Memungut Ilmu dari BlogwalkingsteemCreated with Sketch.

in #steempress5 years ago

Memungut Ilmu dari Blogwalking



Baca dan menulis adalah kebutuhan internal bagi seorang blogger, sebagaimana kegiatan menulis tidak bisa dipisahkan dengan kegiatan membaca. Meski masih banyak blogger yang pemalas alias malas membaca. Jangankan blogwalking kesadaran sendiri, blogwalking bayar hutang saja masih bolong-bolong. Padahal itu atas kesadarannya menaruh link tulisan sendiri di list blogwalkingnya.

Tumbuhnya blogger instan yang hidup karena mengharapkan langsung penghasilan, menjadikan menjalani profesi atau hobi sebagai blogger tidak dengan hati. Blogger karbitan ini matang kalau ada event berbayar. Manis kalau kebagian job tanpa banyak syarat DA/PA misalnya dan tumbuh subur manakala tinggal di kota yang bisa menyandang predikat blogger hanya dengan cukup menjadi tim hore alias hadir pada sebuah acara blogger gathering.


Mereka blogger karbitan tidak mengalami proses kenikmatan menjadi blogger yang sesungguhnya dimana seorang blogger banyak tergila-gila terhadap menulis sekaligus membaca. Melainkan menggunakan cara instan yang semua bisa dilakukan asal punya niat dan kemampuan.

Beda dengan blogger yang tetap menulis mau ada event ataupun tidak. Mereka ini sudah kecanduan menulis sebagai tetapi jiwa, obat gundah gulana dan tebar manfaat melalui tulisannya. Tulisan berbobot yang bermanfaat harus disertai fakta dan sumber. Paling tidak ada pengalaman atau narasumber. Salah satu sumber mendapatkan ilmunya serta sumbernya ialah dengan membaca. Joss, membaca hal wajib bagi seorang blogger yang Tulisan nya ingin lebih berisi dan lebih bermanfaat.

Namanya ilmu, bisa didapat dari mana saja. Orang lebih tua, atau justru anak balita. Bisa dari orang terpelajar, atau bahkan dari orang gila. Bisa berasal dari orang kaya, atau justru dari tuna wisma yang kita temui di pinggiran kota. Termasuk dari blogger senior maupun blogger pemula.


Apa yang kita baca jelas bisa mencirikan siapa nih pembuatnya, bagaimana ia perilaku dan kesehariannya. Setiap orang berbeda dan itu menjadi hal yang istimewa. Termasuk blogger dengan segala tulisan yang mencerminkan ilmu-ilmunya.

Karena menyadari itu sejak awal, sejak saya mulai bisa menulis dan membaca hingga suka bahkan tergila-gila dengan berbagai genre bacaan saya tidak pilih-pilih tulisan atau bacaan yang bagaimana yang saya kriteriakan. Semua saya lahap. Semua saya tangkap. Selagi memori di kepala bisa menampungnya saya terus menjelajah mendapatkan hal baru dari berbagai tempat (blog) dan berbagai wajah (siapa penulis nya).

Gabung dengan komunitas semakin membuka wawasan dan kesempatan untuk mengenal lebih banyak orang yang piawai di bidangnya. Tulisan yang dibagikan berlomba untuk dikunjungi dan mendapatkan predikat bermanfaat. Bukan satu dua, tapi tidak terhingga!

Jadi saat dalam blogchallenge diminta untuk menyebutkan sepuluh list blog favorit untuk blogwalking, jelas saya angkat tangan. Bukan saya tidak pernah membaca tulisan blog orang, tapi justru karena saya merasa semua blog yang saya pernah baca sangat penting dan menjadi favorit saya.

Kalaupun saya harus menyebutkan siapa atau apa yang menjadi favorit saya dalam menjembatani membaca dan menulis selama ini adaah: kolom pencarian alias google. Karena dengan mengetikkan kata kunci di kolom pencarian google saja, maka apa yang saya perlukan akan keluar dengan detail dan selengkap-lengkapnya. Jadi itu saja favorit saya untuk blogwalking mah: modal google!


 


Posted from my blog with SteemPress : http://tehokti.com/memungut-ilmu-dari-blogwalking.html

Coin Marketplace

STEEM 0.24
TRX 0.11
JST 0.031
BTC 61585.79
ETH 3005.19
USDT 1.00
SBD 3.68