ku masih ditutupi oleh Allah, segala puja dan puji kembali kepada ilahi Rabbi.

Aku selalu ingin melatih diriku bersikap biasa-biasa saja meski berada dalam keadaan yang tidak biasa. Sikap yang sesuai kadarnya, sesuai ukurannya, sesuai porsinya, sesuai tempatnya, sesuai momentumnya, serta sesuai penghubungannya antara nilai, hak dan kewajiban. Kesesuaian sikap inilah yang ku sebut sebagai sikap biasa-biasa saja.

Image: source

Image: Source
Bagi para pembunuh, perbuatan melakukan pembunuhan merupakan hal yang biasa-biasa saja. Bagi para koruptor, perbuatan melakukan korupsi merupakan hal yang biasa-biasa saja. Mareka yang suka mengunjing, mencela, mencaci, menfitnah dan sejenisnya, perbuatan itu merupakan hal yang biasa-biasa saja. Tidak merasa berdosa, tidak merasa bersalah, dan kebiasaan itu telah membentuk perasaan mereka menjadi biasa-biasa saja setelah bertindak. Ibarat orang yang baru pertama kali pergi ke Sabang, ia akan mengatakan bahwa Pulau Sabang itu luar biasa indah, dan bagi yang sudah sering pergi kesana, mungkin akan mengatakan sebaliknya, alias biasa-biasa saja. Singkatnya, Sesuatu yang sudah sering dilakukan, maka akan menimbulkan perasaan biasa-biasa saja.

Begitu pula dengan orang yang sudah sering berbuat baik, perbuatan baiknya akan menimbulkan perasaan biasa-biasa saja, datar-datar saja, tidak jumawa, tidak berbangga, dan malah terlihat tawa'dhuk. Maka jangan heran ketika mendapati orang yang merasa dirinya paling baik, itu bisa dipastikan adalah pribadi yang baru melakukan secuil kebaikan.

Sekarang aku tinggal memilih berada pada kebiasaan yang mana? Di luar kebiasaan, biasa di luar, tidak biasa, atau biasa-biasa saja? Jangankan menjadi orang luarbiasa, untuk menjadi pribadi yang biasa-biasa saja pun sulitnya setengah mati.


Created By: @munawar87 / Munawar Iskandar
Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat




Posted from my blog with SteemPress : https://munawarpasilhok87.000webhostapp.com/2018/07/biasa-biasa-saja
Sort:  

jadi pembunuh itu biasa biasa saja bagi seorang algojo,jd korup itupun sudah terbiasa buat org yg belum cukup, tapi yang aku heran campur tak percaya
dengan postingan biasa biasa saja, kok dr vote steemian untuk @M87 hasilnya sungguh LUARRRRR BIASA!!!!! ada apa ya dfn post tersebut???? krn mungkin aku sdh terbiasa iri mkanya aku bs iri????
cb sdr @M87 jwb yg jitu.......haaaaaaa adddda aja

Klo rezeki tak kemana brother. Hehe

It's all about people's different perspectives. Ibarat melihat satu gelas yg terisi setengah air, namun bagi org lain itu adalah gelas yg setengah kosong. Cara pandang seseorang terhadap suatu hal/ perkara ditentukan oleh background dan kebiasaan org tsbut dlm menilai sesuatu.

Iya, itulah perspektif. Dan ada pula yang mengatakan bahwa perspektif itu berangkat dari sebuah realitas. Cerdas bu @city29.

Bagi saya pribadi Bang @munawar87, sesuatu yang berlebihan tidaklah nyaman.
Menjadi biasa-biasa saja, lebih langgeng. Sesuai kapasitas diri akan menjadi lebih baik.

Salam Sukses selalu!

Yang namanya berlebihan, vitamin pun bisa menjadi racun.

Krn kita masih dibumi, membumi lebih baik....heheh

Kami sudah resteem ke 7571 follower yaa.. (Sebiji kontribusi kami sebagai witness pada komunitas Steemit bahasa Indonesia.)

Coin Marketplace

STEEM 0.26
TRX 0.11
JST 0.033
BTC 64383.21
ETH 3098.60
USDT 1.00
SBD 3.89