Mimpi-mimpi yang Terwujudkan

in #steempress6 years ago (edited)

 

@abahharuna yang bernama asli Ibnu Syahri Ramadan saat dia menjadi ketua FLP Banda Aceh, memberi secarik stiker kepada saya yang bertuliskan; Jangan mengaku penulis kalau tidak punya buku. Stiker itu saya tempel di laptop dan entah kenapa saya melihatnya setiap membuka laptop, mungkin karena saya menempelnya di sana. Itu tidak dinyana menjadi motivasi saya menulis, setiap membuka laptop. Setelah menonton film di laptop, saya terpacu untuk menulis resensi. Setiap ada kejadian aneh disekitar, saya buat juga laporannya. Setiap dosen suruh revisi, saya jadi malas membuka laptop, oh itu tak ada hubungannya.


 

Pertama kali menulis, saya ragu dengan tulisan saya, bagus apa tidak. Rupanya setelah teman-teman baca, memang tulisan saya diakui mereka sama sekali tidak bagus. Tapi walaupun tidak bagus, saya tidak menyerah. Tak ada kata menyerah dalam kamus saya, kamus yang ada di rumah saya kamus bahasa inggris 1 milyar kata.

Lalu setahun setelah tertempel stiker itu, saya punya satu buku yang sampai sekarang belum habis terjual yaitu buku OMG My Mom. Dicetak entah 500-1000 buah dengan penuh semangat oleh anak-anak FLP, tapi tidak jadi best seller karena mungkin minat baca Aceh tinggi, tapi minat beli kurang.


 

Tidak bangga dengan satu buku, saya mengompori direktur Sukma Bangsa Pidie, Marthunis Bukhari dan guru bahasa Indonesia Muchlisan Putra yang sedang membuat buku guru dan murid untuk saya bantu edit, bantu kasih ke desainer layout, bantu jumpai penerbit dan berkah dari ikut campur itu, saya disuruh tulis kata pengantar. Maka dianya adalah sebuah pasal pada menyatakan saya numpang nama di buku itu. Alhamdulillah.

Malam ini akan ada satu buku lagi yang berhasil ada nama saya di dalamnya. Buku yang berjudul Pernak Pernik Pidie (P3) ini dibuat susah payah oleh penulis-penulis muda berbakat Pidie. Walaupun dikatai oleh bang Murizal Hamzah anak muda Pidie tidak kreatif, kami tidak marah dam malah termotivasi untuk lebih giat lagi membuat diri kami kreatif.


Buku ini berisi puluhan tulisan tentang Pidie, baik dari segi budaya, tempat wisata, adat dan filosofi orang Pidie. Kenapa orang Pidie pelit dan kenapa mahalnya mahar gadis mereka. Semua di kupas di sini. Yang puas sekali saya adalah saya jadi membaca lagi, meneliti lagi tentang kereta api Aceh. Jadi saya bertanya lagi sama @zianmustaqin apa yang dia tahu tentang KA Aceh dan dia menjelaskan sedikit, tapi tulisannya banyak di buku P3 ini tentang kereta api, banyak katanya, tulisannya cuma satu.

Pak @emsyawall menuliskan tentang Halua Bluek, makanan favorit saya. Halua adalah makanan manis, campuran tepung dan gula dan dimasak sedemikian rupa sehingga warnanya coklat kehitaman, biasa dipasarkan saat hari meugang dan hari-hari lainnya tergantung mood orang jualan. Kerennya adalah ada satu bapak-bapak dulu yang merupakan saudara kami, dia berjualan halua keliling. Harganya tak mahal dan kuenya bukan seperti bakso yang laku setiap hari kalau di kelilingi..eh di bawa keliling, tapi dia tetap berjualan halua karena ini memang passion dia.


Mahar gadis Pidie juga dibahas di buku ini. Daerah Garot kampungnya @akbarrafs dan @shofie terkenal dengan gadis yang ‘mahal’ dengan mahar 20 mayam emas. Tapi dengan memberi mahar kita akan dapat rumah, sepetak sawah/tanah dan tidak mahal dengan makanan enak yang gadis Garot di doktrin oleh endatunya wanita harus pandai memasak.

Ada juga cover story, tentang kupiah meuketop yang menjadi cerita sampul. Kupiah yang dipakai oleh Teuku Umar, Panglima Polem dan kepala toples (ulee Balang) Aceh ini, katanya dibuat di Pidie. Benarkah? Dapatkan buku ini!





Posted from my blog with SteemPress : https://riodejaksiuroe.knpipidie.or.id/mimpi-mimpi-yang-terwujudkan/

Sort:  

Waaah, slmt yaaa! Luar biasa, sukses selalu, Rio!

Hi @riodejaksiuroe, I'm @checky ! While checking the mentions made in this post I noticed that @emsyawwal doesn't exist on Steem. Did you mean to write @msyawal ?

If you found this comment useful, consider upvoting it to help keep this bot running. You can see a list of all available commands by replying with !help.

okay, I will check it again

Kereeeennn....selamat Rio 😀

Selamat juga kak Mira

Gurih. Haha.

Well, Selamat untuk karyanya yang kesekian banyak!

Alhamdulillah

.Lon belajar dari tulesan2 droen cit

Meusaneut pak hehhe

Makasih Pak Syawall

Mantaaap...
Keknya kami perlu bljr percaya diri dulu utk terlibat dlm lahirnya karya yg dibukukan...

Coin Marketplace

STEEM 0.29
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 63457.41
ETH 3119.12
USDT 1.00
SBD 3.94